Info Dosis & Harga Obat Sariawan Kandistatin

No comment211 views

termasuk gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. bisa muncul di berbagai area rongga mulut, mulai dari , lidah, gusi, dan lain-lain. Jika sedang menderita sariawan, seseorang menjadi kurang berselera makan karena lesi putih yang muncul di rongga mulut tersebut menimbulkan rasa perih atau tidak nyaman ketika bergesekan dengan makanan atau benda lainnya.

Ilustrasi Sariawan (Sumber: Republika)

Ilustrasi Sariawan (Sumber: Republika)

Sariawan dapat disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari beberapa kondisi, seperti cedera karena tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi, penyakit autoimun seperti lupus, infeksi jamur, , atau bakteri di mulut atau bagian tubuh lainnya, hingga karena kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan juga faktor genetik.

Sariawan di mulut akibat jamur juga bisa dialami oleh . Segera konsultasikan ke agar si kecil mendapat obat jamur atau obat sariawan yang paling aman. Ingat, jangan gegabah memberikan obat-obatan, baik kimia atau tradisional saat anak sakit. Apabila terjadi kesalahan indikasi atau takaran justru akan menimbulkan masalah baru bagi si kecil.[1]

Pada dasarnya, sariawan tak perlu diobati dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. Namun demikian, Anda dapat melakukan penanganan secara mandiri di rumah untuk meredakan rasa yang ditimbulkan, misalnya saja dengan mengompres bagian yang terasa sakit dengan es batu. Di samping itu, Anda juga perlu lebih berhati-hati saat menyikat gigi, hindari makanan atau minuman yang dapat memperparah rasa pada sariawan, misalnya saja makanan yang rasanya pedas.

Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengobati masalah sariawan akibat infeksi jamur adalah Kandistatin. Kandistatin merupakan obat dalam sediaan suspensi atau cair produksi Metiska Farma yang digunakan untuk mengobati sariawan di mulut akibat pertumbuhan jamur. Kandistatin mengandung zat aktif Nystatin yaitu obat anti jamur yang bekerja dengan merusak sel jamur dan menghentikan pertumbuhan jamur Candida pada rongga mulut, tenggorokan, usus, dan alat kelamin wanita.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Laparoskopi (Laparoscopy) di Rumah Sakit Jakarta 

Kandungan Nystatin dalam obat Kandistatin mempunyai sifat anti-jamur. Nystatin sendiri kerap digunakan untuk mengatasi berbagai jenis jamur, seperti Candida albicans, C. parapsilosis, C. tropicalis, C. guilermondi, C. pseudotropicalis, C. krusei, Torulopsis glabrata, Tricophyton rubrum, T. mentagrophytes.

Kandidiasis oral dapat terjadi pada bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Penyakit ini umumnya muncul pada bayi atau orang yang mempunyai defisiensi imunitas. pada penyakit ini ditandai dengan munculnya lesi putih pada lidah dan juga di area mulut lainnya. Penyakit tersebut dapat digolongkan sebagai sariawan. Meski demikian, sariawan juga dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sebelum memakai obat Kandistatin, Anda harus memastikan bahwa sariawan yang Anda alami akibat infeksi dari jamur Candida, bukan disebabkan oleh hal lain.

Dilansir dari Honestdocs, Nistatin bekerja dengan cara mengikat sterol dalam membran sel jamur yang peka terhadap obat Kandistatin. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan permeabilitas membran dan kebocoran komponen intrasel yang menyebabkan kematian jamur. Akan tetapi, nistatin tak menunjukkan aktivitas berarti pada bakteri, protozoa, atau virus. Oleh sebab itu, obat Kandistatin disebut-sebut lebih ampuh untuk mengobati infeksi jamur.

Kandistatin

  • Bayi usia 1-12 bulan: 4 x sehari 2 ml (200.000 unit)
  • Anak umur 1-18 tahun: 4 x sehari 4-6 ml (400.000 unit)
  • Dewasa: 4 x sehari 4-6 ml (400.000-600.000 unit). Diberikan 1/2 dosis untuk setiap sisi rongga mulut.
Baca juga  Update Biaya Vaksin Herpes Zoster

Kandistatin sebaiknya didiamkan selama mungkin di dalam mulut sebelum ditelan. Lanjutkan hingga 48 jam setelah gejala hilang dan jamur Candida mulai terlihat berkurang.

KANDISTATIN-NYSTATIN (sumber: Tokopedia)

KANDISTATIN-NYSTATIN (sumber: Tokopedia)

Aturan Pemakaian Kandistatin

  • Gunakan drops untuk mengambil obat Kandistatin dari botol sesuai dengan dosis yang disarankan.
  • Teteskan setengah dosis Kandistatin pada rongga mulut bagian kanan dan setengahnya lagi pada rongga mulut bagian kiri.
  • Diamkan obat Kandistatin selama mungkin di dalam mulut sebelum ditelan.
  • Lanjutkan pemberian dosis minimal 48 jam setelah gejala berkurang.
  • Gunakan obat Kandistatin dengan jarak waktu yang sama dan di jam yang sama setiap harinya.
  • Apabila ada dosis yang terlewat karena lupa, maka segera gunakan obat Kandistatin saat ingat. Hal ini dilakukan apabila dosis obat berikutnya masih lama.
  • Hindari menggandakan dosis Kandistatin untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Efek Samping Kandistatin

Kandistatin disebut sebagai obat yang relatif aman digunakan, bahkan untuk jangka panjang. Kandistatin juga dapat terabsorpsi di dalam mulut, sehingga tak banyak obat yang masuk ke saluran pencernaan. Meski demikian, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi Kandistatin, yakni sebagai berikut:

  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Ruam merah pada kulit
  • Nyeri lambung

Selain itu, ada juga efek samping lain yang mungkin terjadi namun sangat jarang, seperti Urticaria atau kaligata maupun Steven-Johnson syndrome. Apabila Anda mengalami gejala efek samping seperti yang telah dijelaskan, sebaiknya segera hentikan pemakaian obat dan berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Peringatan & Perhatian Pemakaian Kandistatin

  • Obat ini masuk dalam kategori C untuk ibu hamil yang artinya bisa saja menimbulkan risiko, namun masih boleh digunakan apabila memang benar-benar dibutuhkan dan harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter.
  • Belum diketahui keamanan obat Kandistatin untuk ibu menyusui, sehingga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Jangan gunakan obat Kandistatin lebih dari 14 hari. Apabila gejala tidak juga membaik pada masa tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan kembali.
  • Dosis Nystatin tidak boleh melebihi 5 juta unit (50 ml Kandistatin) per hari atau akan menimbulkan gangguan saluran pencernaan.
  • Konsultasikan dengan dokter tentang kondisi kesehatan atau pengobatan lain yang sedang Anda jalani. Penggunaan obat Kandistatin bersamaan dengan obat lain mungkin menimbulkan interaksi obat yang menyebabkan turunnya kinerja obat atau meningkatkan efek samping.
  • Hindari penggunaan bila memiliki hipersensitif atau terhadap kandungan obat.
  • Kandistatin tidak dapat digunakan untuk mengobati mikosis sistemik.
  • Hentikan penggunaan obat jika timbul iritasi, alergi, atau gejala tak kunjung sembuh setelah selesai pemberian obat.
Cara Mencegah Munculnya Sariawan (sumber: webdailyhealth)

Cara Mencegah Munculnya Sariawan (sumber: webdailyhealth)

Harga Kandistatin

Kandistatin tergolong obat keras yang hanya bisa ditebus di apotik dengan resep dokter. Adapun harga obat Kandistatin Drop 100.000 IU/ML 12ML di Apotek K24 dibanderol Rp55.178 per botol. Selain di Apotek K24, Anda juga bisa membeli Kandistatin di sejumlah toko obat atau apotek terdekat lainnya di sekitar tempat tinggal Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa harga Kandistatin dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Kandistatin yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Dosis dan Harga Terbaru Obat Cataflam

[1] Tim Admin Grup Sharing ASI-MPASI (SAM). 2015. Superbook for Supermom: Bagian 3. Jakarta: Fmedia.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Dosis & Harga Obat Sariawan Kandistatin"