Harga Kuas Roller (Roll) Cat Motif 3 Pin

No comment807 views

Roll, atau roller, merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengecat atau selain kuas. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak atau roll cat . Untuk Anda yang membutuhkan model sederhana, bisa menggunakan roll polos. Namun, apabila Anda menginginkan hasil cat yang lebih berwarna dan ‘semarak’, roll cat motif dengan 3 pin atau 3 roda merupakan opsi yang menarik. Di pasaran, roll jenis ini berada di angka ratusan ribu rupiah.

Sebelum membahas mengenai harga roll, kita kulik sedikit mengenai perlengkapan yang satu ini. Roll, atau juga bisa disebut dengan roller, merupakan salah satu alat yang biasa digunakan dalam pengecatan. Alat ini sangat cocok dan tepat jika Anda akan mengecat permukaan yang luas, seperti tembok dan plafon. Namun, untuk menggunakan roller ini, pastikan roller yang Anda pilih tepat agar hasil pengecatan bisa sempurna.

kuas roller motif - media.rooang.com

kuas roller motif - media.rooang.com

Seperti dikutip dari Edupaint.com, sebaiknya pilih roller yang sesuai peruntukan dan jenis pekerjaan tertentu. Untuk pekerjaan dengan cat enamel, misalnya untuk pintu dan dinding dapur, gunakan roller dari bahan mohair, yaitu roller dengan bulu halus dari jenis kambing tertentu. Sementara, untuk mengaplikasikan cat yang mengilap (gloss) atau agak mengilap (semi-gloss) di dinding yang rata, misalnya plester, lantai, dan dinding, sebaiknya gunakan roller yang tipis dengan ketebalan kurang dari seperempat inci.

Di pasaran sendiri, roller hadir dalam berbagai atau jenis, antara lain:

  • Roller sudut, seperti namanya, biasanya digunakan untuk mengecat sudut permukaan dan perbatasan dinding.
  • Roller trim, biasanya memiliki panjang 3 inci dan sesuai untuk mengecat area bidang yang sempit.
  • Roller radiator, biasanya memiliki diameter 3/4 inci dan cocok untuk mengecat bagian belakang radiator, toilet, dan pemanas air.
  • Roller khusus, umum digunakan untuk mengecat permukaan yang bundar, seperti pipa dan pilar.
  • Roller busa, biasanya dipakai untuk mengecat besi tempat dan railing tangga.

Nah, jika Anda bosan dengan dinding yang polos dan kelihatan monoton, Anda sekarang bisa mendekorasi ulang tembok rumah Anda dengan cara lain yang lebih unik dan diklaim lebih ramah di kantong, yaitu menggunakan bantuan roll motif. Roll ini dikatakan dapat mempercantik dinding dan hasilnya tidak kalah keren jika dibandingkan dengan wallpaper.

Roll cat motif sendiri secara sederhana bisa dikatakan sebagai alat untuk mengecat dinding yang berbentuk roll, dengan motif gambar yang bisa diaplikasikan langsung dengan cat tembok. Dengan roll ini, tampilan dinding dikatakan lebih menarik, dengan pengerjaan yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Roll cat motif sudah tersedia dalam beraneka gambar, mulai bunga mawar, pattern wallpaper, gambar kartun, dan lain-lain.

Roll motif juga dapat dibedakan ke dalam beberapa tipe, tergantung roda atau pin yang digunakan. Model yang jamak dipakai adalah roll cat motif tunggal atau single. Cara penggunaan alat ini sama seperti roller cat pada umumnya. Anda bisa menyiapkan cat yang sudah diencerkan, tuangkan sedikit ke baki atau wadah cat, lalu aplikasikan cat ke roller secara tipis dan sapukan ke permukaan dinding. Karena hanya menggunakan satu roda, Anda harus berulang kali mengoleskan cat dan menghapal letak titik motif terakhir.

Jenis yang kedua adalah roller motif dengan 2 pin. Pin yang pertama berfungsi sebagai tempat menempelkan cat atau menyimpan cadangan cat, sedangkan pin atau roda yang kedua berguna untuk mengaplikasikan corak atau motif pada dinding. Dibandingkan roll cat motif single, penggunaan tipe ini jauh lebih simpel dan memudahkan pengguna karena gampang dikendalikan.

Kuas Roller Motif - rianharapanjaya.blogspot.com

Kuas Roller Motif - rianharapanjaya.blogspot.com

Nah, untuk tipe yang ketiga adalah roller motif dengan 3 pin atau 3 roda. Roll motif tipe ini memiliki komponen perangkat yang lebih kompleks dibandingkan dua tipe sebelumnya. Satu pin roll digunakan untuk mengambil cat dari baki atau wadah, satu pin roll lainnya dipakai untuk menyalurkan atau mendistribusikan cat dari baki atau wadah cat, sedangkan satu roll terakhir digunakan untuk mengaplikasikan atau memberikan corak dan motif ke permukaan dinding.

Di samping itu, sebenarnya ada satu lagi tambahan pin, berukuran kecil dan terletak di belakang roll pin kedua, yang berguna untuk mengurangi kelebihan cat pada roll kedua sehingga motif yang dihasilkan cenderung lebih rapi. Roll motif 3 pin ini juga memiliki baki atau wadah cat yang terdiri dari dua bagian. Untuk menggunakannya, Anda harus melepas semua roll terlebih dahulu, kemudian masukkan cat yang telah diencerkan ke dalam baki tersebut, kemudian pasang kembali semua roll pin-nya.

Harga Roller Motif 3 Pin

Saat ini, tidak sulit menemukan roll cat motif, baik dengan pin tunggal, pin double, maupun 3 pin. Anda bisa membelinya di berbagai bangunan yang ada di sekitar domisili Anda. Selain itu, jika Anda rajin berselancar di dunia maya, banyak pedagang yang menawarkan roll motif ini di berbagai situs jual beli online dalam negeri.

Menurut penelusuran yang dilakukan penulis, roll motif dengan pin single saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp80 ribuan sampai Rp150 ribuan. Sementara, untuk roll cat motif dengan 2 pin, sekarang harganya berkisar Rp190 ribuan, sedangkan harga roll cat motif dengan 3 pin sekarang berada di kisaran Rp250 ribuan hingga Rp370 ribuan. Untuk info lebih lengkap, silakan mengunjungi toko bangunan di sekitar rumah Anda.

Baca juga  Harga Vitacimin per Strip dan Dus (Semua Varian)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Kuas Roller (Roll) Cat Motif 3 Pin"