Harga Konsentrat Sapi, Kambing, dan Domba (Semua Kemasan)

Jika Anda beternak sapi, kambing, atau domba, salah satu kebutuhan penting yang wajib dipenuhi adalah . Pasalnya, pakan merupakan sumber materi dan energi untuk menopang kelangsungan hidup dan pertumbuhan hewan, meski menjadi komponen terbesar dari biaya produksi.[1] Selain pakan alami, Anda juga dapat memberikan konsentrat yang sering disebut sebagai pakan penguat. Dijual dalam berbagai kemasan, harga konsentrat ini dapat dikatakan relatif terjangkau.

Pakan ternak sapi (sumber: epochtimes.com)

Pakan sapi (sumber: epochtimes.com)

Pakan merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam budidaya ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, produksi, dan reproduksi. Pakan yang baik setidaknya mengandung nilai gizi yang lengkap dan seimbang serta menguntungkan secara ekonomi bagi peternak.[2] Dengan pengetahuan pakan yang tepat, peternak dapat fokus pada apa yang ingin ditingkatkan, ingin mempercepat pertumbuhan hewan, penggemukan, atau memaksimalkan dan menjaga kualitas hewan ternak tersebut.

Sebenarnya, sudah ada bahan alami yang dapat dijadikan pakan untuk ternak seperti kambing, sapi, atau domba. Pakan kasar misalnya, Anda dapat memberikan , baik itu rumput lapangan, rumput , rumput benggala, atau rumput tuton. Jenis pakan kasar lainnya adalah daun leguminosa dan sisa hasil panen seperti jerami, baik jerami padi, jerami kedelai, jerami jagung, maupun jerami kacang tanah.

Baca juga  Harga Cat No Drop Tinting (1 Kg, 4 Kg, 20 Kg) Terbaru

Manfaat Konsentrat

Namun, ketersediaan pakan hijauan yang berbasis pada rumput alami dipastikan tidak memberikan jaminan terhadap berlangsungnya proses fisiologis dan integritas jaringan tubuh ternak.[3] Karena itu, dalam jangka panjang, dibutuhkan suatu formulasi pakan konsentrat yang dapat memberikan kontribusi terhadap berlangsungnya proses fisiologis ternak.

Secara garis besar, konsentrat adalah pakan yang terdiri dari bahan pakan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein. Bahan pakan konsentrat ini umumnya meliputi bahan pakan yang berfungsi untuk meningkatkan dan memperkaya nilai nutrisi pada bahan pakan lain yang nilai nutrisinya rendah dan sebagai sumber energi untuk ternak.[4]

Dilansir dari situs resmi Provinsi Sumatera Barat, ada perbedaan fungsi konsentrat, yakni konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein. Konsentrat sumber energi adalah konsentrat yang memiliki kadar protein kurang dari 20 persen. Sebaliknya, konsentrat sumber protein adalah konsentrat yang memiliki kadar protein di atas 20 persen.

Pakan ternak konsentrat ini dapat berasal dari hewan, seperti tepung daging, tepung daging dan tulang, tepung darah, tepung , tepung cacing, hasil sampingan pengolahan ikan (tepung ikan), atau hasil sampingan pengolahan susu seperti lemak susu dan bubuk susu skim. Pakan konsentrat yang berasal dari hewan ditandai dengan protein kualitas tinggi yang jumlahnya relatif banyak, serta mineral yang cukup tinggi juga. Mengandung protein lebih dari 47 persen, mineral Ca lebih dari 1 persen, P lebih dari 1,5 persen, dan serat kasar kurang dari 2,5 persen.

Baca juga  Update Harga Besi WF (Wide Flange) Baru dan Bekas

Selain dari hewan, pakan konsentrat juga dapat berasal dari tumbuhan, termasuk hasil pertanian seperti kedelai, kacang hijau, jagung, dan yang lainnya.  Dapat juga berasal dari sisa industri pertanian seperti bungkil kelapa atau kelapa sawit, bungkil wijen, bungkil kedelai, biji palem, biji karet, ampas tahu, dedak sekam padi, dan yang lainnya. Pakan konsentrat yang berasal dari tumbuhan memiliki kandungan protein 47 persen, mineral Ca kurang dari 1 persen, P kurang dari 1,5 persen, dan serat kasar lebih dari 2,5 persen.

Pakan konsentrat ternak (sumber: agribisnis.co.id)

Pakan konsentrat ternak (sumber: agribisnis.co.id)

Nah, apabila Anda membutuhkan konsentrat, terutama untuk ternak seperti sapi, kambing, dan domba, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di sejumlah toko pakan ternak atau lewat beberapa situs jual online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kemasan. Sebagai referensi, berikut kisaran harga konsentrat sapi, kambing, dan domba di pasaran.

Harga Konsentrat

Kemasan KonsentratHarga
Mako B Konsentrat 1 kgRp3.300
Mako SP Konsentrat 1 kgRp4.000
Konsentrat 1 kgRp4.500 – Rp7.000
KAHAFEED Konsentrat 1 kgRp6.500
Nutri Bran Pollard 5 kgRp44.000
Susu A Konsentrat 1 kgRp51.000
Gemuk A Konsentrat 1 kgRp51.000
RUMIX Konsentrat 1 kgRp65.900
Konsentrat 5 kgRp96.500
Konsentrat 50 kgRp120.000
Konsentrat Super Feed 50 kgRp202.000
INDOFEED SP 25 Konsentrat 50 kgRp346.000 – Rp442.500
3 Daun Konsentrat 50 kgRp360.000
Super Feed F1 Konsentrat 520 kgRp1.560.000
Baca juga  Info Harga Pintu Kamar Mandi PVC dalam Berbagai Merk & Ukuran

Harga konsentrat untuk sapi, kambing, dan domba di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko pakan ternak dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga konsentrat tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

[1] Yanuar, Vita. 2017. Pengaruh Pemberian Jenis Pakan yang Berbeda terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochiomis niloticus) dan Kualitas Air di Akuarium Pemeliharaan. Ziraa’ah, Vol. 42(2): 91-99.

[2] Pratiwi, Olyvia Ika, Erwanto, Idalina Harris. 2014. Pengaruh Pemberian Konsentrat dan Zeolit Beramonium pada Ransum terhadap Pertambahan Bobot Tubuh Kambing Boerawa. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, Vol. 2(1): 5-11.

[3] Putra, S. 2006. Pengaruh Suplementasi Beberapa Sumber Mineral dalam Konsentrat terhadap Serapan, Retensi, Utilisasi Nitrogen, dan Protein Darah Kambing Peranakan Etawah yang Diberi Pakan Dasar Rumput. Majalah Ilmiah Peternakan, Vol. 9(3).

[4] Pratiwi, Olyvia Ika, Erwanto, Idalina Harris. Op cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Konsentrat Sapi, Kambing, dan Domba (Semua Kemasan)"