Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran

Bagi Anda yang bermukim di Pulau Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu randu.  Termasuk bahan baku bangunan dengan harga terbilang murah jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu ini berasal dari pohon randu (Ceiba pentandra), yakni pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae). Pohon ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Kayu randu (sumber: courtina.id)
Kayu randu (sumber: courtina.id)

Di Jawa, randu biasa juga disebut dengan tanaman kapuk. Kata “kapuk” ini digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya. Masih di pulau yang sama, pohon ini juga dikenal dengan nama kapas Jawa atau kapuk Jawa, alias pohon sutra-kapas. Sementara, oleh suku Maya, pohon randu disebut dengan ceiba, yang merupakan simbol suci dalam mitologi suku tersebut.

Bacaan Lainnya

Pohon randu memiliki batang berkayu. Kayu randu sifatnya kurang begitu kuat. Warna kulit batang randu berwarna hijau jika masih muda, dan jika sudah tua berubah hijau kecokelatan. Pohon randu juga memiliki duri. Semakin besar pohonnya, maka semakin besar pula durinya. Sementara itu, diameter kayu randu bisa mencapai 3 meter.

Secara umum, kayu randu termasuk dalam kayu dengan kualitas rendah. Dalam praktiknya, kayu ini mudah lapuk, terlebih jika terkena air. Selain itu, kayu randu juga sangat rentan diserang rayap atau serangga perusak kayu lainnya. Jika melihat referensi dari Departemen Kehutanan, kayu randu digolongkan ke kategori yang memiliki tingkat keawetan lima, yang berarti kayu ini mudah sekali keropos atau lapuk. Meski mudah keropos atau lapuk, kayu randu masih banyak digunakan, terutama sebagai bahan baku perkakas.

Manfaat Kayu Randu

  • Kayu randu biasa dijadikan papan yang bisa digunakan untuk membuat pengemas/peti, meja tenis (tenis meja), salon atau kotak sound system, papan alas pengecoran pada bangunan, dan lain sebagainya.
  • Bahan baku pembuatan kertas
  • Kulit batang randu dapat digunakan untuk bahan pembuatan kaustik soda dan bahan untuk pembuatan tali.

Saat ini, kayu randu sudah dijual bebas. Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan atau jual beli online. Karena punya kualitas yang tidak terlalu baik, harga kayu randu pun sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mendapatkan kayu ini dengan banderol mulai Rp10 ribuan. Berikut info terbaru kisaran harga kayu randu di pasaran.

Kayu Randu (Sumber: ANTARA FOTO/ Suprian)

Harga Kayu Randu

Ukuran Kayu Randu Harga
Papan Cor Randu Rp10.000 per lembar
Kayu Randu Bahan Tongkat Pramuka 160 cm x 3 cm Rp17.700 – Rp25.000 per batang
Kayu Randu 2 m x 20 m x 4 m Rp22.000 per batang
Kayu Randu 4 cm x 6 cm x 4 m (6 batang) Rp75.000
Kayu Randu 4 cm x 6 cm x 4 m (102 batang) Rp1.077.000

Harga kayu randu di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk jual beli online dan forum jual beli kayu di media sosial. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tongkat Pramuka dari kayu randu mengalami kenaikan dari Rp9.800 menjadi Rp17 ribuan per batang. Sementara, harga bahan lainnya masih stabil. 

Pos terkait