Kandungan, Manfaat dan Harga Kemiri per Kg

No comment432 views

Selain ketumbar, , jinten, bawang merah, lengkuas, dan kunyit, merupakan salah satu bumbu dapur yang terbilang laris di pasaran. biasanya dijual dalam bentuk butiran atau siap olah per bungkus isi dua, isi satu ons, hingga 1 kg dengan harga yang bervariasi.

Ilustrasi: Rempah-Rempah (credit: indoindians)

Ilustrasi: Rempah-Rempah (credit: indoindians)

Kandungan dan Manfaat Kemiri

Biji kemiri berasal dari dengan nama ilmiah Aleurites moluccana Wild dan termasuk famili euphorbiaceae dengan nilai ekonomis tinggi. Biji kemiri biasanya dijadikan sebagai bumbu dalam bentuk utuh atau kupas. Kebanyakan orang lebih suka biji yang sudah dikupas, karena lebih praktis.

Biji kemiri yang baru saja dipanen, tidak bisa langsung dikupas atau diolah. tersebut harus melalui proses pemanasan terlebih dahulu, sehingga kulitnya yang keras bisa menjadi lunak dan mudah dipecahkan. Biji kemiri bisa direbus selama 5 hingga 6 jam atau dipanaskan dalam oven selama beberapa jam. Setelah itu, tersebut akan direndam dalam air dingin selama 24 jam.

Setelah melewati proses pemanasan dan pendinginan, bagian dalam kemiri akan sedikit keras dengan bagian luar yang lembut. Kulit kemiri yang sudah rapuh, bisa dikupas dengan mudah menggunakan alat pencungkil dan pisau. Biji kemiri yang sudah dikupas, bisa langsung dikemas atau dikeringkan untuk dijual.

Baca juga  Info Harga dan Cara Budidaya Pohon Palem Merah

Kacang kemiri kupas siap olah memiliki kandungan minyak nabati yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 55% hingga 65%. Selain itu, dalam 100 gr biji kemiri, juga terdapat 19 gr protein, 63 gr lemak, 8 gr karbohidrat, 80 mg kalsium, 200 mg fosfor, 2 mg zat besi, 0,06 gr B, dan 7 gr air.[1]

Ilustrasi: Kemiri (credit: healthbenefitstimes)

Ilustrasi: Kemiri (credit: healthbenefitstimes)

Banyaknya nutrisi pada kemiri, membuat dapur ini memiliki banyak manfaat. Minyak kemiri bisa dijadikan sebagai penyedap masakan. yang kaya biji kemiri akan memiliki cita rasa yang lebih gurih dan creamy. Selain itu, minyak nabati tersebut berguna untuk membuat aroma masakan menjadi lebih tajam, sehingga membuat nafsu makan menjadi lebih besar.

Dalam pengolahannya sebagai bahan makanan, kebanyakan orang suka membakar biji kemiri kupas sebelum dihaluskan. Biji kemiri bakar memiliki aroma yang lebih harum dibandingkan biji kemiri rebus. Selain itu, beberapa orang suka metode tersebut, karena minyak yang dihasilkan biji kemiri bakar lebih banyak dan mudah dihancurkan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit & Cara Budidaya Jahe Merah

Secara tradisional, biji kemiri juga dipakai untuk merawat kulit dan rambut. Beberapa orang percaya, bumbu dapur ini bisa membuat rambut menjadi lebih hitam, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, dan memanjangkan rambut. Sementara, untuk kulit, kacang kemiri ini berfungsi sebagai pelembap sekaligus menutrisi kulit.

Untuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan tubuh, kemiri harus diambil minyaknya. Cara mengambil minyak kemiri terbilang gampang-gampang susah. Secara tradisional, minyak nabati ini bisa didapatkan melalui dua proses, yaitu pemanasan dan pendinginan. Metodenya hampir sama seperti cara menyuling minyak kelapa.

Biji kemiri yang sudah disangrai dan dihancurkan, akan ditambah dengan sedikit air dan dimasak dalam panci selama beberapa jam. Air rebusan tersebut akan diendapkan selama beberapa malam untuk menghasilkan minyak yang berkualitas dengan warna kecokelatan hingga putih. Ekstraksi tersebut harus dipisahkan dari endapan, air, dan minyak. Minyak kemiri yang sudah dipisahkan harus difiltrasi agar tidak ada bahan lain yang tercampur.

Ilustrasi: Harga Kemiri (credit: phytexence)

Ilustrasi: Harga Kemiri (credit: phytexence)

Minyak filtrasi bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup agar awet dan terjaga kualitasnya. Selain dipakai untuk rambut dan kulit, di dunia , kemiri diambil minyaknya untuk dijadikan drying oil. Secara luas, drying oil dipakai dalam cat, pernis, tinta, sabun, make up, pelapis, membatik, dan obat.

Baca juga  Info Kandungan Gizi dan Harga Kacang Almond Slice di Pasaran

Harga Kemiri per Kg

Banyaknya manfaat atau fungsi kemiri, membuat biji ini memiliki harga jual yang cukup tinggi dengan permintaan pasar yang terus melejit. Di pasaran, kemiri utuh (bulat) dijual dengan harga mulai Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg. Ada juga yang menjual kemiri cacah atau pecah dua dengan harga mulai Rp24.000 hingga Rp25.000 per kg. Sementara itu, kemiri dalam kemasan plastik isi dua hingga 5 ditawarkan dengan harga mulai Rp500 hingga Rp2.500. Harga kemiri tersebut tidak tentu dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Yusnita, Erra, Bambang Wiyono, Densi S. 1999. Pengaruh Suhu dan Waktu Pemasakan Biji Kemiri terhadap Sifat Minyaknya. Buletin Penelitian Hasil Hutan, Vol. 17(2): 101-112.

author

Leave a reply "Kandungan, Manfaat dan Harga Kemiri per Kg"