Update Harga Kelapa Kopyor dan Bibitnya

Di Indonesia, khususnya daerah Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, kelapa kopyor begitu dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu campuran minuman dingin yang lezat. Permintaan kelapa kopyor terbilang tinggi mengingat kualitasnya yang berbeda dengan kelapa muda. Tidak seperti kelapa muda, kelapa kopyor memiliki daging buah yang cukup krispi dengan rasanya yang manis. Untuk itu, tak mengherankan jika harga buah dan bibit kelapa kopyor lebih mahal dibandingkan kelapa biasa.

Kelapa kopyor (sumber: jab.co.id)
Kelapa kopyor (sumber: jab.co.id)

Indonesia diketahui memiliki sekitar 3,86 juta hektare areal perkebunan kelapa sehingga menempatkan posisinya sebagai produsen kelapa pertama di dunia. Namun, faktanya kelapa kopyor bukanlah hal yang mudah. Pada umumnya, dalam satu tandan yang berisi 15 butir kelapa, hanya 4 sampai 5 butir yang menjadi kelapa kopyor. Di antara seluruh kelapa yang dihasilkan, produksi kelapa kopyor masih belum mencapai 20 persen sehingga belum memenuhi skala industri. Terlebih, konsumsi kelapa kopyor selama ini baru dalam segar tanpa pengolahan industri.[1]

Bacaan Lainnya

Mutasi genetik menyebabkan kelapa kopyor memiliki sifat berbeda dari kelapa biasa, seperti tekstur dagingnya yang unik, hingga rasa daging buah kelapa kopyor yang gurih. Rasa gurih tersebut karena daging kelapa kopyor memiliki kadar lemak cukup tinggi sekitar 7,88 hingga 12,74 persen. Kadar lemak yang tinggi membuat daging kelapa kopyor cepat tengik dan busuk dalam waktu sekitar 10 jam saja. Kelapa kopyor hanya mampu bertahan selama kurang dari tujuh hari. Tak heran, jika rasa yang lezat, struktur yang lembut serta keberadaannya yang langka membuat harga kelapa kopyor cenderung tinggi.

Proses Mutasi Genetik Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor memiliki kandungan albumin, asam amino arginin, glutamat, glutamin serta asam lemak laurat dan miristat yang berperan pada sistem kekebalan melawan alergen bakteri, virus, dan protozoa atau parasit.[2] Kelapa ini terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal akibat adanya perubahan fisiologis. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya mutasi gen ketika terjadi pembelahan sel endosperma. Setelah terbentuknya bunga dalam kurun waktu 6 atau 7 bulan, pembelahan sel terjadi yang menyebabkan kelapa mutant.

Selama ini, peneliti terus melakukan riset terkait mutasi genetik kelapa kopyor. Tak mudah menjadikan kelapa biasa menjadi kopyor. Beberapa peneliti memerlukan asam giberelat sebagai hormon tumbuhan untuk memudahkan proses tersebut. Meski berhasil, tentu diperlukan bioteknologi berkelanjutan untuk memudahkan petani dalam memproduksi kelapa kopyor dengan lebih mudah.

Kelapa kopyor (sumber: thehijau.com)

Manfaat Kelapa Kopyor

  • Mengatasi dehidrasi.
  • Membantu pemulihan demam berdarah.
  • Detoksifikasi alami.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Meredakan gatal-gatal.
  • Mengatasi vitalitas pria.
  • Menjaga kesehatan dan gigi.
  • Meredakan luka bakar.

Selain beberapa manfaat penting di atas, Anda dapat menjadikan kelapa kopyor teman diet karena dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga lebih mudah menurunkan berat badan. Kelapa kopyor juga akan memberikan asupan cairan yang hilang saat Anda sedang melakukan diet ketat. Antioksidannya yang tinggi jelas membuat tubuh Anda semakin lebih bugar.

Sebagai hasil produk mutasi, kelapa kopyor telah teruji sebagai makanan bergizi dan aman dikonsumsi. Pasalnya, selama ini belum ada laporan terkait terjadinya keracunan maupun efek samping akibat mengonsumsi kelapa kopyor. Meski demikian, jika terjadi efek samping, Anda disarankan menghentikan konsumsi dan segera menghubungi dokter.

Kelapa Kopyor (sumber: flickr.com)

Harga Kelapa Kopyor

Kemasan Kelapa Kopyor Harga
Bibit Kelapa Kopyor Rp35.000
Kelapa Kopyor Genjah Super 1 butir Rp45.000
Kelapa Kopyor Beku 300 gr Rp55.000
Kelapa Kopyor 1 butir Rp70.000
Kelapa Kopyor 1 kg Rp125.000
Paket 3 Bibit Kelapa Kopyor Rp230.000

Harga kelapa kopyor di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Dibandingkan tahun 2020, harganya tahun 2021 mengalami penurunan, tetapi naik di tahun 2022. Sebagai contoh, kelapa kopyor 1 butir dibanderol Rp95 ribuan tahun 2020, turun menjadi Rp59.000 – Rp65.000 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp70 ribu tahun 2022. Untuk info lebih detail, Anda dapat mengunjungi pasar atau supermarket terdekat.

[Update: Almas]

[1] Winarno. 2015. Kelapa Pohon Kehidupan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, hlm. 37.

[2] Sunaryo, Endang S., 2015. Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh. Jakarta : Elex Media Komputindo, hlm. 74.

Pos terkait