Update Harga KalsiClad 10 dan KalsiClad 12 (Semua Ukuran)

Tidak cuma interior, sisi eksterior juga harus Anda perhatikan agar ingin tampilan hunian atau bangunan menjadi lebih menarik. Nah, untuk tujuan tersebut, Kalsi menawarkan KalsiClad, sebuah papan fiber semen yang diklaim cocok dipasang untuk dinding agar tampak eye-catching. Tersedia dalam dua varian, yakni KalsiClad 10 dan KalsiClad 12, material ini berkisar ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: KalsiClad (credit: kalsi.co.id)
Ilustrasi: KalsiClad (credit: kalsi.co.id)

Dalam suatu bangunan, desain eksterior dan interior memiliki peranan yang sangat penting dalam mengekspresikan suatu yang ingin disampaikan. Sebuah desain eksterior bangunan harus dapat mengekspresikan sifat bangunan yang bersangkutan, sedangkan desain interior dapat mempertegas ekspresi yang ingin disampaikan bangunan tersebut serta dapat membuat nyaman pengunjung yang datang.[1]

Bacaan Lainnya

Kebanyakan orang mungkin lebih mementingkan menata ruang interior daripada eksterior. Padahal, area bangunan juga tidak kalah pentingnya. Fasad atau tampak depan (luar) merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dihilangkan, bahkan menjadi bagian penting dalam sebuah karya arsitektur.[2] Melalui fasad ini, kita dapat memperoleh gambaran tentang fungsi-fungsi ruang bangunan yang berada di baliknya.

Sejumlah pendapat menuturkan, fasad adalah salah satu elemen yang dimiliki oleh selubung bangunan, punya makna sebagai muka arsitektur, menghubungkan antara ruang dalam dan ruang luar. Merupakan elemen yang pertama kali dilihat dan diapresiasi, fasad terdiri dari beberapa elemen, antara lain jendela, pintu, dinding, atap, serta sun shading.[3]

Baca juga  Update Harga Balon Gas Helium (Huruf dan Angka)

Varian KalsiClad

Nah, bagi Anda yang menata dinding luar bangunan atau rumah agar terkesan mewah, selain kuat dan tahan benturan, salah satu produk yang kerap direkomendasikan adalah KalsiClad. Ini adalah papan fiber semen produksi Kalsi yang dikatakan cocok untuk aplikasi papan dinding luar. Biasanya, produk ini digunakan di dinding bangunan hotel, restoran, hotel, serta gedung publik lainnya.

Ilustrasi: papan KalsiClad (sumber: rumah.com)
Ilustrasi: papan KalsiClad (sumber: rumah.com)

Dilansir dari situs resmi perusahaan, KalsiClad setidaknya hadir dalam dua varian. Varian pertama adalah KalsiClad 10, sebuah papan fiber semen dengan ketebalan 10 mm, cocok untuk digunakan sebagai dinding luar. KalsiClad 10 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai (desain, dimensi, ketebalan, dan jarak yang direkomendasikan). Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung, dan tingkat resiko gempa juga perlu diperhitungkan dengan saksama.

Ketika memasang KalsiClad 10 sebagai papan dinding luar, menurut pihak perusahaan, sambungan bisa dibiarkan terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembapan. Pabrikan sendiri menyarankan untuk menggunakan sealant polyurethane dengan terhadap sinar UV dari matahari dan sealant yang dapat dicat.

Baca juga  Harga Gendongan Bayi Depan Snobby dan Spesifikasinya di Pasaran

Sementara itu, tipe kedua adalah KalsiClad 12, yang seperti namanya, punya ketebalan 12 mm dan cocok untuk aplikasi dinding luar. Menurut perusahaan, KalsiClad 12 berbeda dari KalsiClad 10 karena lebih tebal sehingga lebih kuat dan tahan benturan. KalsiClad 12 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai (desain, dimensi, ketebalan, dan jarak yang direkomendasikan). Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung, dan tingkat risiko gempa pun perlu diperhitungkan dengan saksama.

Sama seperti KalsiClad 10, saat memasang material ini sebagai papan dinding luar, sambungan bisa dibiarkan terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembapan. Perusahaan menyarankan untuk menggunakan sealant polyurethane dengan terhadap sinar UV dan sealant yang dapat dicat.

Apabila Anda tertarik menggunakan KalsiClad 10 atau KalsiClad untuk dinding luar bangunan, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Anda bisa membelinya di agen resmi Kalsi, sejumlah toko bahan bangunan, atau lewat situs jual beli online. yang dipatok bervariasi, tetapi rata-rata terjangkau. Berikut kisaran harga KalsiClad di pasaran.

KalsiClad

Ilustrasi: papan KalsiClad untuk eksterior (sumber: kalsi.co.id)
Ilustrasi: papan KalsiClad untuk eksterior (sumber: kalsi.co.id)
Tipe KalsiClad Berat
KalsiClad 10 (2400 x 1200 mm) 42,1 kg Rp200.100
KalsiClad 10 (2440 x 1220 mm) 43,5 kg Rp208.000
KalsiClad 10 (2700 x 1200 mm) 47,3 kg Rp225.100
KalsiClad 10 (3000 x 1200 mm) 52,6 kg Rp250.100
KalsiClad 12 (2400 x 1200 mm) 50,5 kg Rp242.450
KalsiClad 12(2440 x 1220 mm) 52,5 kg Rp251.850
KalsiClad 12(2700 x 1200 mm) 56,8 kg Rp272.650
KalsiClad 12(3000 x 1200 mm) 63,1 kg Rp303.150
Baca juga  Update Kisaran Harga Kuda Sumbawa (Dewasa dan Anakan)

KalsiClad 10 dan KalsiClad 12 di atas kami rangkum dari brosur resmi milik perusahaan. Perlu Anda ketahui bahwa harga material tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Meski demikian, dibandingkan tahun sebelumnya, harga material ini masih belum berubah. Namun, perlu Anda catat bahwa harga dapat berbeda jika Anda membeli di toko bangunan atau situs e-commerce.

[1] Riany, Meta, dkk. 2013. Kajian Ekspresi Bangunan Eiger Adventure Store Jl. Sumatera Bandung Ditinjau dari Eksterior dan Interior Bangunan. Jurnal Reka Karsa Institut Teknologi Nasional, Vol. 2(1): 1-10.

[2] Setiawan, Dedi dan Tin Budi Utami. 2016. Tipologi Perubahan Elemen Fasad Bangunan Ruko pada Penggal Jalan Puri Indah, Jakarta Barat. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, Vol. 6(1): 15-24.

[3] Utami, dkk. 2013. Kajian Bentuk dan Fasade Hotel Hilton Bandung. Jurnal Rekakarsa Institut Teknologi Nasional, Vol. 1(1).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.