Kandungan, Kegunaan, dan Info Terbaru Harga Kecap Inggris ABC

Bagi Anda yang hobi masak atau suka dengan citarasa masakan asin, pastinya sudah cukup familiar dengan kecap Inggris. Sementara ada banyak merek kecap yang beredar di pasaran, ABC adalah salah satu brand kecap yang terkenal. Selain disukai karena rasanya yang lezat, juga karena harga jualnya yang terjangkau.

Ilustrasi: Kecap Inggris ABC (credit: sayurbakoel)
Ilustrasi: Kecap Inggris ABC (credit: sayurbakoel)

Kandungan dan Kegunaan Kecap Inggris ABC

Kecap merupakan salah satu makanan hasil fermentasi tradisional biji-bijian, dan kebanyakan orang lebih suka memakai kacang kedelai. Kecap sudah dikenal secara turun-temurun dan digunakan untuk menambah citarasa makanan.[1] Selain kecap manis yang sangat umum di pasaran, masih ada banyak kecap yang bisa Anda temukan, seperti kecap asin, kecap ikan, dan kecap Inggris.

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak kecap yang ada, kecap Inggris merupakan jenis kecap yang unik. Kecap yang biasa disebut worcester sauce ini merupakan salah satu jenis kecap sekaligus saus yang bertekstur encer menyerupai air. Meskipun teksturnya sangat encer, namun kecap Inggris memiliki warna yang pekat dan gelap. Inilah alasan mengapa saus tersebut juga disebut kecap. Selain itu, kecap Inggris juga memiliki rasa yang asin. Meskipun rasanya hampir mirip dengan kecap asin, namun aromanya tidak setajam kecap asin dan lebih cenderung harum.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bolen Pisang (Berbagai Merk)

Cara pembuatan kecap Inggris tentu berbeda dengan kecap manis atau kecap asin. Jika dalam pembuatan dua kecap tersebut membutuhkan biji kedelai asli, tidak untuk kecap Inggris. Kecap Inggris dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam Jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh, dan bawang putih. Bisa dibilang, sumber bahan fermentasi kedelai pada kecap Inggris berasal dari kecap asin yang ditambahkan sebagai bahan utamanya.

Keberadaan kecap asin pada kecap Inggris inilah yang membuat citarasanya cenderung asin dan sedikit mirip dengan kecap asin. Meskipun begitu, citarasa kecap Inggris terbilang lebih kaya, karena ada bawang dan berbagai macam bahan lainnya. Kecap Inggris yang kaya rasa bisa dipakai untuk membuat berbagai macam hidangan, mulai dari makanan yang direbus, dikukus, digoreng, hingga dibakar.

Banyak juga orang menggunakan kecap Inggris untuk olahan makanan sederhana, seperti nasi goreng. Untuk membuat nasi goreng bumbu kecap Inggris, tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan seporsi nasi pera yang memiliki kadar sedikit dan bahan pelengkap lainnya. Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit pada wajan hingga harum. Tambahkan telur dan masak dengan cara orak-arik.

Baca juga  Info Terbaru Harga, Manfaat, & Cara Minum Susu IsaShake Isagenix
Kegunaan Kecap Inggris
Kegunaan Kecap Inggris

Masukkan nasi ke dalam wajan, lalu aduk hingga rata. Tambahkan merica, garam, kaldu bubuk, dan kecap Inggris ke dalam wajan. Aduk nasi goreng hingga berubah warna dan nasi goreng siap disajikan. Nasi akan lebih enak jika Anda menambahkan sayuran, suwiran ayam, dan irisan sosis sebagai topping.

Selain dipakai untuk memasak nasi goreng, kecap Inggris sering digunakan untuk memasak seafood. Rasa seafood yang cenderung gurih akan lebih nikmat jika dicocol saus Inggris. Cara memasak seafood dengan saus Inggris tidaklah sulit. Anda hanya perlu memilih seafood yang ingin Anda masak dan cara memasaknya.

Bagi Anda yang sedang diet dan tidak ingin menambah lemak, Anda bisa memasak sup atau seafood kukus. Caranya tidak sulit, siapkan seafood, seperti ikan, kerang, atau kepiting. Cuci semua seafood hingga bersih dan potong sesuai dengan porsi. Untuk sup seafood kecap Inggris, Anda juga perlu menyiapkan bawang putih, bawang merah, wortel, tomat, brokoli, dan kubis.

Masukkan semua bahan sayur ke dalam panci dengan yang sudah mendidih dan biarkan hingga setengah matang. Setelah itu, tambahkan semua bumbu, seperti irisan bawang, merica, garam, gula, saus Inggris, dan saus tomat ke dalam air rebusan. Setelah mendidih, masukkan seafood dan tunggu hingga matang.

Baca juga  Varian dan Info Terbaru Harga Menu Rice Box KFC

Untuk seafood kukus, caranya lebih simpel. Anda hanya perlu mengukus semua seafood yang sudah dibersihkan. Setelah matang, hidangkan dengan saus Inggris yang dicampur dengan sedikit saus tomat dan potongan rawit. Nah, sebelum Anda mencoba semua resep di atas, pastikan Anda sudah membeli kecap Inggris merk ABC yang konon rasanya lebih nikmat. Berikut info harga kecap Inggris ABC di pasaran pada 2022.

Ilustrasi Kecap Inggris (sumber: tallypress.com)
Ilustrasi Kecap Inggris (sumber: tallypress.com)

Harga Kecap Inggris ABC

Kemasan Kecap Inggris ABC Harga
Kecap Inggris ABC 195ml Rp17.000
Kecap Inggris ABC jerigen 1 liter Rp42.500
Kecap Inggris ABC 1 karton isi 24 botol x @ 195 ml Rp250.000

Tidak sulit menemukan kecap Inggris ABC, bahkan Anda bisa membelinya di minimarket terdekat. Di pasaran sendiri, kecap Inggris ABC dijual dengan kemasan 195 ml dalam botol plastik, dengan harga mulai Rp11.000 hingga Rp15.000 pada tahun 2020, berubah menjadi Rp10.260 – Rp15.000 tahun 2021, dan sedikit naik menjadi Rp17.000 tahun 2022. Harga kecap Inggris ABC tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

[1] Naiola, Elidar & Yati Soedaryati Soeka. 2017. Fermentasi dari Beberapa Jenis Kacang-Kacangan dengan Menggunakan Ragi Mutan Aspergillus sp. K-1 dan Aspergillus sp. K-1A. Berita Biologi, Vol. 8(5): 365-373.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *