Update Harga Kucing Munchkin (Jantan & Betina)

Kucing munchkin adalah salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Karena keunikannya ini, tak heran jika kucing munchkin dijual dengan relatif mahal di pasaran.

Ilustrasi: Kucing Munchkin (credit: thehappycatsite)
Ilustrasi: Kucing Munchkin (credit: thehappycatsite)

Kaki pendek yang dimiliki oleh kucing ras munchkin tercipta karena mutasi genetik alami. Umumnya, kucing yang berkaki pendek akan mengalami gangguan pada tulang punggung, namun pada munchkin ternyata tidak demikian. Oleh sebab itu, mutasi genetik yang dialami oleh munchkin ini terbilang berhasil, demikian seperti dilansir Wikipedia.

Bacaan Lainnya

Seorang ahli genetik dari TICA, Dr. Solveig Pflueger mengungkapkan bahwa kaki pendek pada ras munchkin disebabkan oleh mutasi gen autosomal dominant. Pada saat penelitian selama 7 tahun, rupanya pada ras ini tidak pernah ditemukan adanya gangguan tulang pada anak kucing munchkin yang berpotensi menyebabkan cacat atau kematian.

Mulanya, banyak yang mengira bahwa munchkin mungkin dapat mempunyai masalah pada . Tetapi rupanya hal itu berhasil dipatahkan. Pasalnya, pada tahun 1995 kabarnya ada sejumlah peternak kucing munchkin yang melakukan rontgen dan tak menemukan masalah pada sendi dan tulang ras munchkin. Meski demikian, kucing munchkin bisa saja terkena lordosis, yakni tulang belakang yang melengkung berlebihan dan pektus ekskavatum, yaitu dada yang berlubang.

Munchkin ada yang berbulu panjang dan pendek. Karena keunikan ras kucing ini, munchkin sering dipersilangkan dengan ras lain. Munchkin adalah nenek moyang dari beberapa ras kucing berkaki pendek baru, yaitu nenek moyang ras skookum (persilangan dengan ras laperm), ras minskin dan bambino (persilangan dengan ras sfinks), ras lambkin (persilangan dengan ras rex selkirk), ras genetta (persilangan dengan ras bengal), dan ras napoleon (persilangan dengan ras persia, himalaya, dan eksotis). Berikut ini jenis-jenis kucing munchkin.

Munchkin Cat (sumber: boredpanda)
Ilustrasi: Salah Satu Jenis Munchkin Cat (sumber: boredpanda)

 

Jenis Kucing Munchkin

Skookum

Kucing munchkin skookum merupakan hasil persilangan dengan kucing berbulu keriting yang dikenal dengan nama LaPerm.

Kinkalow

Kinkalow kucing hasil perkawinan silang antara kucing jenis munchkin dan american curl. Induk munchkin mewariskan karakter kaki pendek yang menjadi khasnya. Adapun american curl mewariskan bentuk telinga yang menekuk ke bagian luar.[1]

Minskin dan Bambino

Minskin dan Bambino adalah kucing jenis munchkin yang diperoleh dari hasil persilangan dengan kucing ras Sphynx. Keunikannya terlihat dari bulu Minskin dan Bambino yang sangat tipis seperti Sphynx, namun bertubuh pendek seperti munchkin pada umumnya.

Lambkin

Selain Skookum, ada juga munchkin lain yang berbulu keriting dan memiliki tampilan amat menggemaskan, yakni lambkin. Lambkin adalah hasil persilangan munchkin dengan jenis kucing Selkirk.

Napoleon

Lain lagi dengan Napoleon. Napoleon diperoleh dari hasil persilangan munchkin dengan kelompok kucing persia, termasuk himalaya dan exotic short hair.

Genetta

Jika kucing bengal tampak seperti macan bertampang jinak, maka Genetta lebih imut lagi. Genetta adalah hasil persilangan munchkin dengan kucing bengal, sehingga tampilannya terlihat lebih mini dengan ciri kaki yang pendek.

Scottish Kilts

Jenis munchkin yang tak kalah menarik untuk dijadikan peliharaan adalah Scottish Kilts. Jenis satu ini diperoleh dari hasil persilangan munchkin dengan kucing Scottish Fold.

Karena termasuk jenis kucing yang unik, tak mengherankan jika kemudian munchkin diperjual-belikan dengan harga yang cukup mahal. Berikut info harga kucing munchkin di pasaran saat ini.

Kucing Munchkin (sumber: rare-gallery.com)
Kucing Munchkin (sumber: rare-gallery.com)

Daftar Harga Kucing Munchkin

Jenis Kucing Munchkin Harga (Rp)
Kucing Munchkin x Persia 8 Bulan 1.250.000
Kucing Munchkin Jantan 7 Bulan 4.250.000
Kucing Munchkin Kitten 2,5 Bulan 6.110.000
Kucing Munchkin Betina 3 Bulan 6.550.000
Kucing Munchkin Kitten 7 Bulan 7.000.000
Kucing Scottish fold munchkin betina kitten 7.000.000
Kucing Munchkin Napoleon 2 Tahun 7.050.000
Kucing Munchkin Genetta betina 3,5 bulan 7.100.000
Kucing British Shorthair Munchkin 3 bulan 9.770.000
Kucing Kinkalow Anakan 4 Bulan 10.200.000
Kucing Munchkin Napoleon 8 bulan 15.000.000

Jika dibandingkan 2020, harga kucing munchkin mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, kucing Munchkin Kitten 2,5 bulan yang dijual seharga Rp5.050.000 tahun 2020, naik menjadi Rp6.000.000 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp6.110.000 tahun 2022. Begitu pula dengan kucing British Shorthair Munchkin 3 bulan yang dibanderol mulai Rp7,2 juta tahun 2020, naik menjadi Rp8,5 juta tahun 2021, naik lagi menjadi Rp9,7 jutaan tahun 2022.

Informasi harga kucing munchkin di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa harga kucing munchkin dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kucing munchkin yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Pujiastuti, E. 2017. Kucing Keren Zaman Now. Depok: Trubus Swadaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *