Harga Koin Karambol (Semua Merk)

No comment399 views

Karambol merupakan salah satu permainan tradisional dan termasuk salah satu permainan strategi yang terdiri dari papan dan koin atau biji karambol.[1] Selain dijual dalam set, biasanya papan dan koin karambol dijual secara terpisah. Harga koin karambol juga terbilang relatif terjangkau, sehingga siapa pun bisa membelinya.

Karambol (sumber: thebridge.in)

Karambol (sumber: thebridge.in)

Jenis Koin Karambol

Berbeda dengan permainan tradisional lain seperti petak umpet, sepak takraw, dan engklek, konon karambol lebih disukai para remaja dibandingkan anak-anak. Game strategi ini sebenarnya agak mirip dengan snooker dan biliar, karena membutuhkan papan atau meja dengan media peralatan yang harus digerakkan.

Permainan ini dimainkan dengan cara mendorong cakram menggunakan jari-jari supaya masuk ke salah satu kantong di sudut papan permainan, yang biasanya terbuat dari kayu atau mika. Sebagian besar karambol dimainkan hanya dengan tangan tanpa peralatan khusus. Untuk jenis cakram, yang dipakai adalah koin atau tutup botol .

Jika dulu koin karambol bisa didapatkan dengan cara ekonomis, seperti memungut tutup botol plastik atau kaca, saat ini sudah tersedia koin khusus karambol yang terbuat dari mika. Dibandingkan menggunakan koin yang terbuat dari tutup botol, koin karambol mika mudah digerakkan dan cukup ringan, sehingga tidak menimbulkan rasa di ujung jari telunjuk dan ibu jari.

Baca juga  Terbaru, Harga Gitar Taylor Original (Asli) Lengkap

Beberapa jenis koin juga didesain dengan memperhatikan daya lekat dan kecepatan meluncur pada papan. Koin dengan permukaan dan ujung tipis biasanya memiliki daya luncur yang baik dan dapat melaju dengan cepat, sehingga Anda tidak memerlukan banyak tenaga saat menggerakkan supaya masuk ke dalam kantong karambol.

Koin dengan permukaan yang kasar atau jenis koin berukir dengan ujung agak tumpul, biasanya memiliki daya luncur kurang baik. Untuk memainkan koin seperti ini, Anda harus mengumpulkan banyak tenaga di bagian ujung jari telunjuk dan ibu jari. Untungnya, koin seperti ini sudah jarang ditemui, sehingga Anda bisa bermain karambol dengan mudah.

Selain perlu memperhatikan jenis koin yang Anda pakai, Anda juga harus mengerti ketentuan bermain karambol. Berikut ini adalah aturan serta cara bermain karambol yang bisa Anda praktikkan saat bermain.

Permainan karambol (sumber: wikipedia)

Permainan karambol (sumber: wikipedia)

Aturan Bermain Karambol

  • Ada beberapa pilihan warna koin yang harus Anda pilih untuk menyelesaikan permainan karambol. Sebagai contoh, jika Anda memilih koin berwarna hitam, maka dari awal hingga akhir permainan, Anda harus bisa memasukkan koin hitam ke dalam kantong.
  • Koin berwarna pilihan harus bisa dimasukkan ke dalam kantong hingga jumlahnya habis dan tidak boleh memasukkan koin berwarna lain ke dalam lubang papan karambol. Jika semua koin berwarna pilihan sudah tak tersisa, pemain harus memasukkan koin raja untuk mengakhiri permainan.
  • Jika player secara tidak sengaja memasukkan koin raja terlebih dahulu sebelum koin warna pilihannya habis, pemain dianggap kalah dan tidak bisa ikut menyelesaikan permainan. Dalam hal ini, koin raja yang sudah terlanjur dimasukkan ke dalam lubang papan permainan boleh dikembalikan ke tempat asal atau permainan diakhiri dan memulai babak baru.
  • Saat melakukan tembakan koin ke dalam kantong papan karambol, koin tidak boleh melewati garis batas yang sudah ditentukan. Player dapat menembakkan koin secara langsung pada sasaran atau dipantulkan terlebih dahulu.
Baca juga  Update Harga Burung Perkutut Bangkok (Gacor, Ring, Anakan, Sepasang)

Bagi Anda yang tertarik untuk bermain karambol, tetapi belum memiliki koin, Anda bisa membelinya di toko olahraga atau toko permainan terdekat. Selain itu, Anda bisa membelinya di situs jual beli online dan berikut referensi harganya.

Harga Koin Karambol

Koin karambol (sumber: olx.co.id)

Koin karambol (sumber: olx.co.id)

Merk/Varian Koin KarambolHarga
Super Karambol isi 20 koinRp12.000
The Best Karambol isi 20 koinRp10.000
Panasonic Koin isi 20 koinRp10.000
Pepsi Super Karambol isi 20 koinRp10.000
Audi The Best Karambol isi 20 koinRp10.000
Lucky Strike Super Karambol isi 20 koinRp10.000
Pro Start The Best Karambol isi 20 koinRp10.000
Karambol Master King isi 20 koinRp11.000
Super Karambol isi 20 koinRp27.500
BMW The Best Karambol isi 20 koinRp22.000
Leopard Karambol isi 20 koinRp15.000
Mikasa Karambol isi 20 koinRp9.500
Bintang The Best Karambol isi 20 koinRp9.500
K Karambol isi 20 koinRp9.500
Jaguar Karambol isi 20 koinRp10.000
Marlboro The Best Karambol isi 20 koinRp17.000
CocaCola The Best Karambol isi 20 koinRp17.000
Toyota The Best Karambol isi 20 koinRp17.000
Baca juga  Harga Teacup Pomeranian Jantan dan Betina

Harga koin karambol di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga koin karambol tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Asisningtyas, Yunita. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Karambol terhadap Hasil Belajar Materi Gaya Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD Negeri Surabaya, Vol. 5(3): 1386-1395.

author

Leave a reply "Harga Koin Karambol (Semua Merk)"