Update Harga Kopi Bubuk 1 Kg dan Tips Memilih yang Berkualitas

Kopi merupakan salah satu jenis minuman wajib bagi sebagian besar orang Indonesia, penikmatnya tidak hanya dari kalangan lansia saja, tetapi juga remaja. Apalagi, saat ini sudah banyak warung kopi menjamur di tiap sudut kota, mulai dari warung kopi sederhana hingga kafe dan bergaya mewah. Harganya pun beragam, ini tergantung dari merek dan variannya. Di pasaran sendiri, harga kopi bubuk 1 kg dibanderol mulai puluhan ribu rupiah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga kopi di pasaran, Anda juga perlu mengetahui tips memilih produk kopi bubuk yang berkualitas baik. Sangat penting bagi Anda untuk memilih produk kopi bubuk dengan kualitas baik, ini terkait dengan rasa dan aromanya. Beberapa jenis kopi yang tidak berkualitas biasanya ketika diseduh tidak memiliki aroma yang kental, hal ini lantas memengaruhi rasa kopi tersebut. Berikut adalah tips memilih produk kopi bubuk di pasaran.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Meminum Kopi (credit: swinburne.edu)
Ilustrasi: Meminum Kopi (credit: swinburne.edu)

Tips Memilih Kopi Berkualitas

Perhatikan Kemasan Produk

Salah satu tips sederhana sebelum Anda membeli produk kopi bubuk, yaitu memperhatikan kemasan produk terlebih dahulu. Ada banyak kopi dengan kemasan menarik dan memiliki desain yang mewah. Kebanyakan orang pasti memilih produk kopi seperti itu. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kemasan produk kopi bubuk. Tidak semua produk kopi dengan kemasan mewah dan menarik memiliki kualitas kopi yang baik.

Akan lebih mudah jika Anda memperhatikan bahan kemasan terlebih dahulu. Produk kopi yang baik biasanya dikemas dengan bahan kemasan dari kertas karton tebal pada bagian luarnya. Pada bagian dalam, ada pelapis berupa plastik atau aluminium. Bahan pelapis berupa plastik dan aluminium akan menjaga citarasa dan aroma kopi bubuk. Sehingga, walaupun disimpan dalam waktu yang lama, tidak akan mengubah rasa dan aromanya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Daun Pisang (1 Ikat, Lembaran, per Kg)

Ada juga beberapa produk kopi dengan kemasan plastik tebal berlapis aluminium foil tanpa ada kemasan karton atau kardus. Kemasan jenis ini juga baik untuk kopi, tetapi tidak bertahan lebih lama jika dibanding dengan kemasan dengan karton atau kardus. Ada baiknya Anda memperhatikan lapisan kemasan, semakin banyak lapisannya, maka semakin awet rasa dan aroma kopinya.

Perhatikan Kelembapan Bubuk Kopi

Tips berikutnya untuk memilih produk kopi yang berkualitas, yaitu dilihat dari kelembapan bubuk kopi. Perhatikan isi dari kemasan kopi, pilihlah bubuk kopi yang benar-benar kering dan tidak dalam keadaan berair. Beberapa jenis bubuk kopi biasanya memiliki kelembapan sedang, dalam artian bubuk kopi lebih mudah untuk digenggam. 

Bubuk kopi dengan kelembapan sedang biasanya tidak akan bertahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Jika Anda menyimpannya pada wadah terbuka, ini juga akan mempengaruhi aroma serta rasa pada kopi. Ada baiknya Anda memilih bubuk kopi yang benar-benar kering dan sulit digenggam. Jenis bubuk kopi ini dapat bertahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup.

Perhatikan Aroma Kopi

Produk kopi bubuk yang baik, yaitu memiliki aroma kopi yang kental dan manis. Di sela-sela aroma manisnya, tak jarang pula terdapat sedikit aroma asam. Anda bisa mencium aroma kopi bubuk dari kemasannya. Beberapa produk kopi bubuk dengan kemasan karton atau biasanya memiliki aroma kopi lebih menyengat, sehingga mempermudah Anda untuk menilai kualitasnya.

Baca juga  Update Harga Duradus Box Listrik (Semua Ukuran)

Jika aroma kopi bubuk tidak terlalu kental, kemungkinan produk tersebut sudah lama disimpan. Beberapa jenis kopi yang tidak memiliki aroma kental biasanya juga mengalami proses sangrai atau roasting yang kurang baik. Ini bisa menyebabkan kopi bubuk mudah basi dan berjamur.

Bubuk kopi (sumber: freepik.es)
Bubuk kopi (sumber: freepik.es)

Perhatikan Rasa kopi

Kopi yang baik tidak hanya memiliki rasa pahit saja ketika diminum. Beberapa jenis kopi yang sering kita temui di warung kopi, mungkin rasanya hanya pahit di ujung. Ini berbeda jika Anda ingin merasakan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi berkualitas tinggi juga memiliki citarasa sedikit masam. Rasa pada kopi dapat dirasakan setelah Anda merasakan pahitnya kopi bubuk tersebut.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli kopi bubuk dengan kualitas baik di pasaran. Selain memperhatikan tips di atas, Anda juga perlu mengetahui harga kopi bubuk 1 kg di pasaran. 

Persediaan kopi di rumah akan cepat habis apabila Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari. Daripada kesulitan menakar konsumsi kopi harian Anda, Anda bisa langsung membelinya dalam jumlah banyak. Di pasaran sendiri, juga telah disediakan kopi bubuk dengan berat 1 kg. 

Harga kopi bubuk tahun 2022 mulai Rp51.000 hingga Rp78.000, naik dari tahun 2020 dan 2021 yang dibanderol Rp50.000 hingga Rp60.000. Harga kopi bubuk tersebut adalah jenis kopi bubuk kiloan atau repack tanpa merek. Ada juga kopi bubuk dengan merek terkenal yang dijual di pasaran dengan harga variatif tahun 2022, sebagai berikut.

Memilih Kopi Bubuk Berkualitas - majalah.ottencoffee.co.id
Memilih Kopi Bubuk Berkualitas – majalah.ottencoffee.co.id

Daftar Harga Kopi Bubuk 1 Kg

Merek dan Varian Kopi Bubuk Harga per Kg
Kopi Bubuk Cap Rakyat  Rp62.050
Kopi Bubuk Masa Kok Tong  Rp78.000
Kopi Bubuk Warung Asiang  Rp82.000
Kopi Bubuk Brazica  Rp85.000
Kopi Bubuk JJ Royal Coffee Gunung Biru Rp97.100
Kopi Bubuk Hitam Excelsa Asli Cap AAA Nefo Jambi  Rp139.000
Kopi Bubuk Kopi Lanang  Rp141.000
Kopi Bubuk Worcas Polomero Blend  Rp172.000
Kopi Bubuk Single Origin Arabica Aceh Gayo  Rp197.999
Kopi Bubuk Worcas Java Wolves Rp212.000
Kopi Bubuk Worcas Kintamani Kelos  Rp212.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Toraja  Rp212.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Mandheling  Rp280.000
Kopi Bubuk Worcas Arabica Papua Wamena  Rp290.500
Kopi Bubuk Arabica Wamena Papua OMNI  Rp531.000
Kopi Bubuk Kahwaku Luwak Liar Arabika Rp2.900.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Telur Bebek per Butir dan 1 Kg di Pasaran

Jika dibandingkan penawaran tahun 2019, kopi bubuk 1 kg berbagai merek mengalami perubahan harga pada 2020, 2021, dan 2022. Tahun 2019, kopi bubuk merk JJ Royal Coffee Gunung Biru ditawarkan dengan harga Rp91.800 naik menjadi Rp94.600 per tahun 2020 dan 2021, naik lagi menjadi Rp97 ribuan tahun 2022.

Sama halnya dengan produk dari Kopi Lanang yang ikut naik dari Rp100 ribu tahun 2019 menjadi Rp130 ribu tahun 2020 dan 2021, naik lagi menjadi Rp141 ribu tahun 2022. Harga di atas tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan produsen kopi tersebut.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.