Harga Kipas Angin Cosmos dengan Remote Control

No comment900 views

Remote merupakan salah satu yang secara umum digunakan untuk mengendalikan perlengkapan dari jarak jauh. Tidak hanya dipakai untuk televisi maupun DVD player, remote control saat ini juga digunakan untuk mengoperasikan elektrik lainnya, termasuk kipas angin. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merek kipas angin yang menggunakan remote control, salah satunya Cosmos, yang dijual di kisaran ratusan ribu rupiah.

Sekilas Tentang Kipas Angin

Dilansir dari Wikipedia, kipas angin, seperti namanya, adalah yang dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan atau blower), dan sebagai pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Di samping itu, kipas angin juga bisa ditemukan di penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.

Kipas Angin - republika.co.id

Kipas Angin - republika.co.id

Kipas angin sendiri telah ditemukan beribu tahun silam dan telah digunakan oleh beberapa negara di dunia seperti bangsa Mesir, Yunani, Roma, dan China. Pada masa itu, kipas angin memiliki berbagai macam dan fungsi. Kipas angin pertama ditemukan sekitar 4.000 tahun silam pada sebuah makam raja di Mesir, yaitu Raja Tutankhamen, yang digali pada tahun 1922.

Fungsi kipas angin yang ditemukan di Mesir pada masa itu sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah kipas angin merupakan benda yang sakral. Kipas angin juga merupakan lambang kekuatan raja. Ada dua buah kipas angin yang ditemukan di makam raja. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga.

Perkembangan kipas angin juga terdapat di Eropa. Negara pertama di Eropa yang memproduksi kipas angin adalah Italia. Italia memproduksi kipas angin pada tahun 1500. Pada masa itu, kipas angin merupakan sebuah komoditi perdagangan yang eksotik dan sangat stylish. Kipas angin sendiri dipandang sebagai simbol kemakmuran dan kelas sosial seseorang.

Perkembangan kipas angin sebagai komoditas fashion sangat populer pada abad ke-16 sampai abad ke-18. Lalu, terjadi pergeseran fungsi kipas angin pada awal abad ke-20. Pada masa itu, kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah fashion, namun menjadi alat periklanan. Sementara, di Spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena negara itu memiliki iklim yang panas.

Kipas Angin - dawaihati.com

Kipas Angin - dawaihati.com

Kipas angin pertama ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apa pun dan digerakkan dengan tenaga motor . Perkembangan kipas angin lebih lanjut dikembangkan oleh Philip H. Diehl yang dipatenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah, lalu menambahkan sendi split-ball pada tahun 1904.

Memiliki bentuk yang nyaris mirip, kipas angin ternyata dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis kipas angin yang umum digunakan di masyarakat.

  • Kipas angin meja, berukuran kurang dari 145 inci, sehingga cocok diletakkan di atas meja. Kipas angin jenis ini tidak memiliki embusan angin yang terlalu kencang. Biasanya, kipas angin meja memiliki leher pendek kurang lebih 50 cm, dengan kaki penopang yang cukup lebar di bagian bawah.
  • Kipas angin duduk, terdiri dari dua macam, yaitu terbungkus bahan plastik keras dan terbungkus kawat kerangkeng. Model fisik kipas angin terbungkus kawat biasanya dilengkapi dengan kisi-kisi kecil yang dapat berputar 360 derajat atau berpaling ke samping kiri dan kanan di bagian depan kipas. Bentangan diameter daun kipas angin duduk biasanya berkisar antara 14 hingga 20 inci.
  • Kipas angin berdiri, mirip dengan kipas angin duduk terbungkus kawat kerangkeng, namun dilengkapi dengan tangkai leher yang panjangnya kurang dari 1 meter. Ketinggian tangkai leher biasanya bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kepala kipas angin juga bisa diatur agar bergerak ke samping kiri dan kanan sehingga embusan angin dapat menjangkau area dengan luas.
  • Kipas angin dinding, biasa dikenal dengan nama exhaust fan, berbentuk segi empat yang diletakkan secara permanen menyatu dengan dinding atau di bawah langit-langit rumah. Umumnya, kipas angin ini dapat mengembuskan angin ke dalam dan ke luar rumah, serta sering diletakkan di dapur dan kamar mandi.
  • Kipas angin langit-langit, biasa disebut dengan ceiling fan, yaitu kipas angin yang digantung secara permanen di langit-langit rumah. Tidak dilengkapi dengan box atau rumah kipas, daun kipasnya berputar tanpa pelindung apa pun. Karena posisinya berada di bagian atas rumah, maka embusan anginnya mengalir ke bagian bawah.

Sekilas Tentang Kipas Angin Remote

Seperti namanya, kipas angin remote adalah kipas angin yang dapat dikendalikan secara jarak jauh melalui alat yang disebut remote control. Konsumen bisa mematikan, menyalakan, sekaligus mengatur kecepatan putaran kipas angin hanya dengan memencet tombol-tombol yang ada di remote control, yang umumnya disertakan satu paket.

Harga Kipas Angin Remote Cosmos

Saat ini, tidak sulit menemukan kipas angin yang telah dilengkapi dengan remote control, salah satunya merek Cosmos. Setidaknya, ada dua kipas angin keluaran Cosmos yang telah didukung dengan remote control. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga kipas angin remote dari Cosmos, beserta dengan umumnya.

Tipe Kipas Angin CosmosKisaran Harga (Rp)Spesifikasi Umum
Cosmos 16-WFCR Wall Fan Remote299.000 – 498.000 46 Watt, tegangan 220 Volt, material plastik, Fan Blade, 3 speed control & stop, full oscillation, rotary model switch, remote control
Cosmos Wadesta 16-SO88R Stand Fan385.000 – 435.0003-in-1, daya 46 Watt, tegangan 220 Volt, 3 speed control & stop, dimensi 56 x 25 x 47 cm, ukuran 16 inch, berat 10,9 kg, material plastik

Daftar harga kipas angin remote Cosmos di atas kami rangkum dari berbagai sumber, dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda menginginkan informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke toko elektronik di dekat domisili Anda atau mengunjungi beberapa situs jual beli online.

Baca juga  Info Terbaru, Harga Headset Bluetooth Asus di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kipas Angin Cosmos dengan Remote Control"