Harga Kayu Gaharu per Kilo

No comment142 views

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan kayu jati. Lalu, bagaimana dengan kayu gaharu? Ini adalah kayu yang berasal dari yang selain bisa dijadikan material untuk furniture, juga dapat dipakai sebagai wangi-wangian parfum serta sebagai media kesehatan. Karena itu, tidak mengherankan  jika kemudian kayu ini cukup mahal, bisa mencapai angka puluhan juta rupiah per kilogram.

Ilustrasi: Kayu Gaharu (credit: Rumah123)

Ilustrasi: Kayu Gaharu (credit: Rumah123)

Dilansir dari Rumah, kayu gaharu berasal dari sebuah pohon aquilaria malaccensis yang sering ditemukan di hutan Asia Tenggara, termasuk Asia Tenggara. Merupakan kelompok dari family Thymelaeaceae dan spesies Aquilaria , pohon ini memiliki diameter batang sekitar 40 sampai 60 cm dengan ketinggian bisa mencapai kisaran 40 meter.

Nah, salah satu hasil pohon tersebut yang cukup terkenal adalah gaharu. Gaharu diproduksi oleh spesies famili Thymelaeaceae yang mengalami pelukaan dan atau terinfeksi oleh cendawan.[1] Famili Thymelaeaceae sendiri memiliki 58 genus dan dua di antaranya adalah Aquilaria dan Gyrinops, yang dipercaya sebagai penghasil gaharu yang utama.[2]

Seperti dikutip dari dari CNN Indonesia, resin pada kayu gaharu tidak bisa muncul begitu saja dan secara alami biasanya terbentuk akibat luka atau infeksi yang terjadi pada batang pohon. Cara mengetahui adanya infeksi pada pohon gaharu bisa dilihat dari inti kayunya. Pohon gaharu memiliki inti kayu berwarna putih pucat dan tidak beraroma saat tidak terkena infeksi.

Baca juga  Manfaat dan Harga Gel Lidah Buaya Terbaru (Semua Merk)

Di alam liar, kerusakan pohon bisa terjadi akibat hewan pemakan rumput, jamur, dan semut yang menggerogoti batang luar hingga inti batang pohon. Lubang yang tembus hingga ke inti batang merusak pohon sekaligus menginfeksinya. Secara alami, kayu ini akan mengeluarkan getahnya untuk menutupi lukanya. Seiring waktu, getah yang mengering dan menggumpal akan berubah menjadi resin atau gaharu.

Ilustrasi: Furniture Dari Kayu Gaharu (credit: courtina,id)

Ilustrasi: Furniture Dari Kayu Gaharu (credit: courtina,id)

Kelebihan Kayu Gaharu

Dikenal sebagai ‘kayu para dewa’, kayu gaharu punya banyak kelebihan dibandingkan kayu jenis lainnya. Bobot kayu ini tergolong dengan tekstur yang keras, sehingga terlihat sangat kokoh dan kuat. Yang membuat kayu tersebut berat tak lain karena ada getah di dalam batang kayu tersebut. Semakin banyak getah yang dihasilkan, maka semakin berat bobot kayu yang bersangkutan.

Kelebihan lainnya kayu ini adalah serat kayunya yang unik dan sedikit berbeda dari kayu sejenis. Serat ini kerap digunakan untuk membuat perabotan rumah dan memberikan kesan mewah.  Kayu gaharu juga relatif tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga perabotan yang terbuat dari material ini dikatakan akan lebih awet atau tahan lama.

Kayu gaharu juga dapat mengeluarkan aroma yang wangi, yang menjadi khas bahan ini. Wangi kayu gaharu akhirnya sering digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum. Pembentukan aroma wangi gaharu ini kemungkinan dipengaruhi unsur hara (nitrogen).[3] Perlakuan pupuk nitrogen terlebih dahulu dikatakan dapat meningkatkan kandungan minyak dan senyawa pada Zingiber officinale atau jahe.[4] Namun, saat artikel ini tayang, belum ada penelitian yang membahas mengenai pengaruh pupuk nitrogen terhadap wangi gaharu.

Baca juga  Harga Meteran Laser Bosch (Semua Tipe)

Harga Kayu Gaharu per Kg

Dengan segala kelebihannya tersebut, seperti disinggung di atas, harga kayu gaharu memang sangat mahal. Di sejumlah situs jual beli online, kayu gaharu saat ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp7,5 juta hingga Rp72 jutaan per kilogram, tergantung grade. Bahkan, di pasaran global, 1 kg kayu gaharu bisa dilepas dengan harga USD 100 ribu atau setara Rp1,43 miliar (kurs 1 USD = Rp14.300). Berikut kisaran harga kayu gaharu berdasarkan asal dan beratnya.

Ilustrasi: Karakteristik Kayu Gaharu (credit: bramblefurniture)

Ilustrasi: Karakteristik Kayu Gaharu (credit: bramblefurniture)

Harga Kayu Gaharu

Jenis Kayu GaharuHarga
Kayu Gaharu Super King 130 grRp6.000.000
Kayu Gaharu Grade AB 1 kgRp7.500.000
Kayu Gaharu Jayapura 590 grRp9.750.000
Kayu Gaharu Ambon Grade 2 1 kgRp15.000.000
Kayu Gaharu Grade 3 1 kgRp18.000.000
Kayu Gaharu Super King 285 grRp28.500.000
Kayu Gaharu Kalimantan 500 grRp35.500.000
Kayu Gaharu Super King 365 grRp36.500.000
Kayu Gaharu Merauke 1 kgRp37.500.000
Kayu Gaharu Super King 385 grRp38.500.000
Kayu Gaharu Super King 400 grRp40.000.000
Kayu Gaharu Kalimantan 1 kgRp50.000.000
Kayu Gaharu Super King 550 grRp55.000.000
Kayu Gaharu Sumbawa 1,1 kgRp72.000.000
Kayu Gaharu Kalimantan 2 kgRp95.000.000
Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, dan Harga Natura Beauty Spray

Informasi harga kayu gaharu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga kayu gaharu tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Mengingat manfaatnya yang kaya serta ketersediaan pohon gaharu yang semakin menipis, harga kayu ini kemungkinan akan semakin melonjak untuk masa-masa mendatang.

[1] Zhang, Z., et al. 2014. The sesquiterpene biosynthesis and vessel-occlusion formation in stems of Aquilaria sinensis (Lour.) Gilg trees induced by wounding treatments without variation of microbial communities. International Journal of Molecular Sciences, Vol. 15(12): 23589-23603.

[2] Compton J., & A. Ishihara. 2004. The use and trade of agarwood in Japan. A Traffic report to the CITES Secretariat, Vol. 6.

[3] Wahyuni, Resti, Triadiati, Syamsul Falah. 2018. Induksi Pembentukan Gaharu pada Aquilaria malaccensis Menggunakan Pupuk Urea dan Fusarium solani. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea, Vol. 7(2): 165-171.

[4] Singh, M., et al. 2014. Effect of nitrogen on growth, nutrient assimilation, essential oil content, yield and quality attributes in Zingiber officinale Rosc. Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences, Vol. 15(2): 171-178.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kayu Gaharu per Kilo"