Info Terupdate Harga, Komposisi, & Manfaat Susu Evaporasi F&N

Anda yang banyak berkutat di dapur atau memiliki kecintaan terhadap dunia baking mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah susu evaporasi atau evaporated milk. Susu evaporasi adalah susu segar yang sebagian besar kandungan airnya atau sekitar 60% kadar airnya telah dihilangkan atau diuapkan, sehingga kandungan air dari susu segar tersebut tinggal sebagian saja.

Susu evaporasi (sumber: tasteofhome.com)

Susu evaporasi (sumber: tasteofhome.com)

Proses dihilangkannya kadar air pada susu segar tersebut diyakini membuat susu evaporasi lebih tahan lama untuk disimpan. Tingkat daya simpan susu evaporasi pun sangat tergantung dari itu sendiri. Beberapa ada yang mampu bertahan disimpan antara 1-2 tahun dalam kemasan kaleng. susu evaporasi sendiri ada 2, yakni sweetened condensed milk dan evaporated milk/unsweetened milk.

Adapun untuk sweetened condensed milk sangat mudah ditemui di dengan sebutan susu kental manis. Susu satu ini memiliki cita rasa manis karena mendapat tambahan gula. Sedangkan evaporated milk atau unsweetened milk sesuai namanya, cenderung hambar karena tidak dibubuhi gula di dalamnya.

Susu evaporasi memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi, sebagian kandungan lemaknya telah dikurangi, namun kandungan proteinnya tetap sama. Berbeda dari susu kental manis yang kandungan proteinnya sudah banyak berkurang. Sehingga bisa dibilang bahwa susu evaporasi memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada susu kental manis.

Kandungan protein dalam susu kental manis minimal 6,5% jika berdasarkan standar yang ditetapkan SNI. Akan tetapi kini kabarnya banyak beredar produk-produk mirip susu kental manis yang kandungan proteinnya lebih rendah, hanya sekitar 5%. Produk tersebut biasanya sejenis krimer kental manis yang dijual dengan lebih murah dibandingkan susu kental manis. Kandungan susu evaporasi tiap 100 ml meliputi 74 gram air, 134 kalori, 6,8 gram protein, 7,5 gram , dan 10 gram karbohidrat.

Pada pembuatan susu evaporasi, proses pemanasan dengan suhu tinggi telah membunuh semua mikroorganisme untuk membuat susu lebih awet. Proses itu pula yang menyebabkan susu evaporasi mengalami perubahan warna dan rasa. Selama proses penyimpanan terkadang warna susu evaporasi pun dikabarkan akan semakin tua dan semakin kental. Tetapi Anda tak perlu khawatir, selama rasa dan aromanya tidak membusuk atau berbusa, maka produk susu evaporasi tersebut bisa dianggap layak dikonsumsi.

Proses pemanasan susu (sumber: mybluprint.com)

Proses pemanasan susu (sumber: mybluprint.com)

Manfaat dari susu evaporasi pun ada banyak. Sebagian orang biasanya menggunakan susu evaporasi sebagai campuran seperti kopi atau bahkan membuat Thai Tea yang saat ini sedang nge-hits. Ada pula yang menggunakan susu evaporasi untuk membuat kue atau cake yang berbahan dasar susu atau bertekstur creamy dan lembut seperti puding, custard, pie susu, hingga egg tart. Dalam dunia baking, susu evaporasi juga berguna untuk mengilatkan permukaan roti.

Menariknya, susu evaporasi dapat langsung dicampurkan dalam adonan kue atau dicairkan terlebih dahulu. Jika dicairkan dengan air, susu evaporasi bisa berperan sebagai pengganti susu cair. Tentunya lebih hemat dan mudah dicari bukan?

Merek susu evaporasi yang beredar di pasaran pun ada bermacam-macam, baik merk lokal maupun merk luar negeri. Jika membutuhkan susu evaporasi sweetened atau susu kental manis, Anda dapat menemukan merek seperti Frisian Flag, Indomilk, Carnation, Omela, Cap Enaak, dan sebagainya. Sementara itu untuk susu evaporasi unsweetened, ada merek Marigold, F&N, dan juga Carnation.

Susu evaporasi F&N adalah produk asal Malaysia yang cukup populer di Indonesia. Produk ini diformulasi secara khusus untuk semua minuman, masakan yang lezat dan keperluan membuat makanan pencuci mulut dan merupakan pilihan yang lebih enak serta disukai keluarga.

Untuk kopi, teh, atau susu coklat, susu evaporasi F&N disarankan untuk digunakan secara utuh. Sedangkan untuk memasak atau diminum, maka Anda disarankan menggunakan 1,5 bagian air untuk 1 bagian susu. Sebelum penggunaan susu evaporasi F&N pun Anda dianjurkan untuk mengocok dahulu kemasan, baru kemudian boleh dibuka.

Susu Evaporasi F&N

Air, padatan susu, minyak nabati, penstabil karagen, pengemulsi lesitin kedelai.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Susu Formula Harga Termahal

Harga Susu Evaporasi F&N

Susu Evaporasi F&N (sumber: Tokopedia)

Susu Evaporasi F&N (sumber: Tokopedia)

Rata-rata produk F&N Evaporated Milk yang beredar di Indonesia biasanya impor dari Malaysia, terutama yang dijual di situs-situs jual beli online. Harga susu evaporasi F&N bervariasi, untuk kemasan kaleng isi 380 gram harga ecerannya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp96 ribuan. Tersedia pula susu evaporated milk F&N kemasan 1 dus isi 48 kaleng @380 gr yang dijual sekitar Rp 580 ribuan hingga Rp595 ribuan per kardus.

Produk susu evaporasi F&N bisa dibeli di supermarket yang menjual produk-produk impor, toko bahan kue, atau jika Anda kesulitan menemukannya di toko-toko terdekat, Anda juga bisa membeli susu evaporasi F&N secara online di sejumlah situs e-commerce.

Cara Penyimpanan Susu Evaporasi

Meskipun diklaim sebagai produk susu yang awet disimpan cukup lama, penyimpanan susu evaporasi tetap harus dilakukan secara cermat. Jika dalam kondisi kaleng tertutup dan belum dibuka segelnya, susu evaporasi bisa Anda simpan dalam suhu ruang yang gelap dan teduh sampai setahun lamanya. Lalu bagaimana jika susu evaporasi sudah dalam kondisi terbuka dan pernah digunakan?

Untuk susu evaporasi yang kemasannya telah dibuka, Anda bisa menyimpannya di kulkas atau freezer. Susu evaporasi biasanya bisa tahan disimpan dalam kulkas dengan suhu antara 10-15 derajat celsius. Agar tidak membusuk atau ditumbuhi jamur, pastikan untuk memindahkan susu evaporasi ke dalam wadah kedap udara dan kering sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, lalu gunakan susu tersebut sebelum 1-2 minggu.

Tetapi jika Anda tidak berencana untuk menggunakannya dalam waktu dekat, maka sebaiknya simpan susu evaporasi dalam freezer. Jika disimpan dalam freezer, susu evaporasi setidaknya dapat bertahan sekitar 6-8 minggu. Untuk menggunakannya, Anda bisa melakukan proses thawing, yakni memasukkannya dalam kulkas selama 24 jam, baru kemudian siap untuk dipakai.

Selain itu, Anda dapat membuatnya sendiri mulai dari memanaskan dua cangkir (sekitar 500 ml) susu cair dalam panci, di atas api sedang. Susu cair tersebut dibiarkan mendidih sambil terus diaduk. Setelah 10 menit, atau setelah volume susu berkurang setengahnya, matikan kompor. Jika Anda menggunakan untuk membuat susu evaporasi, Anda hanya perlu mencampurkan dengan air hingga mengental, seperti tekstur susu evaporasi pada umumnya. Campuran ini dapat digunakan pula dalam memasak.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru, Daftar Harga Susu Real Good di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terupdate Harga, Komposisi, & Manfaat Susu Evaporasi F&N"