Update Harga Kostum Futsal 1 Lusin di Pasaran (Semua Ukuran)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga futsal. Ini bisa dibilang sebagai sepak dalam skala mini, karena dimainkan di lapangan yang lebih kecil dengan pemain yang lebih sedikit. Meski begitu, layaknya sepak bola konvensional, futsal juga memerlukan beberapa peralatan, termasuk kostum. Nah, apabila Anda juga sedang membutuhkan kostum futsal, harga 1 lusin kostum futsal di pasaran saat ini berkisar ratusan ribu rupiah.

Permainan futsal
Permainan futsal

Dilansir dari Wikipedia, futsal adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Seperti sepak bola, tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Bacaan Lainnya

Murhananto (2006:7), mengutarakan bahwa futsal adalah kata yang digunakan secara internasional untuk permainan sepak dalam ruangan. Kata itu berasal dari kata futbol atau futebol (dari bahasa Spanyol dan Portugal yang berarti pemain sepak bola) dan salaon atau sala (dari bahasa Prancis atau Spanyol yang berarti dalam ruangan). Badan sepak bola dunia FIFA menyebutkan futsal pertama kali dimainkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930 silam.[1]

Hampir senada, Lhaksana (2011:5) juga mengatakan bahwa futsal merupakan permainan sepak yang dilakukan di dalam ruangan. Permainan ini sendiri dimainkan oleh lima pemain di setiap tim, berbeda dengan sepak bola konvensional yang pemainnya berjumlah sebelas orang di setiap tim. Di samping itu, ukuran lapangan dan bolanya pun lebih kecil daripada ukuran yang digunakan dalam sepak bola lapangan rumput.

Baca juga  Update Harga Cetakan Takoyaki (Semua Merk)

Dikatakan Hermans & Engler (2011:23-41), beberapa teknik dasar yang harus dikuasai seorang pemain adalah ball reception (penerimaan bola), dribbling and ball control (menggiring dan mengontrol bola), passing (mengoper bola), shooting, feints and trick (trik dan gerak tipuan), dan goal keeping technique (teknik penjaga gawang).[2] Pendapat senada disampaikan Lhaksana (2011:5), bahwa teknik dasar yang harus dikuasai adalah mengumpan (passing), menahan bola (control), mengumpan lambung (chipping), menggiring bola (dribbling), dan menembak bola (shooting).[3]

Selain teknik yang baik, kemampuan fisik yang mumpuni juga mutlak diperlukan dalam suatu permainan futsal. Menurut Harsono (1988:100), perkembangan kondisi fisik yang menyeluruh amatlah penting, karena tanpa kondisi fisik yang baik, atlet tidak akan dapat mengikuti latihan-latihan dengan sempurna. Komponen kondisi fisik yang perlu dikembangkan adalah daya tahan kardiovaskular, daya tahan kekuatan, strength, kelentukan, kecepatan, stamina, kelincahan, dan power.[4]

Nah, untuk menunjang fisik pemain futsal, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kostum bermain. Kostum futsal, juga sepakbola, memang berbeda dengan pakaian sehari-hari. Meski sama-sama berbentuk kaos, namun kostum futsal terbuat dari bahan-bahan khusus, yang bertujuan membantu pemakai menahan panas dan tubuh.

Jersey futsal (sumber: aucklandfootball.co.nz)
Jersey futsal (sumber: aucklandfootball.co.nz)

Kostum futsal sendiri hadir dengan bahan yang berbeda dari kebanyakan pakaian. Jika pakaian sehari-hari atau untuk keperluan fashion biasanya terbuat dari bahan seperti katun, sutra, hingga wol yang dicampur dengan polyester, maka jersey futsal dan sepak terbuat dari 100 persen polyester. Jersey ini punya sifat mengilap, tidak memiliki pori, sehingga menahan panas atau air mengenainya.

Baca juga  Pilihan Warna dan Update Daftar Harga Lip Tint Ink Peripera

Menurut Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI), jersey sengaja dibuat dari bahan demikian, untuk menjaga tubuh pemakai tetap hangat saat dipakai berolahraga dan karena tidak berpori, maka tidak akan terlihat lepek karena keringat. Memang, jika diperhatikan, meski bersimbah peluh karena berlari, para pemain bila terlihat berkeringat di kulit terbuka, tetapi kostum mereka tetap terlihat mengilat tanpa terkesan lepek.

Jenis Bahan Kostum Futsal

  • Bahan Dry fit, memiliki sifat yang cukup lentur, dingin, dan padat sehingga nyaman untuk dipakai. Bahan kaos futsal terbuat dari campuran bahan spandex, polyester, dan nilon. Dry fit banyak digunakan untuk jersey dan futsal karena memiliki sifat menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Paragon, jenis bahan kaos futsal yang satu ini bertekstur halus, mengilat, dan sedikit berat. Bahan paragon ini tebal namun lentur sehingga dapat mengikuti gerakan tubuh si pemakai. Berbeda dengan Dry Fit, bahan paragon ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga cenderung agak panas. Bahan ini cukup mahal di pasaran sehingga wajar saja apabila jersey yang disablon memakai kaos berbahan ini dijual dengan harga yang mahal.
  • Bahan wafer, diberi nama demikian karena permukaan bahan kaos futsal ini menyerupai bentuk wafer. Bahan jenis ini memiliki pori-pori berbentuk kotak dan dingin karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Tekstur kain juga sangat lembut, dan ama seperti bahan dry fit, bahan wafer ini cukup lentur ketika digunakan.
  • Serena, memiliki struktur yang rapi, padat, bersifat dingin, dan lentur. Bahan ini punya kemampuan penyerapan keringat yang baik pula. Memiliki tekstur yang padat dan lembut karena bahannya terdapat sedikit campuran nilon. Bahan ini pun sangat mudah dalam pencucian dan tidak memerlukan perawatan khusus.
Baca juga  Update Harga Refill Bedak Inez (Berbagai Varian dan Shade)

Harga Kostum Futsal

Tidak susah mendapatkan kostum futsal, karena Anda bisa membeli perlengkapan ini di berbagai toko olahraga, bahkan toko konveksi. Di pasaran dalam negeri, 1 lusin kostum futsal tahun 2019 lalu dijual dengan harga berkisar Rp500 ribu hingga Rp900 ribuan untuk orang dewasa. Sementara, kostum futsal untuk anak-anak dijual dengan harga mulai Rp1,3 jutaan per lusin, sudah termasuk baju dan celana.

Tahun 2020 ini harga kostum futsal selusin untuk anak-anak berkisar Rp1,35 jutaan, sedikit naik dari harga tahun lalu. Sedangkan harga kostum futsal 1 lusin (set isi 12 pcs) untuk orang dewasa dijual mulai Rp600 ribuan. Harga kostum futsal 1 lusin yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda dan mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[Update: Dian]

[1]Murhananto. 2006. Dasar-Dasar Permainan Futsal. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

[2]Hermans, Vic & Rainer Engler. 2011. Futsal: Technique, Tactic & Training. United Kingdom: Meyer and Meyer Sport.

[3]Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Depok: Be Champion.

[4]Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: CV Kesuma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.