Harga Kandang Kucing dari Kayu di Pasaran

No comment377 views

merupakan yang paling banyak dipelihara karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Selain itu rasnya juga bermacam-macam, sehingga siapapun yang ingin memeliharanya bisa memilih ras apa yang diinginkan. Ditambah makanannya pun bisa dengan mudah dibeli di pasaran dalam berbagai jenis dan merek.

Wanita pemelihara kucing

Wanita pemelihara kucing

Selain makanan, faktor lain yang harus Anda pikirkan saat hendak memelihara kucing adalah . Karena kucing termasuk yang sering diajak bersosialisasi oleh para pemiliknya. Untuk itu, peran kucing sangat penting agar kucing Anda merasa nyaman di perjalanan. Ketimbang menggunakan tempat yang tidak standar untuk membawa kucing Anda, jelas adalah pilihan yang lebih layak.

Kandang kucing berperan penting sebagai tempat kucing beristirahat. Bila akan ditinggal untuk pergi sesaat tanpa pengawasan, menaruh kucing Anda di kandang adalah pilihan yang tepat. Selain memudahkan dia memperoleh pakan dan minum, kandang akan meminimalisir kemungkinan kucing Anda hilang. Kucing yang dibiarkan lepas terkadang naik ke tempat-tempat berbahaya bahkan hilang dari sekitar kediaman. Tidak jarang pula, kucing terperangkap di tempat orang lain.

Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kandang kucing sendiri. Bila Anda kreatif, kandang kucing buatan tangan tidak hanya terasa nyaman tapi juga enak dipandang. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kandang sendiri.

Kandang Kucing Alumunium

Alumunium termasuk sebagai material terbaik dalam membuat kandang kucing karena ringan dan tidak berkarat. Hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan penting. yang baik diharapkan akan memberikan kenyamanan dan kucing pun terjaga kesehatannya. Namun sayangnya, alumunium termasuk cukup tinggi. Harganya terbilang mahal untuk digunakan sebagai material pembuat kandang kucing.

Kandang kucing bahan aluminium (sumber: curvetube.com)

Kandang kucing bahan aluminium (sumber: curvetube.com)

Kandang Kucing Kayu

Sebagai material pembuat kandang kucing, bahan kayu lumayan terjangkau. Kalau ingin lebih hemat. Anda juga bisa menggunakan kayu-kayu sisa tidak terpakai di sekitar . Tentunya kayu-kayu sisa ini harus dibersihkan terlebih dulu. Kelemahan dari penggunaan material ini adalah masa pemakaian yang lebih singkat dibandingkan dengan jenis bahan kandang lain. Belum lagi, kayu cenderung mudah berjamur dan lapuk. Bisa Anda bayangkan di dalam kandang itu kucing Anda akan makan, minum, dan buang kotoran. Hal-hal tersebut akan meningkatkan kelembapan kandang.

Tidak hanya itu, sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel dalam kandang berpotensi menjadi lokasi tumbuhnya jamur. Efek sampingnya, si kucing bisa terinfeksi jamur dan jatuh sakit. Anda tentu tidak mau membiarkan kucing Anda yang lucu tinggal di kandang yang dipenuhi dengan jamur, kan?

Kandang kucing bahan kayu (sumber: meongku.com)

Kandang kucing bahan kayu (sumber: meongku.com)

Kandang Kucing Besi

Material besi adalah yang paling umum dan paling sering digunakan dalam membuat kandang kucing. Besi lebih kuat, tahan lama, dan masih terjangkau harganya. Namun, bukan berarti pemilihan material ini sebagai bahan pembuatan kandang kucing tidak memiliki kekurangan. Material besi identik dengan karat.

Bila Anda kurang rajin dan teliti dalam membersihkan sisa makanan atau kotoran yang ada di dalam kandang kucing, karat bisa muncul dalam waktu yang singkat. Tenang saja, karat tetap bisa dijauhkan dari kandang kucing berbahan baku besi. Caranya adalah dengan memilih cat yang baik untuk melapisi kandang kucing dari besi. Cat khusus ini bisa menahan besi dari kemungkinan kandang untuk berkarat.

Kucing dalam kandang besi (sumber: meongku.com)

Kucing dalam kandang besi (sumber: meongku.com)

Kandang Kucing Pipa

Pipa menjadi salah satu material yang bisa Anda pilih sebagai bahan pembuat kandang kucing. Harganya termasuk murah dengan daya tahan yang kuat, sehingga tahan lama. Hal yang perlu Anda perhatikan dari memilih bahan ini adalah proses pembuatan kandang. Jika Anda menggunakan pipa, terdapat kemungkinan kesalahan dalam menyatukan antar pipa. Akibatnya adalah membuat kandang mudah rusak dan hancur.

Kandang kucing dari bahan pipa (sumber: meongku.com)

Kandang kucing dari bahan pipa (sumber: meongku.com)

Dalam membuat kandang kucing sendiri, Anda tidak hanya perlu mempertimbangkan mengenai bahan baku. Anda juga harus memikirkan segala aspek yang mampu memenuhi kenyamanan kucing peliharaan selama berada di kandang.

Selain material, hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah ukuran kandang yang akan Anda buat. Salah satu cara menentukan ukuran kandang kucing yang baik adalah dengan melakukan pengukuran atas berat, panjang dan tinggi kucing yang akan Anda buatkan kandang.

Sesuaikan juga ukuran kandang dengan jumlah kucing yang akan menempati kandang tersebut. Bila kandang akan ditempati lebih dari seekor kucing, maka perhitungkan perbandingan antara berat, panjang, dan tinggi kandang, dengan luas kandang. Jangan lupa untuk membuat ukuran kandang kucing pas dengan kebutuhan. Pastikan kandang tidak terlalu besar atau terlampau sempit.

Anda juga harus memastikan bahwa kucing merasa nyaman di dalam kandangnya. Ruangan di dalam kandang harus cukup luas, meski telah diletakkan tempat tidur, wadah makanan, dan minuman, serta litter box. Bukan cuma itu, ruangan dalam kandang sebisa mungkin masih menyediakan tempat untuk kucing meregangkan tubuh.

Memilih alas yang akan digunakan pada kandang kucing juga penting untuk Anda pertimbangkan. Usahakan memilih alas kandang kucing yang nyaman. Beberapa alas kandang punya kemampuan untuk menyerap bau. Bahkan beberapa merek juga menyediakan alas yang beraroma wangi.

Jika Anda memutuskan menggunakan alas kandang dari plastik yang biasanya dijual di pasaran, maka pilihlah alas kandang dengan celah yang lebih kecil dibanding ukuran kaki kucing Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah kaki kucing masuk dan terjebak di antara celah. Anda juga bisa memilih alas kandang kucing dari bahan keramik. Selain kuat, alas kandang dari keramik juga mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan kotoran-kotoran seperti karat.

Harga Kandang Kucing Kayu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, material untuk membuat kandang kucing terdiri dari beberapa jenis, seperti alumunium, besi, pipa, dan kayu. Harga kandang kucing sendiri beragam tergantung bahan atau material yang Anda pilih dan ukurannya. Untuk material kayu, biasanya berkisar mulai Rp300 ribu-an hingga Rp2 juta-an.

Baca juga  Update Harga Keramik Mozaik untuk Kitchen Set
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Kandang Kucing dari Kayu di Pasaran"