Info Terbaru Harga Kayu Glugu 6 x 12 (per M3 dan per Batang)

Merupakan negara tropis yang ditumbuhi banyak pepohonan, tidak mengherankan jika kemudian kayu banyak ditemukan di Indonesia. Selain kayu-kayu populer, seperti kayu meranti, kayu mahoni, dan kayu jati, kayu batang kelapa (biasa disebut kayu glugu) juga banyak dicari untuk kebutuhan mebel dan . Dijual dengan bervariasi, kayu ini biasanya hadir dalam beragam ukuran, seperti 5 x 7 cm, 6 x 10, cm, 6 x 12 cm, hingga 8 x 12 cm.

Kayu glugu merupakan kayu yang biasanya dipakai untuk baku bangunan, terutama pembuatan kuda-kuda atau tiang penyangga bangunan. Selain itu, sebagai substitusi kayu, kayu glugu ini sering dimanfaatkan sebagai baku membuat perkakas, barang kerajinan, hingga sumber energi berupa arang.

Ilustrasi: tebangan kayu glugu (instagram: @taromhermansyah)

Ilustrasi: tebangan kayu glugu (instagram: @taromhermansyah)

Di kawasan Pantai Utara Jawa atau Pantura misalnya, kayu kelapa telah menjadi pilihan masyarakat untuk konstruksi bangunan. Penggunaan kayu dengan nama latin Cocos Nucifera tersebut menyusul harga berbagai jenis kayu keras lainnya yang saat ini sudah dianggap kelewat mahal. Bisa dibilang, kayu glugu menjadi alternatif yang menarik ketika harga kayu lainnya semakin meroket.

Namun, jika ditilik ke belakang, penggunaan kayu kelapa sebagai konstruksi bangunan sebenarnya bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, orang-orang zaman dulu lebih menyukai kayu ini, serta bambu, sebagai bahan konstruksi kuda-kuda pada atap bangunan. Kayu batang kelapa dianggap memiliki kualitas dan daya tahan, selain ketersediaan yang melimpah.

Untuk menggunakan kayu glugu sebagai bahan konstruksi bangunan, ada beberapa ciri yang mesti diperhatikan agar kayu tersebut bisa kuat dan tahan lama. Ciri pertama adalah kayu harus memiliki permukaan yang kasar. Pasalnya, kayu glugu dengan permukaan kasar umumnya sangat kuat, tidak gampang melengkung, dan tahan terhadap serangan rayap. Permukaan yang kasar bisa dilihat dengan mudah, yaitu serat kayu yang besar-besar.

Selain itu, pilih kayu yang dekat dengan kulit. Bagian pinggir kulit rata-rata adalah bagian yang kokoh dan sangat keras. Jangan terpaku oleh kerapian atau kelurusan potongan kayunya sebab bisa jadi itu adalah bagian tengahnya (lunak dan tidak kuat). Pada dasarnya, dalam datu batang pohon kelapa dibagi dalam dua tingkatan kualitas. Yang pertama, batang kayu yang dekat dengan bagian akar ke atas (5-6 meter) adalah kayu tua yang kualitasnya baik. Sementara, semakin ke ujung, batang pohon akan menjadi lebih muda (tidak keras) dan tidak terlalu bagus apabila dipakai untuk bahan bangunan.

Pilih juga kayu yang keras serta memiliki yang merah kehitaman. merah kehitaman menunjukkan bahwa kayu glugu itu telah berusia tua, dan semakin tua kayu, maka kualitasnya akan semakin baik. Jika kayu kelapa masih muda, biasanya memiliki corak muda atau putih kekuningan.

Harga Kayu Glugu - www.jualo.com

Harga Kayu Glugu - www.jualo.com

Harga Kayu Glugu

Seperti disampaikan di atas, kayu glugu kini telah tersedia dalam beragam ukuran dan bentuk. Untuk ukuran 6 x 12 x 400 cm, biasanya dijual dalam bentuk balok. Di pasaran dalam negeri, harga kayu glugu 6 x 12 cm ini sekarang berkisar Rp2,8 juta hingga Rp3,25 jutaan per m3. Sementara, jika Anda membeli satuan atau per balok, harganya berkisar Rp64 ribu hingga Rp138 ribuan, tergantung panjang kayu.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Harga Belut Hidup per Kg Saat Ini
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Kayu Glugu 6 x 12 (per M3 dan per Batang)"