Harga Kopi Bubuk 1 Kg dan Tips Memilih Kopi Bubuk Berkualitas

merupakan salah satu jenis minuman wajib bagi sebagian besar orang Indonesia, penikmatnya tidak hanya dari kalangan lansia saja, tetapi juga remaja. Apalagi, saat ini sudah banyak warung menjamur di tiap sudut kota, mulai dari warung sederhana hingga kafe dan restoran bergaya mewah. Harganya pun beragam, ini tergantung dari merek dan variannya. Di sendiri, harga 1 kg dibanderol mulai Rp50 ribuan.

Bubuk kopi (sumber: enjoyjava.com)

Bubuk kopi (sumber: enjoyjava.com)

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga kopi di pasaran, Anda juga perlu mengetahui tips memilih yang berkualitas baik. Sangat penting bagi Anda untuk memilih produk dengan kualitas baik, ini terkait dengan rasa dan aromanya. Beberapa jenis kopi yang tidak berkualitas biasanya ketika diseduh tidak memiliki aroma yang kental, hal ini lantas memengaruhi rasa kopi tersebut. Berikut adalah tips memilih produk di pasaran.

Tips Memilih Kopi Berkualitas

Perhatikan Produk

Salah satu tips sederhana sebelum Anda membeli produk kopi bubuk, yaitu memperhatikan kemasan produk terlebih dahulu. Ada banyak kopi dengan kemasan menarik dan memiliki desain yang mewah. Kebanyakan orang pasti memilih produk kopi seperti itu. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kemasan produk kopi bubuk. Tidak semua produk kopi dengan kemasan mewah dan menarik memiliki kualitas kopi yang baik.

Akan lebih mudah jika Anda memperhatikan bahan kemasan terlebih dahulu. Produk kopi yang baik biasanya dikemas dengan bahan kemasan dari kertas karton pada bagian luarnya. Pada bagian dalam, ada pelapis berupa plastik atau aluminium. Bahan pelapis berupa plastik dan aluminium akan menjaga citarasa dan aroma kopi bubuk. Sehingga, walaupun disimpan dalam waktu yang lama, tidak akan mengubah rasa dan aromanya.

Ada juga beberapa produk kopi dengan kemasan plastik tebal berlapis aluminium foil tanpa ada kemasan karton atau kardus. Kemasan jenis ini juga baik untuk kopi, tetapi tidak bertahan lebih lama jika dibanding dengan kemasan dengan karton atau kardus. Ada baiknya Anda memperhatikan lapisan kemasan, semakin banyak lapisannya, maka semakin awet rasa dan aroma kopinya.

Perhatikan Kelembapan Bubuk Kopi

Tips berikutnya untuk memilih produk kopi yang berkualitas, yaitu dilihat dari kelembapan bubuk kopi. Perhatikan isi dari kemasan kopi, pilihlah bubuk kopi yang benar-benar kering dan tidak dalam keadaan berair. Beberapa jenis bubuk kopi biasanya memiliki kelembapan sedang, dalam artian bubuk kopi lebih mudah untuk digenggam. 

Bubuk kopi dengan kelembapan sedang biasanya tidak akan bertahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Jika Anda menyimpannya pada wadah terbuka, ini juga akan memengaruhi aroma serta rasa pada kopi. Ada baiknya Anda memilih bubuk kopi yang benar-benar kering dan sulit digenggam. Jenis bubuk kopi ini dapat bertahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup.

Bubuk kopi (sumber: freepik.es)

Bubuk kopi (sumber: freepik.es)

Perhatikan Aroma Kopi

Produk kopi bubuk yang baik, yaitu memiliki aroma khas kopi yang kental dan manis. Di sela-sela aroma manisnya, tak jarang pula terdapat sedikit aroma asam. Anda bisa mencium aroma kopi bubuk dari kemasannya. Beberapa produk kopi bubuk dengan kemasan karton atau kardus biasanya memiliki aroma kopi lebih menyengat, sehingga mempermudah Anda untuk menilai kualitasnya.

Jika aroma kopi bubuk tidak terlalu kental, kemungkinan produk tersebut sudah lama disimpan. Beberapa jenis kopi yang tidak memiliki aroma kental biasanya juga mengalami proses sangrai atau roasting yang kurang baik. Ini bisa menyebabkan kopi bubuk mudah basi dan berjamur.

Perhatikan Rasa kopi

Kopi yang baik tidak hanya memiliki rasa pahit saja ketika diminum. Beberapa jenis kopi yang sering kita temui di warung kopi, mungkin rasanya hanya pahit di ujung. Ini berbeda jika Anda ingin merasakan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi berkualitas tinggi juga memiliki citarasa sedikit masam. Rasa asam pada kopi dapat dirasakan setelah Anda merasakan pahitnya kopi bubuk tersebut.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli kopi bubuk dengan kualitas baik di pasaran. Selain memperhatikan tips di atas, Anda juga perlu mengetahui harga kopi bubuk 1 kg di pasaran. 

Harga Kopi Bubuk

Persediaan kopi di rumah akan cepat habis apabila Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari. Daripada kesulitan menakar konsumsi kopi harian Anda, Anda bisa langsung membelinya dalam banyak. Di pasaran sendiri, juga telah disediakan kopi bubuk dengan berat 1 kg. Harganya biasanya dibanderol mulai Rp50.000 hingga Rp60.000. Harga kopi bubuk tersebut adalah jenis kopi bubuk kiloan atau repack tanpa merek. Ada juga kopi bubuk dengan merek terkenal yang dijual di pasaran dengan harga variatif, sebagai berikut.

Daftar Harga Kopi Bubuk 1 Kg

Karyawan toko kopi

Karyawan toko kopi

Merek dan KopiHarga
Kopi Bubuk Cap Rakyat Rp60.000
Kopi Bubuk Masa Kok Tong Rp76.000
Kopi Bubuk Warung Asiang Rp79.000
Kopi Bubuk Brazica Rp82.000
Kopi Bubuk JJ Royal Coffee Gunung BiruRp91.800
Kopi Bubuk Kopi Lanang Rp100.000
Kopi Bubuk Worcas Polomero Blend Rp168.000
Kopi Bubuk Single Origin Arabica Aceh Gayo Rp193.500
Kopi Bubuk Worcas Java WolvesRp210.000
Kopi Bubuk Worcas Kintamani Kelos Rp210.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Toraja Rp210.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Mandheling Rp210.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Papua Wamena Rp252.000
Kopi Bubuk Arabica Wamena Papua OMNI Rp283.320
Kopi Bubuk Kahwaku Luwak Liar ArabikaRp2.700.000

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan produsen kopi tersebut.

Baca juga  Harga Terbaru Selang Flexible Tahan Panas (Berbagai Ukuran)
loading...
author

Leave a reply "Harga Kopi Bubuk 1 Kg dan Tips Memilih Kopi Bubuk Berkualitas"