Info Manfaat dan Update Harga Kapulaga Hijau

Kuliner nusantara memang dikenal kaya akan cita rasa. Ada bermacam-macam bumbu khas yang menjadi kunci kelezatan kuliner nusantara, salah satunya kapulaga. sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan-masakan tertentu, seperti gulai dan kari. Kapulaga hijau cukup banyak diminati masyarakat dengan harga relatif mahal dibandingkan kapulaga putih.

Ilustrasi: Harga Kapulaga Hijau (credit: healthyliving)
Ilustrasi: Harga Hijau (credit: healthyliving)

sendiri berasal dari daerah Guatemala dan India, dan menjadi salah satu jenis rempah dengan harga yang lumayan mahal. Kapulaga umumnya dikonsumsi di Asia terutama di wilayah India, tetapi rempah yang satu ini sudah banyak menyebar hingga Eropa. Kapulaga sendiri ada begitu banyak macamnya, seperti kapulaga hitam, kapulaga madagascar, kapulaga putih, dan kapulaga hijau.

Bacaan Lainnya

dikenal memiliki bau yang khas, sehingga sering digunakan sebagai penambah rasa pada masakan. Di Indonesia terdapat dua jenis kapulaga yang dibudidayakan di antaranya kapulaga hijau dan kapulaga putih.

Jenis

  • putih: memiliki bentuk agak bulat dan ringan. Bijinya berwarna hitam dengan kulit kecokelatan.
  • hijau: memiliki bentuk sedikit lebih panjang dan pipih, bijinya hitam dengan kulit kehijauan serta aroma harum kuat.[1]
Baca juga  Update Harga Kopi Liberika (Semua Kemasan)

Perbedaan hijau dan putih terdapat pada cara budidaya, aroma, dan bentuknya. Jika kapulaga hitam kerap dijadikan penambah aroma pada makanan gurih atau pedas. Kapulaga hijau sering dijadikan bahan penambah aroma untuk jenis makanan manis dan lembut seperti teh, es krim, puding, manisan India, yogurt, sirup, kue manis, kolak dan lain-lain.

sendiri dianggap baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sabinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Menurut para ahli gizi, satu sendok kapulaga bubuk mengandung 6 kalori, 1 gram lebih karbohidrat dan kurang dari 1 gram protein dan lemak. Kandungan mangan pada kapulaga mengandung manfaat banyak untuk tubuh. Kali ini, kami akan mengajak Anda mengenal manfaat kapulaga hijau atau kapol India untuk kesehatan.

Manfaat Kapulaga Hijau

beberapa jenis kapulaga (sumber: bornali.biz)
beberapa jenis kapulaga (sumber: bornali.biz)
  • Dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mencegah hipertensi
  • Dapat berperan untuk detoksifikasi tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Obat depresi
  • Obat sakit tenggorokan
  • Meredakan asma
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Menjaga kesehatan kulit wajah dan kepala
  • Menjaga kesehatan rambut
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Baca juga  Info Terbaru Harga Sari Kurma HPAI (Member & Non-Member)

kapulaga hijau juga sering digunakan sebagai obat pereda sakit batuk. Bahkan, kapulaga hijau bisa dijadikan sebagai bahan pada produk sabun karena bermanfaat dan aman untuk kulit. Terlebih, kandungan pada kapulaga hijau yang dinilai sebagai anti bakteri. Saat ini, ekstrak kapulaga hijau dikemas dalam suplemen herbal, maka wajar jika rempah tersebut terbilang mahal di pasaran.

Harga Kapulaga Hijau di Pasaran

Ilustrasi: Manfaat Kapulaga Hijau (credit: Medical News Today)
Ilustrasi: Manfaat Kapulaga Hijau (credit: Medical News Today)
Varian Kapulaga Hijau Harga (Rp)
Kapulaga Hijau 10 Gram Green Cardamom Premium Original 15.000
Kapulaga Hijau bubuk 10 gr 18.000
Kapulaga India Premium/Kapol India 10g 21.000
Kapulaga hijau basah 1 kilo 25.000
Kapulaga Hijau 35 gram Green Cardamom 40.000
Kapulaga India merek Cairo Food 100 g 69.000
Kapulaga India Premium/Kapol India 100 gr 121.000
Kapulaga Hijau 500 gr 210.000
Kapulaga hijau India Arab 250 gr 225.000
Kapulaga hijau lokal 1 kg 300.000
Kapulaga hijau bubuk 500 gr 350.000
Kapulaga Hijau kering perkilo 375.000
Kapulaga Hijau India 1 kilogram 457.000
Kapulaga Hijau Cardamom merek Cardex 1kg 740.000
Kapulaga Hijau/Kapulaga India merk Country Super Foods 500 gr 865.000
Kapulaga Hijau Kapol India Merk Sunsmile 1 kg 928.000
Baca juga  Kandungan dan Update Harga Bibit Seledri

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kapulaga hijau tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, kapulaga hijau 10 gram Green Cardamom Premium Original yang semula dibanderol Rp10.000, naik menjadi Rp15.000.

Anda dapat membeli kapulaga hijau per kilo atau berbagai kemasan yang ditawarkan di pasar tradisional. Jika Anda tidak ingin repot ke luar rumah, tak ada salahnya memesan secara online melalui sejumlah situs jual beli terpercaya.

Meski memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kapulaga hijau secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Menurut para ahli, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi kapulaga sebagai obat herbal. Pasalnya, dapat berisiko terhadap kandungan. Untuk itu, sebelum mengonsumsi kapulaga hijau, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. [Update: Almas]

 

 

[1] Tim Dapur DeMedia. 2010. Kitab Masakan Nusantara: kumpulan resep pilihan dari Aceh sampai Papua. Jakarta: DeMedia, hlm. 1.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.