Update Harga Kostum Barongsai (Anak dan Dewasa)

No comment2142 views

, meski merupakan salah satu khas China, namun cukup digandrungi oleh anak-anak dan remaja di Indonesia. Tidak mengherankan jika kemudian banyak toko dan pedagang yang menawarkan segala pernak-pernik mengenai , termasuk kostumnya. Di pasaran, secara umum tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa, dengan berkisar ratusan ribu rupiah.

Pertunjukan barongsai pada perayaan Imlek (sumber: xplodemag.co.uk)

Pertunjukan barongsai pada perayaan Imlek (sumber: xplodemag.co.uk)

Dikutip dari CNN, berdasarkan kepercayaan Tiongkok, singa adalah simbol keberanian, stabilitas, dan keunggulan. Nah, tarian tradisional yang memakai kostum menyerupai singa tersebut dinamai barongsai, yang konon dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat. Pasalnya, monster, hantu, dan roh-roh jahat seperti Nian menurut kepercayaan masyarakat Negeri Panda dikatakan takut dengan suara keras.

Barongsai sendiri dikatakan sudah ada sejak 1.500 tahun silam. Pertunjukan ini bermakna untuk mengusir hal-hal buruk yang akan terjadi. Ada beberapa versi sejarah Barongsai. Nian atau monster adalah versi yang paling populer. Alkisah, pada masa Dinasti Qing, di sebuah wilayah di Tiongkok, ada monster yang mengganggu ketenteraman penduduk setempat, dan kehadirannya sampai-sampai menimbulkan keresahan dan ketakutan.

Pada saat itu, muncul singa atau barongsai yang menghalangi monster tersebut. Monster itu kalah dan lari tunggang-langgang. Singa itu pun pergi, meninggalkan penduduk yang sudah merasa aman. Ternyata, monster itu merasa sakit hati, dan berniat untuk membalas dendam, tetapi masyarakat tidak tahu-menahu. Setelah tahu, masyarakat dilanda panik. Mereka bingung, di mana singa yang dapat mengalahkan monster itu. Akhirnya, mereka menciptakan kostum barongsai seperti yang sering kita saksikan saat ini.

Sementara, menurut situs Wikipedia, kesenian barongsai dikatakan mulai populer pada zaman dinasti selatan-utara (Nan Bei) sekitar tahun 420 sampai 589 Masehi. Kala itu, pasukan dari Raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah milik Raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima bernama Zhong Que pun membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan Raja Fan. Ternyata upaya tersebut berhasil, dan akhirnya tarian barongsai melegenda hingga sekarang.

Di Indonesia, barongsai yang sering kita lihat adalah Singa Selatan, yang diklaim lebih ekspresif dibandingkan dengan Singa Utara. Kerangka Singa Selatan umumnya dibuat dari bambu, lalu ditempeli kertas, kemudian dilukis serta ditempeli bulu dan dihias. Bulu yang memiliki kualitas tinggi untuk pembuatan barongsai adalah bulu domba atau bulu kelinci. Tetapi, untuk menghemat biaya, banyak yang kemudian menggunakan bulu sintetis, dan pada zaman modern, kerangka barongsai mulai dibuat dengan aluminum atau rotan.

Harga Kostum Barongsai

Kostum Barongsai - regional.liputan6.com

Kostum Barongsai - regional.liputan6.com

Ketika musim Imlek atau Tahun Baru China tiba, permintaan akan kostum barongsai umumnya meningkat tajam. Kostum ini, selain digunakan untuk pertunjukan, juga biasanya dipakai sebagai aksesoris dan dekorasi. Karena itu, tidak mengherankan, meski musiman, bisnis kostum barongsai ini terus berkibar dan bertahan lama.

Untuk mencari kostum barongsai sendiri tidak sulit. Di beberapa situs jual beli online misalnya, sudah banyak penjual yang menawarkan kostum barongsai, baik untuk anak-anak atau orang dewasa. Untuk anak-anak, kostum barongsai umumnya dijual di kisaran harga Rp160 ribuan sampai Rp300 ribuan, meski ada juga yang menjual dengan harga di atas itu, mencapai Rp1 jutaan karena diklaim asli dari China.

Sementara, untuk ukuran orang dewasa, harga kostum barongsai biasanya lebih mahal. Untuk aksesori kepala saja, harga kostum ini mencapai angka Rp645 ribuan. Sementara, apabila membeli satu set kostum barongsai, harganya bisa mencapai angka Rp7 jutaan hingga Rp9 jutaan, tergantung kualitas dan bahan kostum.

Baca juga  Info Terbaru, Harga Tiket Nonton dan Snack di Bioskop CGV Blitz Karawang
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kostum Barongsai (Anak dan Dewasa)"