Karakteristik dan Harga Kucing Scottish Fold Dewasa dan Anakan Terbaru

Apakah Anda termasuk salah satu kolektor hewan jinak? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba memelihara kucing scottish fold. Hewan imut yang satu ini pasti akan membuat Anda merasa senang, karena tingkah lucunya. Meskipun harga jualnya mahal, kucing jenis scottish fold hingga saat ini digemari oleh banyak orang.

Karakteristik dan Keunikan Kucing Scottish Fold

Scottish Fold Dewasa (sumber: petassure)

Scottish Fold Dewasa (sumber: petassure)

Sebagai hewan kesayangan, kucing memiliki daya tarik tersendiri dilihat dari bentuk tubuh, , dan warna bulu yang beraneka ragam. Selain itu, kucing merupakan salah satu hewan kesayangan yang dikatakan dapat membuat pemiliknya mendapatkan keberuntungan.[1]

Dengan memelihara kucing scottish fold yang lucu dan imut, tentunya Anda bisa melepaskan stres hanya dengan melihatnya. Hewan kucing juga bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk memulihkan diri dari rasa penat, stres, dan depresi. Bahkan, beberapa orang menggunakan kucing sebagai salah satu media terapi untuk anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain itu, kucing scottish fold juga termasuk salah satu kucing ras yang sangat jinak dan suka bermain dengan manusia. Kucing jenis ini dapat dijadikan sebagai teman bermain anak-anak jika mereka merasa kesepian. Apalagi, kucing scottish fold memiliki sifat dan karakteristik yang unik dan menarik bagi anak-anak.

Baca juga  Update Cara dan Biaya Reschedule Tiket Penerbangan Citilink

Kucing scottish fold memiliki sifat yang cenderung ramah dan tenang, sehingga mampu beradaptasi dengan cepat di dalam rumah. Selain itu, kucing ini tergolong dalam jenis kucing yang cerdas dan suka bermain. Sifatnya tersebut terkadang membuat kucing suka berlarian tanpa sebab di rumah. Ini membuat tingkah mereka semakin lucu dan disukai anak-anak.

Perlu Anda ketahui, berbeda dengan jenis kucing lainnya, kucing scottish fold tidak suka dengan suasana yang sepi. Sebaiknya Anda tidak meletakkan kandangnya di pojok. Sesering mungkin ajaklah kucing Anda bermain atau jalan-jalan ke tempat yang sedikit ramai. Jika Anda terlalu sering membiarkan kucing berada di tempat yang sepi, maka ia akan mudah stres dan sakit.

Tingkah lucu lainnya yang sudah menjadi kebiasaan kucing scottish fold, yaitu mereka lebih suka tidur dalam posisi terlentang dan tidak mendengkur. Selain itu, kucing ini tidak memiliki suara yang keras.

Kucing scottish fold akan mengeong dengan suara yang lemah lembut. Jika Anda tidak terlalu peka, Anda tidak bisa mendengar ngeongannya yang menggemaskan. Vokal dan bunyi dengkuran kucing scottish fold juga berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini hampir bisa dibilang jarang mendengkur atau Anda bisa mendengarkan suara dengkurannya yang cenderung sangat pelan.

Biasanya, jika suasana sedang tenang dan santai, kucing scottish fold akan menghampiri Anda dan duduk di samping Anda dengan posisi yang unik. Kucing scottish fold memiliki posisi duduk dengan kaki belakang yang terlentang dan bagian kaki depan diletakkan di perut. Ini hampir mirip dengan gambaran patung Buddha, sehingga posisi duduk kucing scottish fold dapat disebut dengan posisi Buddha.

Scottish Fold Anakan (sumber: Lovetoknow)

Scottish Fold Anakan (sumber: Lovetoknow)

Cara Kucing Scottish Fold

Jika Anda tertarik, Anda juga perlu memperhatikan cara memelihara dan merawat kucing tersebut dengan baik. Tidak sulit merawat kucing scottish fold, apalagi bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki kucing varian lain.

Baca juga  Info Terkini Harga Handuk Magnolia Emerald

Jika Anda ingin memelihara kucing scottish fold, Anda harus mengimbangi sifatnya. Anda harus memberinya kasih sayang yang cukup. Ini karena kucing scottish fold memiliki sifat penyayang dan perhatian pada pemiliknya. Kasih sayang yang Anda berikan pada kucing akan membuat mereka merasa nyaman dan tidak mudah stres. Sehingga, kucing tidak mudah sakit atau mati.

Sebuah kewajiban bagi Anda yang memelihara semua hewan peliharaan, termasuk kucing, untuk memberinya makan yang cukup dan sesuai dengan kadar gizinya. Berilah pakan dengan kandungan protein dan lemak seimbang yang disesuaikan dengan usia dan kondisi kucing. Anda bisa menemukan pakan kucing dengan berbagai macam kategori di toko pakan hewan, baik untuk anakan maupun dewasa.

Selain itu, Anda juga harus selalu membersihkan kandang kucing serta memandikan kucing setiap bulan. Kucing juga harus divaksin secara rutin agar selalu sehat dan terhindar dari virus. Berikut informasi harga kucing Scottish fold pada tahun 2021.

Ilustrasi: Harga Kucing Scottish Fold (credit: petonbed)

Ilustrasi: Harga Kucing Scottish Fold (credit: petonbed)

Harga Kucing Scottish Fold

Jenis Kucing Scottish FoldHarga (Rp)
Kucing scottish fold anakan non pedigree usia 1 bulan7.900.000
Kucing scottish fold jantan usia 10 bulan12.500.000
Kucing scottish fold pedigree WCF19.000.000
Kucing scottish fold blue impor Bulgaria usia 1 tahun (sertifikat + paspor)28.000.000
Baca juga  Info Harga Sarden Maya Kecil di Indomaret dan Alfamart

Setelah Anda mengetahui cara merawat kucing scottish fold dengan baik, pastikan Anda mengetahui harganya sebelum membelinya. Sebagai informasi, harga kucing scottish fold anakan pada 2020 lalu, mulai Rp9 jutaan hingga Rp25 jutaan per ekor, tergantung jenis bulu dan usianya. Sementara, harga kucing scottish fold dewasa mulai Rp7 jutaan hingga Rp17 jutaan per ekor.

Harga kucing scottish fold dewasa akan lebih mahal jika sudah memiliki sertifikat atau penghargaan lomba. Kucing ini bahkan bisa dijual dengan harga hingga Rp50 jutaan per ekor. Harga kucing scottish fold di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1] Mariandayani, Harini Nurcahya. 2012. Keragaman Kucing Domestik (felis domesticus) berdasarkan Morfogenetik. Jurnal Peternakan Sriwijaya (JPS), Vol. 1(1): 10-19.

author

Leave a reply "Karakteristik dan Harga Kucing Scottish Fold Dewasa dan Anakan Terbaru"