Harga Kampas Ganda Suzuki Hayate (Asli dan KW)

No comment476 views

Kebayakan skuter memiliki yang bernama kampas kopling ganda. Terletak di bagian CVT, part ini memiliki menyalurkan sekaligus memutuskan tenaga putaran dari CVT depan ke belakang. Jika kampas kopling ganda ini sudah mulai aus, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Nah, apabila kebetulan skuter Anda adalah Hayate, komponen tersebut di pasaran berkisar Rp250 ribuan sampai Rp300 ribuan untuk orisinal.

Menurut salah satu mekanik yang praktik di spesialis matik, Takutic, di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, seperti dilansir Gridoto.com, berbicara fungsi, kampas kopling ganda dikatakan penting untuk membantu skuter matik jalan. Kampas kopling ganda ini berfungsi menyalurkan sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

Kampas Ganda Suzuki Hayate - www.bukalapak.com

Kampas Ganda Suzuki Hayate - www.bukalapak.com

Cara kerjanya, ketika mesin masih dalam kondisi mati, kampas kopling primer belum menempel pada clutch housing. Sementara itu, pada kopling sekunder, sebaliknya justru akan terhubung. Saat mesin dinyalakan, putaran kampas kopling ini akan menimbulkan gaya sentrifugal, sehingga kampas rem akan lebih renggang. Meski demikian, gaya sentrifugal belum terlalu besar sehingga tidak akan ‘menyentak’.

Ketika Anda melakukan akselerasi, maka akan terjadi penambahan rpm mesin. Penambahan rpm mesin ini akan berimbas pada meningkatnya gaya sentrifugal di dalam kopling primer, sehingga kampas kopling semakin merenggang dan hasilnya ada hubungan antara kampas kopling dan clutch housing. Ini akan membuat putaran mesin tersalur dari kampas kopling prime, menuju kopling sekunder, dan putaran akan tersalurkan ke roda.

Nah, jika kampas kopling ganda sudah mulai aus, biasanya ditandai dengan gejala tarikan skuter menjadi lebih berat. Jika memaksakan kampas ganda yang aus, bisa merusak part lain di bagian CVT, salah satunya adalah mangkok kopling. Mangkok kopling otomatis beradu dengan logam, yang akibatnya pasti akan menipis dan selip.

Parahnya, kalau dipaksakan dipakai, per kampas kopling ganda bisa jebol, yang akibatnya kampas terus menggesek mangkok kopling dan pasti roda terus berputar. Akibatnya, skuter matik Anda akan terus berjalan padahal Anda tidak sedang menarik tuas gas, yang akhirnya tentu akan berbahaya bagi keselamatan.

Nah, jika kampas kopling ganda skuter matik Anda aus atau perlu diganti, saat ini sudah banyak pedagang yang menawarkan part tersebut. Khusus untuk skuter matik Suzuki Hayate, part kampas ganda model ini sekarang ditawarkan dengan harga Rp250 ribuan sampai Rp300 ribuan untuk produk asli. Sementara, untuk produk KW, harga jual cenderung jauh lebih murah.

Sekadar informasi, hindari menggunakan kopling sentrifugal dengan ketebalan kampas yang sudah turun lebih dari 1 mm dari ukuran standar. Misal, standar 21,46 mm dan kampas aus 20,37 mm, atau paling mudah adalah memerhatikan ketinggian kampas. Di kampas baru, ada tingkat permukaan. Jika tingkatan ini habis atau tidak rata dari ujung ke ujung, maka itu salah satu gejala kampas sudah habis.

Baca juga  Update Harga Harley Davidson Street 500 (Baru dan Bekas)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Kampas Ganda Suzuki Hayate (Asli dan KW)"