Info Terbaru Harga Keju Cheddar 1 Kg di Pasaran

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan membuat kue, pasti sudah sangat familiar dengan keju. Berbeda dengan bahan baku pembuatan roti atau hidangan lainnya, keju tidak hanya bisa digunakan untuk membuat resep bercita rasa asin. Nah, salah satu jenis keju yang sering digunakan dalam beraneka ragam hidangan adalah keju cheddar. Bisa dibilang, keju cheddar merupakan salah satu jenis keju serbaguna. Di sendiri, harga keju cheddar dibedakan dari takarannya, dengan kemasan 1 kg dipatok mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: Jenis Keju Cheddar (credit: Masterclass)
Ilustrasi: Jenis Keju Cheddar (credit: Masterclass)

Manfaat Keju Cheddar

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga keju cheddar di pasaran, Anda juga perlu tahu mengenai kegunaan produk tersebut dan kandungan nutrisinya. Kegunaan keju cheddar mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Keju ini bisa digunakan sebagai bahan campuran berbagai jenis resep hidangan, kue, bahkan minuman. Keju cheddar juga salah satu jenis keju yang paling mudah ditemui, hampir setiap toko bahan kue hingga minimarket menjualnya.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa kegunaan keju cheddar yang bisa Anda coba di rumah. Sebagai resep kue, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan campuran dalam adonan roti kukus, bolu, nastar, kastengel, cheese cake, roti gulung, dan bakpao. Jika Anda ingin mencoba menu masakan lain, Anda juga bisa membuat kroket, nugget, bakso, dan otak-otak yang dicampur dengan keju cheddar. Sementara, untuk menu manis, Anda bisa membuat dengan campuran keju atau es krim keju.

Baca juga  Info Terbaru Harga Stik Billiard (Predator, Murrey, Fury Original)

Ada juga minuman yang saat ini sedang populer di kalangan remaja dengan taburan keju cheddar, yaitu cheese tea. Cara membuat cheese tea cukup mudah dan Anda bisa mencoba sendiri di rumah. Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan terlebih dahulu.

Untuk bahan, Anda perlu menyiapkan teh celup dengan merek apa pun, gula pasir secukupnya, air 50 ml, susu UHT 125 ml putih, 50 gr cream cheese, 30 gr keju oles, 100 ml susu full cream, es batu secukupnya, dan keju cheddar 20 gr yang telah diparut. Sementara, untuk peralatannya, Anda hanya perlu membutuhkan blender, gelas, sendok, panci, dan kompor.

Jika semua bahan dan peralatan sudah siap, Anda bisa mulai memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Sebelum mendidih, tuangkan gula dan teh, lalu aduk hingga merata. Matikanlah kompor, kemudian tuangkan susu UHT dalam panci sambil diaduk hingga merata. Tuangkan cairan dalam panci ke dalam gelas saji, biarkan dingin sejenak sembari membuat cream cheese.

Cream cheese dibuat dengan mencampurkan keju oles, susu full cream, dan setengah keju cheddar ke dalam blender, lalu campur dengan kecepatan penuh hingga menghasilkan busa. Jika campuran teh dan susu sudah dingin, masukkan es batu terlebih dahulu ke dalam gelas saji dan masukkan cream cheese buatan Anda di bagian atas sebagai topping. Berikan taburan berupa sisa parutan keju cheddar agar lebih menarik. Minuman ini cocok diminum saat cuaca sedang panas, sembari menikmati enaknya kue cheese cake dengan taburan keju cheddar di atasnya.

Baca juga  Sejarah Bolu Napoleon Medan dan Update Harga di Pasaran

Keju cheddar sendiri juga baik untuk kesehatan. Tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Bagi orang dewasa, kandungan pada keju mampu mencegah osteoporosis dan bagi anak-anak memiliki manfaat untuk membantu tumbuh kembang mereka dan memperkuat tulang serta otot. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja kandungan nutrisi dari keju cheddar, berikut kami berikan rinciannya.

Ilustrasi: Keju Cheddar (credit: CNN)
Ilustrasi: Keju Cheddar (credit: CNN)

Kandungan Nutrisi Keju Cheddar

Nutrisi 100 gr Keju Cheddar Jumlah Nutrisi
Jumlah 33 gr
Kolesterol  105 mg
Natrium  621 mg
Kalium  98 mg
Jumlah Karbohidrat  1.3 gr
Protein 25 gr
Gula  0.5 gr
721 mg
Zat besi 0.7 mg
Magnesium 28 mg

Harga Keju Cheddar 1 Kg

Kebanyakan toko menjual keju cheddar merk Kraft dan Prochiz. Kedua merek tersebut memang merupakan brand keju cheddar ternama dan sudah dikenal sejak dulu. Banyak orang menggunakan keju cheddar Kraft dan membelinya dengan takaran cukup banyak. Keju cheddar merk Kraft tahun 2022 dijual mulai Rp62.500, turun dari tahun 2020 yang dijual dengan harga Rp93.000 per kg, sedangkan harga Prochiz tahun 2020 mulai Rp57.500 per 1 kg, turun dari tahun 2020 yang dibanderol Rp60.000 per 1 kg. 

Baca juga  Tips Memasak dan Update Harga Ikan Bandeng Presto Khas Semarang

Jika Anda membutuhkan keju cheddar untuk harian, Anda tidak harus membeli keju dengan kemasan 1 kg. Banyak juga toko hingga minimarket yang menjual keju cheddar dengan berbagai ukuran. Berikut kami sajikan daftar harga berbagai ukuran keju cheddar merek Kraft dan Prochiz.

Display produk keju di supermarket (flickr: Julia Chan)
Display produk keju di supermarket (flickr: Julia Chan)

Harga Keju Cheddar Kemasan Lainnya

Merek dan Ukuran Keju Cheddar Harga
Keju Cheddar Prochiz 200 gr Rp13.000
Keju Cheddar Kraft 200 gr Rp23.000
Keju Cheddar Prochiz 2 kg Rp121.000
Keju Cheddar Kraft Martabak 2 kg Rp132.500
Keju Cheddar Kraft 2 kg Rp170.000
Keju Cheddar Prochiz Gold 2 kg Rp119.500
Keju Cheddar Prochiz Karton isi 8 x 2 kg Rp790.990
Keju Cheddar Prochiz Gold Karton isi 8 x 2 kg Rp820.000
Keju Cheddar Kraft Martabak Karton isi 8 x 2 kg Rp1.175.000
Keju Cheddar Kraft Karton isi 8 x 2 kg Rp1.617.000

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko dan jenis kemasan keju yang Anda beli. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga keju cheddar berkisar Rp57.500 hingga Rp79.000 per 1 kg dan Rp17.000 hingga Rp1.230.000 per kemasan 20 gr hingga per kemasan karton.

Jika dibandingkan dengan harga keju Cheddar tahun 2020 dan 2021, harga keju cheddar tahun 2022 ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, keju cheddar Kraft Martabak 2 kg pada tahun 2020 dijual dengan harga Rp125 ribu, naik menjadi Rp132 ribuan di tahun 2022. Sementara itu, harga keju cheddar Kraft Martabak karton isi 8 x 2 kg pada tahun 2020 adalah Rp1,3 jutaan, turun menjadi Rp1,1 jutaan tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.