Info Terbaru Harga Kepiting Bakau di Pasaran

Siapa sih yang tidak tergoda dengan lezatnya daging kepiting? Sementara ada banyak jenis kepiting yang bisa ditemukan di pasar, kepiting bakau menjadi primadona tersendiri bagi sebagian besar pecinta seafood. Ini karena kepiting bakau memiliki daging yang lumayan banyak dengan ukuran capit yang besar. Harga kepiting bakau beragam, tergantung ukurannya.

Kepiting bakau segar (sumber: greeners.co)
Kepiting bakau segar (sumber: greeners.co)

Keunggulan Kepiting Bakau

Kepiting bakau dengan nama ilmiah Scylla spp dikenal sebagai salah satu sumber perikanan yang menjadikan hutan mangrove sebagai habitatnya. Potensinya di Indonesia cukup besar, karena hewan tersebut memiliki distribusi yang luas dan dapat ditemukan di hampir seluruh perairan Indonesia, terutama pada perairan yang ditumbuhi hutan mangrove.[1]

Bacaan Lainnya

Selain bisa didapatkan dengan cara diburu, petani kepiting bakau mendapatkan hewan tersebut dengan cara dibudidayakan. Kini, sudah banyak petani kepiting bakau yang mencoba membudidayakan hewan tersebut di lahan basah. Selain membutuhkan lahan yang basah, para petani kepiting akan memilih lokasi yang tak jauh dari hutan bakau. Sebagian besar petani juga meletakkan media pembesaran di area hutan bakau. Ini bertujuan agar kepiting bakau tidak stres dan mudah beradaptasi dengan media pembesarannya.

Pakannya ada dua jenis, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan alami adalah makrozoobentos, plankton, dan hewan air yang ada di perairan media pembesaran. Sementara itu, makanan buatan adalah jenis pakan basah atau kering yang bisa didapatkan dari pabrik atau buatan sendiri. Untuk makanan buatan, biasanya petani kepiting akan memberikan potongan siput sawah, cincangan ikan, dan lainnya. Pakan tersebut diberikan sebagai bahan pendamping pakan alami.

Baca juga  Harga Piring 1 Lusin Terbaru (Plastik, Rotan, Beling, Melamin, Keramik)

Agar kepiting bakau memiliki daging yang berkualitas dan banyak, petani kepiting akan menakar jumlah kadar lemak dan protein pada pangan. Pakan kepiting yang baik adalah jenis pakan yang memiliki konsentrasi lemak, mineral, karbohidrat, dan protein yang seimbang. Dengan jumlah pakan yang sesuai dan tidak kurang, maka kepiting bakau akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan bisa dipanen dalam waktu yang cepat.

Kepiting tersebut bisa dipanen dalam waktu 3 hingga 4 bulan setelah masa pembesaran. Kepiting siap dipanen jika beratnya telah memenuhi standar permintaan pasar, yakni 500 gr. Meskipun begitu, ada juga petani yang baru memanen kepiting bakau jika beratnya sudah mencapai 700 gr. Semakin besar dan kepiting, maka harganya semakin mahal.

Kepiting bakau sebagai bahan makanan tidak hanya terkenal akan kelezatannya saja, tetapi juga gizinya. Kepiting ini diperkaya dengan kandungan protein hewani yang untuk perkembangan otak dan ingat. Selain itu, kepiting bakau juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena alzheimer dan gangguan saraf.

Untuk mendapatkan kandungan nutrisi dari kepiting bakau, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan. Banyak orang yang suka mengolahnya menjadi kepiting tumis dengan bumbu saus padang yang lezat. Berikut langkah mengolah kepiting bakau menjadi hidangan kepiting saus padang.

Ilustrasi: Kepiting Saus Padang (credit: Fimela/shutterstock/bonchan)
Ilustrasi: Kepiting Saus Padang (credit: Fimela/shutterstock/bonchan)

Resep Kepiting Bakau Saus Padang

Bahan Kepiting Bakau Saus Padang

  • 2 – 3 ekor Kepiting bakau
  • 5 buah cabai merah besar
  • 20 cabai rawit merah
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 2 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 2 ruas kunyit bakar
  • 5 sendok saus sambal
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Bawang bombay
  • Jahe secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 250 ml air
Baca juga  Info Terbaru Harga Menu Pempek Gaby

Setelah bahan-bahan disiapkan, saatnya membuat masakan kepiting bakau saus padang sebagai berikut.

Cara Membuat Kepiting Bakau Saus Padang

  1. Langkah pertama, bersihkan 2 hingga 3 ekor. Setelah itu, haluskan 5 buah cabai merah besar, 20 cabai rawit merah, 3 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 buah tomat, 2 butir kemiri yang sudah disangrai, dan 2 ruas kunyit bakar. Bumbu halus yang sudah jadi bisa langsung ditumis hingga harum.
  2. Setelah itu, tambahkan 5 sendok makan saus sambal, 5 sendok makan saus tomat, 1 sendok makan saus tiram, jeruk nipis, daun bawang, bawang bombay, jahe, daun jeruk, daun salam, gula garam, dan lada ke dalam wajan.
  3. Aduk semua bahan dan masukkan kepitingnya, lalu tambahkan air sebanyak 250 ml. Masak kepiting hingga matang dan berwarna kemerahan. Kepiting saus padang siap disajikan.

Sebelum Anda membeli kepiting bakau untuk membuat resep di atas, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Ini karena harga kepiting bakau bersifat fluktuatif. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lumpia di Loenpia Mbak Lien Semarang
Kepiting Bakau (sumber: kitairu.net)
Kepiting Bakau (sumber: kitairu.net)

Harga Kepiting Bakau

Jenis Kepiting Bakau Harga per ekor (Rp)
Kepiting Bakau Jantan 500 gr 78.000
Kepiting Bakau Frozen 1 kilogram 97.000
Kepiting Bakau Fresh 1 kg 155.000
Kepiting Bakau Papua 500 gr 169.000
Kepiting Bakau Betina Telur 1kg 210.000

Pada 2020, tercatat harga kepiting bakau jantan 500 gr dijual mulai harga Rp63 ribu, kepiting bakau segar Rp125 ribu per kilo, dan kepiting bakau Papua 500 gram seharga Rp75 ribu. Sementara itu, dibandingkan tahun 2021, harga kepiting bakau mengalami kenaikan di tahun 2022.

Sebagai contoh, kepiting bakau jantan 500 gr yang dibanderol Rp76.000 tahun 2021, naik menjadi Rp78.000 tahun 2022. Harga kepiting bakau di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga kepiting bakau tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat membelinya di pasar ikan terdekat atau memesan produk melalui situs online dengan harga bersaing.

[Update: Almas]

[1] Serosero, Rugaya. 2011. Karakteristik Habitat Kepiting Bakau (Scylla Spp) di Perairan Pantai Desa Todowongi Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan Agrikan UMMU-Ternate, Vol. 4(1): 69-73.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *