Info Harga Kepiting Alaska di Pasaran Indonesia

Anda pernah mencicipi atau setidaknya melihat seperti apa wujud kepiting raja alaska atau yang juga kerap disebut king crab? Konon, kepiting yang tergolong langka ini dijual dengan yang cukup fantastis dan tak semua restoran seafood menjajakan istimewa tersebut.

Terlebih ketika terjadi penurunan hasil tangkapan dan kelangkaan king crab di perairan Alaska yang sangat digemari penduduk Amerika Serikat. Kelangkaan king crab di Alaska merosot tajam, yaitu dari 90 juta kg pada tahun 1980 menjadi 7,5 juta kg pada tahun 1984. Akibatnya, harga king crab di dunia melonjak tajam.[1]

Ilustrasi: Kepiting Alaska (credit: piratagroup)

Ilustrasi: Kepiting Alaska (credit: piratagroup)

Dilansir dari Wikipedia, penangkapan kepiting raja alaska dilakukan pada bulan-bulan musim dingin di perairan lepas pantai Alaska dan Kepulauan Aleut. Pemanenan komersial ini dilakukan pada musim yang sangat pendek dan hasil panen dikirim ke seluruh dunia. Banyak pula kepiting raja yang ditangkap di perairan Rusia dan perairan internasional.

Bulan paling penangkapan kepiting adalah Oktober dan Januari. Musim untuk setiap kepiting bisa sangat pendek — musim untuk kepiting raja merah sekarang adalah empat hari, setelah diturunkan beberapa kali pada tahun-tahun sebelumnya. Pada musim dingin 2005-2006, 250 kapal menangkap 14 juta pon (sekitar 7 juta ) kepiting raja merah dalam waktu empat hari.

Baca juga  Info Lengkap Review dan Harga Roti Unyil Venus Bakery

Ada banyak faktor yang menyebabkan kepiting alaska dijual dengan harga cukup fantastis. Seperti diketahui, kepiting ini tidak bisa selalu ditangkap sewaktu-waktu. Bahkan pekerjaan sebagai penangkap kepiting raja alaska disebut-sebut sebagai pekerjaan yang paling membahayakan di Amerika Serikat menurut statistik. Jumlah korban jiwa dari kegiatan penangkapan kepiting alaska sekitar 300 per 100.000.

Tak hanya membuat para nelayan harus mempertaruhkan nyawa, kepiting alaska banyak diminati di berbagai penjuru dunia lantaran terkenal memiliki banyak daging di kakinya. Teksturnya dagingnya yang lembut dan banyak juga menjadi alasan utama kepiting alaska begitu disukai pecinta seafood di seluruh dunia. Daging kepiting alaska berwarna putih, lembut, dan teksturnya cenderung manis.

Alaskan king crab pada dasarnya terdiri dari 3 jenis, yakni kepiting raja merah, kepiting raja biru, dan kepiting raja emas. Namun, dari ketiga jenis kepiting alaska tersebut, yang paling populer adalah kepiting raja merah. Kepiting raja merah atau yang mempunyai nama Latin Paralithodes camtschaticus ini adalah salah satu spesies kepiting raja yang berasal dari Laut Bering. Kepiting berukuran besar ini bisa memanjangkan lengan hingga 1,8 meter. Luar biasa sekali bukan?

Baca juga  Update Harga Timbangan Digital Kecil di Pasaran

Varietas keempat, scarlet king crab (Lithodes couesi), terlalu kecil dan langka untuk dapat dijual secara komersial, meskipun dagingnya dianggap manis dan enak. Persyaratan khusus dari kepiting alaska harus dipenuhi; hanya jenis kepiting raja tertentu yang legal pada waktu yang berbeda dalam setahun dan hanya jenis jantan yang dapat ditangkap oleh nelayan.

Ilustrasi: Cara Mengonsumsi Kepiting Alaska (credit: coopers-seafood)

Ilustrasi: Cara Mengonsumsi Kepiting Alaska (credit: coopers-seafood)

Harga kepiting yang mahal dan pasokan kepiting alaska yang terbatas mengakibatkan tak semua restoran seafood, khususnya di Indonesia menjajakan menu kepiting raja alaska. Namun demikian, di salah resto seafood terkenal di Jakarta, yakni The Holy Crab rupanya ada menu kepiting alaska dengan harga Rp1 juta sampai Rp1,2 jutaan per kilo. Sementara itu, untuk menu Live King Crab harganya lebih mahal lagi, mencapai Rp4 juta per 2 kilogram. Sebagai gambaran, berikut harga kepiting alaska yang ada di pasaran Indonesia.

Baca juga  Info Lengkap Mitos dan Harga Dream Catcher di Pasaran

Harga Kepiting Alaska

Nama Harga (Rp)
Kaki kepiting Alaska Snow39.330
Kepiting snow crab Alaska daging kupas frozen 500 55.000
Kepiting Alaska King Crab 500g75.000
Kepiting alaska kaki (snow crab legs) 1 kg150.000
Kepiting Alaska kupas 1 kg200.000
Premium Alaskan King Crab 790 gr1.106.000
Alaskan King Crab kaki kepiting fresh per kg1.495.000
Premium Alaskan King Crab whole/utuh frozen berat 4-6 kg6.300.000

Informasi harga kepiting alaska di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga kepiting alaska dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kepiting alaska yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1] Sahubawa, L dkk. 2014. Teknologi Pengawetan dan Pengolahan Hasil Perikanan. Yogyakarta: UGM Press.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Kepiting Alaska di Pasaran Indonesia"