Info Terbaru Harga Karambol Kecil di Pasaran

Karambol menjadi salah satu olahraga paling merakyat selain permainan catur. Permainan ini dimainkan secara kelompok menggunakan meja dan berbentuk seperti koin dalam lingkaran di tengah papan. Untuk itu, Anda akan membutuhkan meja, biji, dan bubuk kristal agar papan licin sehingga memudahkan permainan. Biasanya, harga karambol kecil lebih ekonomis daripada papan yang berukuran besar.

Karambol (sumber: thebridge.in)
Karambol (sumber: thebridge.in)

Karambol dinilai serupa dengan permainan biliar atau Table Shuffleboard. Namun, saat memainkan karambol, Anda menggunakan jari dan bidak striker sebagai pengganti stik dan bola. Permainan ini dapat dimainkan dua orang (tunggal) atau empat orang (ganda). Nama lain karambol di seluruh dunia yakni carrom, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiard.

Bacaan Lainnya

Aturan dan Cara Bermain Karambol

  • Kayu bundar kecil yang disebut dengan ‘carrom men’ atau koin disatukan dalam satu kelompok dalam lingkaran di tengah papan. Pengaturan ini dianggap selesai ketika sembilan koin hitam dan sembilan keping putih diposisikan dalam formasi Y, dikelilingi koin hitam dan merah ‘queen’.
  • Ada beberapa pilihan warna koin yang harus Anda pilih untuk menyelesaikan permainan karambol. Sebagai contoh, jika Anda memilih koin berwarna hitam, maka dari awal hingga akhir permainan, Anda harus bisa memasukkan koin hitam ke dalam kantong.
  • Koin berwarna pilihan harus bisa dimasukkan ke dalam kantong hingga jumlahnya habis dan tidak boleh memasukkan koin berwarna lain ke dalam papan karambol. Jika semua koin berwarna pilihan sudah tak tersisa, pemain harus memasukkan koin raja untuk mengakhiri permainan.
  • Jika secara tidak sengaja memasukkan koin raja terlebih dahulu sebelum koin warna pilihannya habis, pemain dianggap kalah dan tidak bisa ikut menyelesaikan permainan. Koin raja yang sudah terlanjur dimasukkan ke dalam papan permainan boleh dikembalikan ke tempat asal atau permainan diakhiri dan memulai babak baru.
  • Saat melakukan tembakan koin ke dalam kantong papan karambol, koin tidak boleh melewati garis batas yang sudah ditentukan. dapat menembakkan koin secara langsung pada sasaran atau dipantulkan terlebih dahulu.
  • Permainan karambol fokus pada pergerakan koin di atas meja. Untuk memudahkan atau koin bergerak, maka meja karambol harus ditaburi bedak (kristal powder) atau juga dapat menggunakan tepung kanji. Bedak atau tepung kanji dapat memperkecil gesekan antara koin dengan meja karambol.[1]

Permainan ini lazimnya dimainkan sebagai pertandingan tunggal (1 lawan 1), walaupun terkadang juga dimainkan dalam tim dengan duduk berseberangan. Setiap pemain memiliki persegi panjangnya masing-masing sebagai wilayah untuk menembakkan striker. Jika Anda masih awam, sebaiknya berlatih memegang dan memukul dengan striker beberapa kali sebelum bermain.

Terlebih dulu, tentukan siapa yang bermain awal dan minta pemain tersebut memecahkan lingkaran. Biasanya, undian koin dilakukan untuk menentukan pemain pertama. Perlu diketahui, saat bermain, Anda harus selalu mengembalikan striker ke wilayah persegi panjang sebelum mulai menembak. Tujuan karambol adalah memasukkan semua bidak ke kantong sebelum lawan. Anda juga perlu menggantungkan bidak alias ratu.

Karambol Kecil (sumber: Pinterest)

Harga Karambol Kecil

Varian Karambol KecilHarga
Mainan Anak Karambol Mini SNIRp27.000
Meja Karambol Tanpa Kaki Penyangga Ukuran 60 cm x 60 cm Free Rp75.000
Meja Karambol Ukuran 50 cm x 50 cmRp135.000
Meja Karambol Bahan Mika Kecil Free dan Bubuk Kristal Ukuran 60 cm x 60 cmRp141.000
Meja Karambol Kecil Mengkilap Ukuran 62 x 62 x 7cmRp150.000
Meja Karambol Ukuran 63 cm x 63 cmRp155.000
Meja Karambol Ukuran 60 cm x 60 cm + BijiRp160.000
Meja Karambol SNI Ukuran 60 cm x 60 cm Free Biji dan Bubuk Kristal Board GamesRp166.000
Karambol Mini Kayu Air Hockey EdukasiRp173.000
Meja Karambol Kecil Bahan Kayu JatiRp455.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga meja karambol ukuran kecil tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga karambol kecil tahun 2021 ada yang naik dan turun, tetapi cenderung naik di tahun 2022.

Sebagai contoh, meja karambol kecil bahan kayu jati yang dibanderol Rp250 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp271 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp455 ribu tahun 2022. Sementara itu, meja karambol kecil mengkilap ukuran 62 x 62 x 7cm yang dijual dengan harga Rp175 ribuan tahun 2020, turun menjadi Rp138 ribuan tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp150 ribu tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Tim Sains Quadra. 2002. Ilmu Pengetahuan Alam 5B. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia, hlm. 23.

Pos terkait