Info Terupdate Karakteristik dan Harga Kelapa Kopyor per Butir

Kelezatan kelapa kopyor memang cukup familier di lidah orang Indonesia, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa dan Lampung. Ini karena kelapa kopyor memang banyak ditemukan di daerah tersebut. Meskipun unik dan lezat, harga kelapa kopyor terbilang lebih mahal jika dibandingkan kelapa biasa.

Karakteristik dan Jenis Kelapa Kopyor

Ilustrasi: Es Kelapa Kopyor (credit: Tirto)
Ilustrasi: Es Kelapa Kopyor (credit: Tirto)

Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis buah kelapa yang unik dengan nilai jual tinggi, karena jumlah tanaman dan persebarannya masih terbatas. Secara umum, kelapa kopyor bisa ditemukan dengan mudah di daerah Lampung bagian selatan, Jawa Timur, Tangerang, Jawa Tengah, dan Jakarta.[1] Permintaan kelapa kopyor di pasaran yang terbilang tinggi, membuat harganya semakin mahal, apalagi tidak semua pohon kelapa kopyor bisa dipanen setiap hari.

Bacaan Lainnya

Kelapa kopyor bukanlah jenis asli dari buah kelapa, karena buah tropis ini termasuk buah mutan yang ditemukan di antara populasi buah kelapa normal. Pohon kelapa normal bisa menghasilkan buah kelapa kopyor, karena terjadi defisiensi enzim ά-D galaktosidase pada endosperm buah kopyor, sehingga pembentukan endosperm tidak normal dan tidak mampu mendukung perkecambahan embrio.[2]

Dilansir dari berbagai sumber, pohon kelapa bisa menghasilkan buah kelapa kopyor dikarenakan beberapa faktor, antara lain pengaruh lingkungan, terserang penyakit atau virus, defisiensi mineral, atau media tanam yang ekstrem. Para petani kelapa yang ingin mendapatkan kelapa kopyor, biasanya menggunakan bibit alami. Di daerah sentra kopyor, seperti Lampung dan Sumenep, para petani memperbanyak bibit kelapa kopyor dengan memanfaatkan pohon-pohon kelapa penghasil buah kelapa kopyor tipe dalam. Perbanyakan tersebut dilakukan melalui teknik kultur embrio oleh beberapa instansi yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut.

Karena memanfaatkan pohon kelapa biasa yang memiliki gangguan pada buahnya, secara visual, pohon kelapa kopyor sama dengan pohon kelapa pada umumnya. Karakteristik tanaman dari luar, baik daun, batang, maupun bunga dan buah, mirip dengan kelapa biasa. Untuk mengetahui apakah kelapa tersebut jenis kelapa kopyor atau tidak, Anda harus mengetuk buahnya. Selain itu, Anda juga perlu membelah buah kelapa, untuk memastikan apakah betul buah tersebut jenis kelapa kopyor atau bukan.

Buah kelapa kopyor memiliki ciri khas, antara lain daging buah yang cenderung terlepas dari batok kelapanya, berbunyi lebih nyaring jika diketuk, dan memiliki daging buah yang berbentuk seperti gumpalan. Daging buah kelapa kopyor tersebut bisa berubah menjadi gumpalan kecil-kecil atau mudah pecah saat diaduk.

Berdasarkan daging buahnya, kelapa kopyor dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kelapa daging buah tipis, kelapa daging buah tebal, dan kelapa daging buah lilin. Ini karena buah kelapa memiliki lapisan daging yang berbeda-beda. Pada kelapa kopyor berdaging tipis, Anda hanya akan menemukan satu lapisan daging buah. Pada kelapa kopyor daging buah tebal, Anda akan menemukan daging buah dengan karakteristik berlapis- dan cenderung menggumpal secara acak. Sementara, pada kelapa kopyor daging buah lilin, Anda akan menemukan beberapa lapis daging buah yang tidak terlalu menggumpal dengan warna lebih bening dan tipis.

Kelapa kopyor (sumber: jab.co.id)

buah kelapa kopyor sama dengan buah kelapa biasa, hanya saja lebih creamy dan tidak menyisakan rasa berminyak. Buah kelapa kopyor selain bisa dinikmati secara langsung, juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat aneka hidangan. Salah satu hidangan penutup yang berbahan dasar kelapa kopyor adalah es kopyor.

Untuk membuat es kopyor tidak sulit, karena Anda hanya perlu menyiapkan daging buah kelapa kopyor, es batu, sirup, dan kental manis. Campur semua bahan di dalam saji dan tambahkan sedikit sebagai pelarut sirup dan kental manis. Selain itu, Anda bisa menambahkan sedikit santan atau mengganti air tersebut dengan air kelapa. Sehingga, es kopyor menjadi kaya rasa. Berikut informasi harga kelapa kopyor pada 2021.

Harga Kelapa Kopyor

Jenis Kelapa Kopyor Harga (Rp)
Buah kelapa kopyor segar 35.000 – 75.000
Kelapa kopyor frozen (beku) 250 gram 40.000

Meskipun tidak banyak penjual kelapa kopyor yang menjual kelapa ini secara offline, Anda bisa membelinya secara online. Ada banyak lapak online yang menjual kelapa kopyor dengan harga mulai Rp59 ribu hingga Rp65 ribu per pada 2020. Selain itu, tahun lalu ada juga yang menjual kelapa kopyor beku atau frozen 250 gr dengan harga mulai Rp42.000 hingga Rp45.000, lebih mahal dari harga tahun 2021. Harga kelapa kopyor tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1]Novarianto, Hengky&  A.A. Lolong. 2012. Peningkatan Persentase Buah Kelapa Kopyor Melalui Penyerbukan Sendiri. Buletin Palma, Vol. 13(1): 7-16.

[2]Maskromo, Ismail &HengkyNovarianto. 2006. Pengembangan Kelapa Kopyor di Indonesia. Buletin Palma, No. 31: 28-36.

Pos terkait