Info Ciri-ciri & Harga Kucing Caracal di Indonesia

Bagi pencinta kucing, memelihara kucing lokal mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Oleh sebab itu, beberapa orang dari kalangan atas mulai melirik kucing-kucing yang eksotis dan langka seperti caracal. Kucing satu ini sepintas terlihat begitu galak, tetapi kabarnya mudah dijinakkan. Lantaran berasal dari benua lain, kucing caracal pun bisa dijual dengan harga yang begitu mahal.

Kucing Caraca (sumber: krasivosti.pro)
Kucing Caraca (sumber: krasivosti.pro)

Tentang Kucing Caracal

Caracal adalah kucing berukuran sedang yang tersebar di Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika. Nama “caracal” berasal dari bahasa Turki, “karakulak”, yang berarti “telinga hitam”. Caracal mempunyai tubuh yang ramping namun berotot, dengan kaki panjang dan ekor pendek. Pejantan biasanya memiliki berat 13 sampai 18 kilogram.

Bacaan Lainnya

Caracal berburu dengan mengintai mangsanya, mendekati dalam jarak sekitar 5 meter sebelum tiba-tiba berlari dan melompat. Caracal terkenal karena keterampilan spektakulernya yang mampu berburu burung yang sedang terbang.[1]

Karakal dapat dijinakkan dengan mudah dan bisa menjadi hewan peliharaan. Namun, hal tersebut sepertinya masih ilegal di beberapa negara. Jadi sebaiknya mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara hewan yang menggemaskan ini. Jika ingin mengenalnya lebih dekat, yuk simak beberapa ciri khas yang ada pada karakal.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pop Mie Satuan di Indomaret & Alfamart
Kucing Caraca (sumber: wallpapercave.com)
Kucing Caraca (sumber: wallpapercave.com)

Ciri-ciri Kucing Caracal

  • Memiliki telinga yang menyerupai “antena”. Ciri khas dari karakal adalah telinga hitam berumbai dan berbentuk agak meruncing. Telinga ini sangat berguna untuk mencari mangsa karena dikendalikan oleh 29 otot yang berbeda.
  • Memiliki umur yang panjang. Seekor karakal mampu bertahan hidup di alam liar selama 12 tahun dan 17-19 tahun di penangkaran. Perkawinan dapat terjadi setiap saat terutama jika mangsanya lebih banyak, yakni setelah periode kehamilan sekitar 2-3 bulan. Seekor induk karakal dapat melahirkan 1-6 anak dan akan disapih saat berumur 9 bulan.[2]
  • Pemburu yang andal. Selain ahli memanjat pohon, karakal juga merupakan pemburu yang aktif. Mereka akan mengintai mangsanya dalam radius 5 meter, lalu berlari kencang, melompat, dan menerkam. Mangsa utamanya adalah unggas berukuran kecil hingga besar. Tak jarang jika mangsanya lebih besar, ia akan menyembunyikan bangkainya di balik pohon.
  • Memiliki suara yang unik. Jika kucing kecil biasa mengeong, karakal justru menggeram, mendesis, dan mendengkur. Untuk memberi peringatan, karakal bahkan bisa suara menggonggong.
  • Harganya selangit. Beberapa jenis karakal sudah berpindah kategori dari predator liar menjadi yang eksklusif dan mahal. Hewan yang mudah dijinakkan ini sudah sangat langka. Itu sebabnya untuk melestarikannya, harga anak karakal bisa bernilai sekitar USD10 ribu atau sekitar Rp132 juta.[3]
  • Pupil mata caracal membentuk lingkaran sementara celah yang membuatnya berbeda dengan kucing kecil jenis lain dimana pupil matanya berupa celah.
  • Kaki dari caracal memiliki rambut-rambut kaku yang banyak tumbuh di antara bantalan kaki. Ini memungkinkan baginya untuk berjalan di atas pasir lembut. Rahang pendek dan dilengkapi dengan gigi yang kuat. Sekitar 92 persen dari caracal tidak memiliki gigi premolar atas kedua.
Baca juga  Harga Burung Serindit (Jantan, Betina, Bakalan, Gacor) Terkini

Dilansir dari Wikipedia, kucing caracal sering dipandang sebagai hama oleh petani di Afrika karena dapat memangsa peliharaan seperti unggas, domba muda, dan kambing. Caracal jarang terlihat di alam liar meskipun jumlah mereka banyak, karena mereka menyembunyikan diri sangat baik.Jika tempat persembunyian tidak tersedia, maka untuk menyembunyikan diri karakal mungkin akan meratakan diri di tanah dan tetap diam, sehingga warna bulu bertindak sebagai kamuflase. Unik ya tingkahnya?

Harga Kucing Caracal

Setelah ditelusuri, rupanya keberadaan kucing caracal masih tergolong langka di Indonesia. Kalaupun ada yang menjual, harganya pun selangit. Di beberapa marketplace hanya ada beberapa orang saja yang menjual kucing caracal kondisi jinak. Adapun African caracal cat usia 18 bulan harganya dibanderol Rp135 juta per ekor. Kemudian, ada juga yang menjual kucing caracal bersertifikat impor Afrika dengan harga mencapai Rp160 juta per ekor. Luar biasa mahal bukan? Namun, apakah Anda tertarik memilikinya?

Baca juga  Update Harga Dakron per Kg

[1] Somadinata, Y. 2020. 1000+ Fakta Monster Paling Mengerikan. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 71.

[2] Redaksi. 2020. Majalah Cat and Dog Edisi 30 (Juni-Juli 2020). Jakarta: Majalah Cat & Dog, hlm 8.

[3] Ibid., hlm 9.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *