Update Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR S970 (Baru & Bekas)

Selain sepeda motor, Yamaha juga dikenal sebagai salah satu produsen . Ada beragam instrumen musik yang telah dirilis pabrikan ini, termasuk keyboard. Keyboard buatan Yamaha pun muncul dalam beragam tipe. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan paket komplet, model Yamaha PSR S970 dengan sekitar Rp14 jutaan mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.

Sebelum membahas mengenai Yamaha PSR S70, kita kulik sedikit mengenai instrumen keyboard. Sejarah keyboard bisa ditarik mundur ke abad ke-14, ketika susunan deret kunci yang chromatic (mencakup 12 nada) muncul di Eropa. Di awal kehadirannya, bilah-bilahnya masih dalam ukuran yang sangat lebar, sehingga tidak banyak nada harmoni yang bisa dihasilkan.

Harga, keyboard, Yamaha, PSR, S-950, S-970, seri, tipe, fitur, keunggulan, arranger, synthesizer, di, pasaran, musik, Indonesia, second, bekas, dangdut, koplo, genre, DJ, efek, voice, style, amplifier,

Beraneka produk musik keyboard

Lalu, di abad ke-20, keyboard elektronik pertama kali muncul. Keyboard jenis ini pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat pada tahun 1935. Sejak saat itu, mulai berkembang instrumen yang sekarang ini bisa disebut sebagai “rajanya musik”. Suara orkes simfoni pun, dengan puluhan instrumen, bisa dihasilkan oleh satu buah keyboard saja.

Pada tahun 1962, seorang insinyur Italia bernama Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian, di AS muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog. Alat Donald Buchla tidak menggunakan keyboard sebagai perangkat untuk memainkannya, melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan.

Sementara, Robert Moog membuat alat yang menggunakan keyboard sebagai perangkat pengolahan. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelankan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Ciptaan Robert Moog ini lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara baru.

Meski demikian, baru di tahun 1980, synthesizer dapat mengeluarkan suara yang harmonis. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang meluncur tahun 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan frequency modulation synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California.

Spesifikasi Yamaha PSR S970

PSR Series menjadi favorit konsumen di Indonesia, karena bisa digunakan kalangan amatir maupun profesional. Keyboard Yamaha seri PSR ini disebut-sebut meraih pangsa pasar 60 persen di pasar keyboard di Indonesia. Pihak Yamaha bahkan menegaskan pasar Indonesia merupakan nomor satu di Yamaha Music Global, khususnya untuk penjualan seri PSR ini.

Harga, keyboard, Yamaha, PSR, S-950, S-970, seri, tipe, fitur, keunggulan, arranger, synthesizer, di, pasaran, musik, Indonesia, second, bekas, dangdut, koplo, genre, DJ, efek, voice, style, amplifier,

Yamaha PSR S970 (sumber: gumtree.com)

Karena itu, pengembangan produk pun berlanjut dengan dikeluarkannya PSR Seri S970. Yamaha PSR S970 merupakan tipe tertinggi di antara lini keyboard arranger seri PSR yang tidak hanya menggabungkan -fitur dari tipe-tipe pendahulunya, namun mengembangkannya lebih jauh. Dilengkapi dengan real effect, koneksi display ke eksternal, dan vocal harmony yang dapat diatur, Yamaha PSR S970 menciptakan standar lebih tinggi dalam produksi suara yang alami dan juga otentik.

PSR S970 menggabungkan semua fungsi dari model-model lainnya, salah satu contoh fitur efek serbaguna diwarisi dari seri Tyros. Tipe ini memiliki output ke sound sistem agak tebal bila dibandingkan dengan PSR S950. Apalagi sampling internal  PSR S970 sebesar 512Mb, sehingga lebih leluasa untuk mengganti instrumen yang tidak masuk kriteria. Karena, selera keyboardist berbeda-beda, ada yang menyukai suara low, middle, dan high.

Jika dibandingkan dengan PSR S950, yang merupakan versi terdahulunya, layar Yamaha PSR S970 sudah menggunakan widescreen, selain lebih besar, pixel yang ditawarkan  juga lebih banyak sehingga tampilan menjadi lebih tajam. Sementara, koneksi video output menggunakan VGA output seperti pada PC ataupun laptop.

Untuk voice guitar, PSR S970 memiliki peningkatan drastis dari segi realitas suara dan tentunya amplifier simulator yang dibanggakan oleh Yamaha dan menjadi fitur utama pada PSR S970 ini. Amplifier simulator ini sudah mencakup sound-sound dari amplify ternama seperti Roland Jazz Chorus, Marshall JCM, Fender Twin Reverb, Roland Jazz Chorus, Orange, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang bermain gitar, saat memainkan keyboard ini dengan teknik yang tepat, akan tidak ada bedanya seperti bermain gitar sungguhan.

Speaker built in lebih besar dengan output yang lebih besar juga, sehingga suara lebih keras. Namun hal ini tidak signifikan, mengingat pada umumnya keyboard ini dimainkan dengan output eksternal seperti amplifier atau speaker monitor. Pada PSR S970 ini, ada fitur baru yaitu DJ Style dan DJ Control. Anda dapat menggunakan keyboard ini sebagai mesin DJ, yang pada umumnya untuk genre DJ ini masih dikuasai oleh jenis keyboard Synthesizer.

Style dan voice juga lebih banyak dibandingkan dengan seri sebelumnya. Ada perbedaan sekitar 22 style baru dan international style yang lebih banyak. Bagi pemain keyboard Indonesia sendiri, pada umumnya masih lebih mengandalkan style eksternal USB untuk sejumlah genre, seperti dangdut koplo, ataupun campursari dan sebagainya. Namun, tambahan style internal Yamaha tersebut tentu akan membuat menjadi lebih variatif.

Model ini memiliki 989 Voices, including Super Articulation Voices, Flutes Voices, 41 Drum/SFX kits, and 480 XG voices. Untuk style, PSR S970 ini memiliki 450 styles, sudah termasuk all-new DJ styles dan 40 styles. Alat ini pun memiliki 2 live controller button, yang mana merupakan tombol baru yang terletak di dekat modulation controller. Cukup berguna untuk DJ Effect dan mengubah sound pada saat memainkan style.

Harga, keyboard, Yamaha, PSR, S-950, S-970, seri, tipe, fitur, keunggulan, arranger, synthesizer, di, pasaran, musik, Indonesia, second, bekas, dangdut, koplo, genre, DJ, efek, voice, style, amplifier,

Bermain keyboard Yamaha PSR S970 (sumber: Sweetwater.com)

Harga Yamaha PSR S970

Jika Anda tertarik memiliki keyboard Yamaha PSR S970, tidak sulit menemukan instrumen musik ini. Anda bisa membelinya di berbagai alat musik maupun situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, harga Yamaha PSR S970 baru sekarang berada di kisaran Rp14 juta hingga Rp15 jutaan, sedangkan banderol produk bekasnya berkisar Rp10 juta hingga Rp12 jutaan.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Masuk Small World Purwokerto, Miniatur Dunia di Jateng
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR S970 (Baru & Bekas)"