Info Terkini Harga Klep Honda Sonic Merk NPP 1 Set

No comment2754 views

Jika Anda sering membongkar-pasang sepeda motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan klep. Ini adalah komponen yang meski kecil, namun punya fungsi besar, yakni membuat tarikan gas motor tetap dalam kondisi prima dan stabil seperti baru. Jika klep tersebut mengalami kerusakan, salah satu cara mengatasinya adalah membeli yang baru. Untungnya, tidak sulit mendapatkan klep, karena sudah tersedia bebas di pasaran, seperti klep NPP untuk Honda Sonic yang dijual dengan harga terjangkau.

Klep motor (youtube: saudara motor)

Klep motor (youtube: saudara motor)

dan Fungsi Klep Motor

Klep sendiri sering juga disebut dengan valve motor atau katup. Ini adalah komponen yang berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin sepeda motor. Meski kecil, tugas klep sangat berat dan vital, karena apabila ada kebocoran atau gangguan sedikit saja, maka akan mengakibatkan power mesin menjadi menurun.

Dilansir dari Gridoto.com, klep merupakan alat atau bagian dari komponen mesin sepeda motor yang memiliki sifat dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder. Klep ini umumnya terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas. Kekuatan ini diperlukan karena klep harus tahan panas dan gesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun.

Seperti disinggung di atas, jika ada kebocoran atan ketidaksesuaian jarak renggang klep, dapat mengakibatkan power sepeda motor menjadi tidak maksimal. Atur jarak klep ini juga berfungsi untuk penghematan bahan bakar motor. Jika setelan klep terlalu rapat, maka dampaknya akan membuat mesin lebih cepat panas, konsumsi bahan bakar lebih boros, dan tenaga menjadi berkurang. Sebaliknya, apabila terlalu renggang, bisa menyebabkan suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah, dan gas buang tidak bersih.

Karena itu, klep atau katup yang kurang sesuai ini memang perlu disetel ulang. Tujuan penyetelan katup adalah:

  • Untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara ke dalam silinder untuk dikompresikan untuk pembakaran sehingga memperoleh power yang diharapkan.
  • Untuk menjamin efisiensi pembuangan gas sisa pembakaran untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifold.
  • Untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder mendekati sama.
Ilustrasi: Klep Mesin Motor (credit: Medcom)

Ilustrasi: Klep Mesin Motor (credit: Medcom)

Cara Menyetel Klep Motor Baru

  • Pertama, silakan buka tutup klep motor tersebut pada bagian atas dan bawah.
  • Kemudian, buka juga tutup yang ada di bagian bak magnet yang biasanya terletak pada bagian tengah bak dan di bagian atasnya.
  • Setelah Anda berhasil membukanya, posisikan piston pada titik TMA (Titik Mati Atas) dan noken as berada pada posisi netral dengan cara memutar magnet secara berlawanan arah jarum jam sambil Anda mengamati atau melihat silinder atas atau piano klep harus pada posisi menekan tiang payung klep. Pada tahapan ini, usahakan piano klep menekan tiang klep pada bagian api terlebih dahulu. Kemudian, putar kembali magnet sampai Anda mendapatkan posisi piano klep menekan tiang payung klep atas, yakni klep , dan kemudian lihatlah posisi tanda TOP yang berada pada magnet yang biasanya di tandai dengan huruf “T”.
  • Selanjutnya, apabila Anda telah menyetel posisi piston pada titik TMA, coba goyangkan klep ke arah kiri kanan dan atas bawah. Jika dirasa ada jarak yang terlalu longgar, silakan Anda kencangkan atau kendorkan baut setelan klep dan juga memutar baut setelan klep untuk mengatur posisi jarak klep.
  • Jika Anda memiliki alat ukur yang bernama “Fuller”, sebaiknya gunakan dengan baik dengan standar untuk motor bebek adalah 0,03 mm sampai dengan 0,05 mm. Sementara, untuk motor sport adalah 0,07 mm sampai dengan 0,10 mm, sedangkan khusus untuk motor Suzuki Satria FU (Satria F150), biasanya memiliki ukuran 0,10 mm sampai dengan 0,15 mm.

Setelah Anda mengetahui cara menyetel klep motor yang baru pemakaiannya, Anda juga sebaiknya mengetahui langkah demi langkah menyetel klep motor yang sudah lama pemakaiannya atau minimal 3 tahun pemakaian. Bila pada motor baru mengharuskan kita untuk memposisikan piston pada posisi titik TMA, pada cara kedua ini kita tidak diharuskan untuk menyetel pada posisi TOP karena hasilnya tidak akan sempurna.

Karena, kemungkinan besar beberapa komponen yang ada, seperti noken as dan piano klep, sudah aus dalam pemakaian selama 3 tahun atau lebih. Karena itu, tidak layak apabila kita menyetel klep dalam posisi TOP. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menyetel klep motor tanpa berada di posisi TOP untuk motor yang sudah lama penggunaannya.

Ilustrasi: Harga Klep Motor (credit: Gridoto)

Ilustrasi: Harga Klep Motor (credit: Gridoto)

Tips Setel Klep Motor Lama

  • Sama seperti langkah pertama di atas, pastikan Anda membuka tutup klep pada motor.
  • Setelah terbuka, silakan putar magnet dengan berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep tersebut untuk menekan salah satu tiang payung klep.
  • Jika saat memutar magnet ternyata klep api dalam posisi terbuka, maka stel klep minyaknya. Sementara, jika saat memutar magnet ternyata piano klep dalam posisi menekan tiang klep bagian klep minyak yang mengarah ke karburator, maka yang disetel adalah klep api dan sesuaikan jarak kerenggangan supaya mesin motor gampang hidup atau pastikan jangan terlalu kencang.
  • Silakan lihat hasilnya, tentu Anda akan memperoleh sebuah suara yang halus sekaligus membuat suara “tik-tik-tik” pada mesin motor saat dinyalakan hilang.

Harga Klep Sonic NPP

Tidak sulit mendapatkan klep atau valve, karena komponen ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai bengkel umum atau situs beli online. Jika kebetulan sepeda motor Anda adalah Sonic 150R keluaran Honda, harga satu set klep merk NPP untuk kuda besi tersebut sekarang berada di kisaran Rp80 ribu sampai Rp154 ribu, yang diklaim punya kualitas premium. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, produk ini dijual Rp60 ribu hingga Rp75 ribuan.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terkini Harga Bosh Arm Yamaha Vixion (Original, Lokal, Set)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Harga Klep Honda Sonic Merk NPP 1 Set"