Cara Mengolah dan Update Harga Kerang Dara

Kerang dara atau yang dikenal dengan kerang darah (Anadara granosa) merupakan jenis makanan laut yang sangat enak, sehingga banyak digemari, terutama oleh masyarakat perkotaan. Kerang dara dapat Anda jumpai dengan mudah di pelelangan ikan dengan harga yang memang cukup lumayan.

Kerang dara (flickr: @xoclate)
Kerang dara (flickr: @xoclate)

Bentuk kerang darah bulat kipas dan sedikit lonjong. Sementara itu, warna dasar kerang dara adalah putih dan dagingnya berwarna merah.[1] Seperti kepiting, jenis-jenis kerang tersebut cukup lama bertahan hidup di udara terbuka sehingga banyak dijual dalam keadaan di dalam cangkangnya. Biasanya kerang hijau, kerang tahu, dan kerang dara dijual dalam keadaan sudah direbus serta terkelupas sehingga siap diolah, kecuali tiram.[2] Untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat dan aman, maka Anda harus benar-benar memperhatikan cara mengolah kerang dara.

Bacaan Lainnya

Cara Mengolah Kerang Dara

  • Sikat keras cangkang kerang, kemudian bilas berulang kali di bawah air yang mengalir. Kulit kerang yang tertutup rapat menandakan kerang masih hidup dan layak dimakan. Apabila Anda menemukan kerang yang sudah terbuka, sebaiknya dibuang saja.
  • Memasak kerang dara. Berbeda dengan jenis kerang lainnya, ternyata memasak kerang darah membutuhkan waktu lebih lama. Setelah kering dan bersih, kerang darah dapat dimasukkan ke dalam air mendidih dan dimasak hingga kulit kerang akan terbuka. Jika cangkang sudah terbuka, berarti kerang darah siap dimakan.
Baca juga  Info Terkini Harga Bika Ambon Zulaikha Medan (Semua Varian)

Nah, bagi Anda yang masih kebingungan untuk menghidangkan kerang dara, Anda dapat menyimak panduan resep masakan kerang dara yang mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Resep Kerang Dara Goreng Kremes

Untuk membuat kerang dara goreng kremes, Anda cukup menyiapkan sejumlah bahan, meliputi kerang dara kupas, jahe, tepung tapioka, tepung beras, telur, ayam, minyak goreng, dan santan. Sementara itu, untuk bahan bumbunya, Anda perlu menghaluskan bawang putih, kunyit, kemiri, serai, dan garam.

Proses pembuatannya dimulai dengan melumuri kerang dara dengan parutan jahe dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, campur semua bumbu, tapioka, santan, dan telur ayam. Masukkan kerang dara dan sekitar 30 menit.

Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng dalam api yang agak besar, lalu goreng kerang dara satu per satu hingga kering dan tiriskan. Panaskan kembali minyak goreng yang baru. Goreng sisa adonan bumbu dalam minyak panas dengan cara menuangkan sisa adonan bumbu ke dalam minyak panas saringan yang berlubang sedikit besar agar gorengan berbentuk serpihan-serpihan tepung. Terakhir, hidangkan kerang dara goreng ditaburi dengan serpihan tepung atau kremes.

Baca juga  Update Harga Menu di Bakso Rusuk Joss
Kerang goreng krispi (sumber: dapurkobe.co.id)
Kerang goreng krispi (sumber: dapurkobe.co.id)

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin membeli kerang dara, seafood ini mudah dijumpai di pasaran dengan harga bervariasi. Anda dapat membelinya dalam berbagai kemasan mulai 100 gram hingga kiloan. Berikut kami sajikan informasi kisaran harganya di pasaran dalam negeri.

Harga Kerang Dara

Kemasan Kerang Dara Kisaran Harga
Kerang Dara Hidup 500 gr Rp22.900
Kerang Dara Kupas Pack 250 gr Rp23.200
Kerang Dara Frozen 500 gr Rp26.325
Kerang Dara – Kecil 90 – 140 pcs Rp30.000
Kerang Dara Hidup Sedang 1 Kg Rp44.900
Kerang Dara Ukuran Jumbo 1 Kg Rp55.000
Kerang Dara Kupas 1 Kg Rp100.000

Hingga kini, harga kerang dara per kilogram di pasaran relatif stabil. Selain kerang dara, ada pula beberapa jenis kerang konsumsi yang tersedia di pasaran. Sebagai bahan referensi, berikut kami sajikan info jenis kerang konsumsi.

Jenis Kerang Konsumsi Lainnya

  • Kerang hijau. Kerang ini berwarna hijau dengan bentuk pipih dan panjang, serta terasa halus dan tidak belang.
  • Kerang tiram. Kerang yang cenderung pipih dan berkapur, serta keras seperti batu. Meskipun rendah energi, kerang ini memiliki keunggulan lain karena mengandung kalsium, vitamin A, dan vitamin B12 yang tinggi.
  • Kerang simping. Kerang ini hidup di perairan laut yang kosmopolitan. Daging kerang dapat dibilang lebih kenyal dan padat dibandingkan jenis kerang lainnya.
  • Kerang macan. Motif kerang macan bergaris-garis seperti harimau. Kulitnya keras dan biasa disebut keong macan. Kerang ini banyak ditemukan di perairan utara dan selatan Jawa.
  • Kerang bambu. Biasanya dapat ditemukan di Jawa Timur dan Madura. Bentuknya panjang seperti bambu seukuran ibu jari pada orang dewasa.
  • Kerang bulu. Sekilas, Kerang bulu ini mirip dengan kerang darah, memiliki pola bergaris dan bentuk cembung yang lebar. Seperti namanya, kerang ini punya bulu kecil berwarna hitam. Biasanya kerang ini diolah menjadi sup.
Baca juga  Info Terbaru Harga Nextar Kaleng dan Kemasan Lainnya
Scallop/kerang simping
Scallop/kerang simping

Harga Kerang Konsumsi Lainnya

Jenis Kerang Kisaran Harga
Kerang Hijau Rp20.000 per kg
Kerang Tiram Rp30.000 per kg
Kerang Simping Premium Rp48.000 per kg
Kerang Macan Rp55.000 per kg
Kerang Bambu Rp60.000 per kg
Kerang Bulu Rp64.000 per kg

Harga kerang dara dan jenis kerang konsumsi lainnya tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pihak penjual. Anda dapat membelinya di pasar maupun di supermarket terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Purnomowati, Ida, 2008. Aneka Kudapan Ikan. Yogyakarta: Kanisius, hlm. 40.

[2] Hayatinufus. 2005. Seafood: Udang, Cumi, Kepiting, Kerang, dll. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 16.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.