Khasiat dan Harga Kapulaga Hijau

No comment196 views

Salah satu jenis rempah yang cukup terkenal dan memiliki banyak khasiat adalah kapulaga. Di pasaran, tanaman herbal ini dijual dalam berbagai macam jenis, mulai dari kapulaga Jawa, kapulaga , kapulaga hitam, hingga kapulaga hijau. Sayangnya, dibandingkan rempah pada umumnya, harga kapulaga memang tidak bisa dikatakan murah.

Manfaat dan Kandungan Kapulaga Hijau

Ilustrasi: Manfaat Kapulaga Hijau (credit: commonrootfarm)

Ilustrasi: Manfaat Kapulaga Hijau (credit: commonrootfarm)

Kapulaga adalah salah satu tanaman obat tradisional yang dipakai untuk mengobati gatal, perut mulas, sesak napas, keletihan, demam, influenza, , dan lambung.[1] Selain itu, kapulaga hijau juga diklaim mampu menghangatkan tubuh dan meredakan mual.

Semua manfaat kapulaga hijau tentunya tidak lepas dari kandungannya. Konon, kapulaga ini memiliki beberapa kandungan aktif, di antaranya senyawa sineol, hepton, B-terpineol, sabinen, linalool, geranion, a-pinene, sabinene, limonene, dan terpenil asetat. Ada juga antioksidan dalam kapulaga hijau yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menjaga kesehatan tanpa efek toksik.

Untuk mendapatkan semua khasiat kapulaga hijau, banyak orang memanfaatkannya sebagai masak dan biasanya dipakai untuk memasak hidangan berempah, seperti soto tangkar, nasi briyani, rendang, sup ayam, nasi mandhi, dan sup ceker rempah kapulaga. Sementara itu, bagi Anda yang merasa kurang praktis jika dibuat bumbu masakan, Anda bisa mencoba minuman kapulaga.

Baca juga  Update Harga Globe (Bola Dunia) di Pasaran

Resep Minuman Kapulaga

Cara paling sederhana untuk mendapatkan manfaat kapulaga hijau secara langsung adalah membuat rebusan kapulaga hijau. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan air sebanyak 250 ml dan kapulaga hijau sebanyak tiga hingga tujuh butir. Kemudian, masukkan air ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Masukkan biji kapulaga ke dalam air yang mendidih selama hingga 5 menit.

Biarkan air rebusan hingga berubah warna dan matikan kompor. Siapkan saringan dan saring air rebusan, lalu masukkan ke dalam gelas saji. Seperti minuman tradisional pada umumnya, air rebusan biji kapulaga ini memiliki cita rasa yang pahit dan sedikit pedas, dengan aroma yang tajam. Jika Anda kurang suka dengan rasa atau aromanya, Anda bisa menambahkan madu dan sedikit air perasan lemon.

Ada juga yang menambahkan biji kapulaga hijau ke dalam wedang uwuh supaya lebih hangat dan memiliki banyak khasiat. Namun, cara membuat wedang uwuh kapulaga hijau terbilang agak rumit dibandingkan membuat air rebusan kapulaga, karena jumlah bahan yang harus disiapkan lebih banyak.

Baca juga  Info Terbaru Tarif & Cara Berlangganan TV dengan beIN Sport Murah

Dilansir dari cookpad, untuk membuat wedang uwuh, Anda membutuhkan 500 ml air, 35 gr serutan kayu secang kering, 40 gr gula batu, 1 ruas jari jahe yang sudah dimemarkan, 3 buah kapulaga hijau, 2 lembar daun kayu manis kering, 3 lembar daun cengkeh kering, 3 lembar daun pala kering, dan 8 butir cengkeh atau batang cengkeh. Sebelumnya, pastikan semua bahan sudah dicuci hingga bersih dan dikeringkan.

Ilustrasi: Kapulaga Hijau (credit: masterclass)

Ilustrasi: Kapulaga Hijau (credit: masterclass)

Masukkan air ke dalam panci dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Kemudian, masukkan jahe, cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, derutan secang, dan kapulaga. Setelah air berbuih dan agak berubah warna, tambahkan gula batu dan aduk hingga larut. Biarkan ramuan tercampur rata dan rebus selama kurang lebih sepuluh menit.

Matikan kompor dan biarkan hingga suhu wedang uwuh berubah menjadi hangat. Siapkan saringan dan saring ramuan tradisional ini ke dalam gelas saji. Hidangkan wedang uwuh selagi hangat sebagai obat tradisional untuk mengatasi mual, demam, flu, nyeri lambung, dan gatal tenggorokan.

Baca juga  Info Terkini Harga Minyak Telon Lang Original dan Plus (Semua Kemasan)

Diketahui juga, wedang uwuh bisa membantu meredakan panas dalam. Untuk tujuan itu, Anda hanya perlu membiarkan wedang uwuh hingga suhunya menjadi agak dingin dan tuang ke dalam gelas. Tambahkan sedikit es batu atau masukkan ke dalam lemari pendingin sebelum diminum.

Bagi Anda yang membutuhkan kapulaga hijau untuk keperluan pengobatan seperti di atas, Anda bisa membelinya di pasar atau situs e-commerce. Sebagai referensi harga kapulaga hijau, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Kapulaga Hijau

Merk/Varian Kapulaga HijauHarga
Kapulaga Hijau India Green Cardamom 1 kgRp520.000
Kapulaga Hijau Bubuk Cairo Food 100 grRp65.000
Kapulaga Hijau India Cardex 500 grRp230.000
Kapulaga Hijau India Cardex 1 kgRp620.000
Green Cardamom Kapulaga Hijau Cairo Food 50 grRp38.000
Kapulaga Hijau India Akbar 10 kgRp5.500.000

Harga kapulaga hijau di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga kapulaga hijau tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Indriani. 2016. Uji Aktivitas Antimikroba Fraksi Etil Asetat Daun Kapulaga (Amomum Compactum Soland) terhadap Beberapa Mikroba Uji (Skripsi). Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin .

 

author

Leave a reply "Khasiat dan Harga Kapulaga Hijau"