Karakteristik, Cara Merawat, dan Harga Kucing Bengal Berbagai Usia

Bagi sebagian besar orang, mungkin lebih memilih memelihara anggora atau persia, padahal masih ada banyak jenis yang bisa dipelihara. Salah satu jenis yang sedang populer di kalangan pencinta adalah bengal. Meskipun harganya terbilang tidak murah, tersebut banyak dilirik kolektor Tanah .

Kucing Bengal - the-cat-paradise.com

Kucing Bengal - the-cat-paradise.com

Karakteristik dan Cara Merawat Kucing Bengal

Tak bisa dipungkiri bahwa kucing adalah salah satu jenis hewan terpopuler di dunia, karena banyak orang yang memeliharanya. Hal ini karena bentuk fisik kucing yang lucu dengan sifatnya yang kadang seperti anak kecil.[1] Sementara sebagian besar kucing memiliki sifat yang ceroboh dan agak pemalas, berbeda dengan kucing bengal.

Seperti namanya, kucing yang satu ini memiliki sifat bengal yang tidak bisa diam dan cenderung lincah. Kucing bengal memiliki sifat yang lebih liar dibanding jenis lainnya, karena termasuk jenis kucing hutan. Selain sifatnya yang cenderung tidak bisa diam, kucing ini juga termasuk kucing yang sulit diatur. Meskipun begitu, jika Anda pandai melatihnya dan selalu menemaninya bermain, ia akan memiliki sifat yang penurut dan tidak terlalu liar.

Baca juga  Info Lengkap Harga Aqua Gelas 1 Dus di Indomaret dan Alfamart

Agar kucing bengal menjadi jinak dan penurut, Anda perlu memperlakukannya dengan khusus. Bisa dibilang, cara merawat kucing bengal sedikit berbeda dengan merawat kucing pada umumnya. Untuk masalah kebersihan, Anda harus selalu rajin merawat bulu dan membersihkan kandangnya.

Mandikan kucing setiap 3 hingga 7 hari sekali menggunakan shampo kucing, yang bertujuan agar bulu kucing terjaga keindahannya dan terhindar dari kutu. Selain memandikan kucing, Anda harus menyikat bulu kucing. Apalagi saat kucing sudah berusia 7 bulan ke atas, Anda harus lebih rajin menyikat bulunya. Bulu kucing bengal memang tidak terlalu panjang, namun bisa rontok. Bulu kucing yang rontok dan tidak disisir biasanya kucing merasa gatal dan tidak nyaman. Ini akan mereka stres dan kadang lebih liar.

Selain memperhatikan kesehatan dan kebersihan bulu kucing, Anda juga perlu memperhatikan kandang kucing. Karena kucing bengal terbilang lebih liar, kandang harus dibuat dengan ukuran yang lebih luas. Kandang juga harus dilengkapi dengan kayu atau angkringan kucing sebagai tempat mereka bersantai dan mengasah kuku.

Baca juga  Update Harga Panel Dinding Wallplus Pengganti Batu Bata per Meter Persegi

Bersihkan kandang kucing Anda setiap hari dengan mengganti pasir kucing, , dan memberinya pakan. Untuk pakannya, Anda bisa memberikan jenis pakan kucing basah atau kering, yang penting kandungan protein dan lemaknya seimbang. Pakan kucing harus diberikan secara rutin dan teratur agar kucing tidak kelaparan dan menjadi semakin liar.

Untuk membuat kucing bengal Anda menjadi lebih jinak, Anda harus mengikuti ritme energinya. Bisa dibilang, kucing bengal memiliki energi lebih untuk bergerak. Ini juga salah satu alasan mengapa mereka sulit diatur. Anda bisa memforsir energi mereka dengan mengajaknya bermain dan jalan-jalan.

Berikan mainan kucing yang membuat mereka terus bergerak. Jika mereka mulai lelah, ini saatnya Anda untuk melatih mereka menjadi kucing yang jinak dan patuh, tentunya juga diimbangi dengan pemberian snack kucing jika mereka berhasil menjadi kucing yang penurut.

Perlu Anda ketahui bahwa kucing bengal jarang berjalan lamban, mereka lebih suka berlarian dan kadang seperti orang bingung. Untuk mengarahkan mereka, Anda memerlukan kalung kucing yang disambung dengan tali. Ini bisa dipakai ketika Anda mengajak kucing bengal jalan-jalan di sekitar rumah.

Baca juga  Harga Coklat Batang Colatta Semua Varian (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Setelah Anda mengetahui cara merawat dan karakteristik kucing bengal, apakah Anda tertarik untuk memeliharanya? Apalagi kucing bengal terkenal dengan bulunya yang indah. Jika Anda berminat memelihara kucing bengal, pastikan Anda mengetahui kucing bengal di Indonesia.

Kucing Bengal

Harga Kucing Bengal

Jenis Kucing BengalUsiaHarga per Ekor (Rp)
Kucing Bengal Silver Marble Mix Oriental SIam7 Bulan2.500.000
Kucing Bengal Anakan2,5 bulan5.000.000
Kucing Bengal Import Bersertifikat Jumbo3 Bulan10.000.000-15.000.000
Kucing Bengal Putih7 Bulan15.000.000
Kucing Bengal Asli3-6 Bulan10.000.000-40.000.000

Perlu Anda ketahui harga kucing bengal di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk dagang online. Harga kucing bengal tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga kucing bengal di Indonesia, Anda bisa langsung mengunjungi hewan terdekat.

[1] Wiwaha, Rimba Ranu. 2016. Perancangan Buku "Komik Kucing" Komik Strip Cara Merawat Kucing (Skripsi). Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

loading...
author

Leave a reply "Karakteristik, Cara Merawat, dan Harga Kucing Bengal Berbagai Usia"