Info Harga Ketumbar 1 Kg Kering dan Bubuk

Ketumbar termasuk rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak dalam berbagai masakan khas Indonesia. Ketumbar dapat memberikan aroma sekaligus cita rasa yang unik pada suatu hidangan. Biasanya, ketumbar dijual dalam wujud kering dan bubuk, mulai dari kemasan sachet kecil hingga dalam kuantitas 1 kg. ketumbar di pasaran dibanderol variatif.

Ketumbar kering (sumber: worldspice.com)
Ketumbar kering (sumber: worldspice.com)

Ketumbar (Coriandrum sativum) berasal dari Eropa selatan dan kawasan Laut Kaspia, namun bisa tumbuh subur di tanah Indonesia, baik di dataran rendah maupun tinggi. Bijinya berupa butiran-butiran kecil mirip lada, tapi ukurannya lebih kecil, beraroma menyengat yang khas. Biji ketumbar sering digunakan sebagai bumbu masakan, sedangkan daunnya untuk campuran sup atau salad.

Bacaan Lainnya

Ketumbar memiliki sifat diuretik, antiinflamasi, antioksidan, antijamur. Maka bisa digunakan untuk mengatasi influenza, sakit kepala, sariawan, radang hati, haid tidak teratur, sampai tekanan darah tinggi. Untuk kecantikan, minyak ketumbar digunakan sebagai bahan untuk pewangi.[1]

Baca juga  Keunggulan dan Info Terbaru Harga Kayu Waru

Ketumbar (Coriandrumsativum L.) merupakan tanaman herba yang dikategorikan ke dalam tanaman rempah-rempah. Umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Bagian yang paling sering digunakan adalah daun dan bijinya. Penambahan daun ketumbar pada masakan bertujuan untuk menambah aroma masakan. Ketumbar memiliki vitamin C, kalium, seng, tembaga, dan selenium.

Selain sebagai bumbu masakan tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai antimikroba, antifungi, dan antioksidan. Tanaman ketumbar memiliki essential oil (Eo) yang berupa senyawa aliphatical dehyde, seperti deconal, decanal, cyclic, dan hydrocarbons. Senyawa tersebutlah yang memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antioksidan.[2]

Morfologi Tanaman Ketumbar

Tanaman ketumbar memiliki daun herbal kecil yang memiliki banyak cabang dan sub unit. Daun barunya berbentuk oval dan daun yang lainnya memanjang. Bunga berwarna putih, memiliki buah yang bergerombol dan berbentuk bulat. Buah berbentuk mericarps biasanya disatukan oleh margin yang membentuk sebuah cremocarp dengan sekitar 2 – 4 mm, warna kecoklatan, kuning atau coklat, gundul, terkadang dimahkotai oleh sisa-sisa sepals, memiliki bau aromatik. Ketumbar memiliki rasa yang berkarakteristik dan pedas.[3]

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Asam Sitrat di Pasaran

Kimia Ketumbar

Ketumbar mengandung komponen aktif yaitu vitamin, rasa, peptida, mineral, asam lemak, polyunsaturated fatty acids, antioksidan, enzim dan sel hidup. kimia terbesar dari Ketumbar yaitu 1,8% minyak atsiri. Penyulingan minyak mengandung 65-70% dari linalool (coriandrol), yang tergantung pada sumbernya.

Kandungan lainnya yaitu Monoterpene hidrokarbon α-pinene, β-pinene, limonene, γ-terpinene, ρ-lymene, borneol, citron wllol, Xmphoe, Geraniol dan Geranylacetate; Hetero-cyclic compounds –pyrazine, pyridine, thiazole, furan, tetrahydrofuran derivatives; Isocoumacin (coriandrin), dihyrocoriandrin, coriandrones A-E, glazonoids; Phthalides-neochidilide, Z-digustilide; Phenolic acids, sterols, dan flavonoid.[4]

Ketumbar kering & bubuk (sumber: simplyrecipes.com)
Ketumbar kering & bubuk (sumber: simplyrecipes.com)

Sebagai informasi, berikut daftar ketumbar 1 kg kering dan bubuk di pasaran saat ini.

Ketumbar 1 Kg Kering dan Bubuk

Jenis & Kuantitas Ketumbar Harga (Rp)
Ketumbar hitam butir 1 kg 27.500
Ketumbar hitam butir organik 1kg 30.000
Ketumbar bubuk 1 kg 30.000
Ketumbar putih 1 kg 26.000
Ketumbar 1kg Yutakachi 31.500
Ketumbar bubuk 1 kg KoepoeKoepoe 78.450
Ketumbar bubuk sangrai murni 1 kg 34.499
Biji Ketumbar kering 1kg 27.000

Informasi ketumbar 1 kg kering dan bubuk di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga ketumbar 1kg kering dan bubuk dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga ketumbar 1 kg kering dan bubuk yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Baca juga  Harga Pupuk KNO3 Merah dan Putih (Semua Kemasan)

Apabila Anda sedang mencari ketumbar 1 kg kering dan bubuk, Anda bisa membelinya lewat sejumlah pasar tradisional, toko sembako, atau bahkan di supermarket terdekat. Selain berbelanja secara offline, Anda juga bisa membeli ketumbar 1 kg kering dan bubuk secara online melalui berbagai marketplace favorit.

[1] Wahyu, A & Gagas U. 2014. 493 Resep Ramuan Herbal Berkhasiat untuk Cantik Alami Luar Dalam. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 13.

[2]Pahrurrozi, dkk. 2021. Penggunaan Daun Ketumbar(Coriandrum sativum L.)sebagaiPenjernih di Desa MekaPraya Tengah. RengganisJurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1): 14-18.

[3] Rahman, CP. 2017. Pengaruh Pemberian Minyak Atsiri Biji Ketumbar (Coriandum sativum) Terhadap Pertumbuhan Candida albicans (Penelitian Secara In Vitro) [Skripsi]. Malang (ID): Universitas Muhammadiyah Malang.

[4] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.