Update Harga Kaktus Mini untuk Hiasan Rumah & Cara Merawat

Bunga merupakan salah satu ornamen yang sangat cocok dijadikan hiasan dalam rumah. Selain bentuk yang cantik, kehadiran bunga juga bisa mempercantik ruangan rumah Anda. Belakangan ini tren kaktus hias mini sedang melanda . Banyak yang mulai melirik tanaman yang hidup di gurun pasir ini sebagai hiasan di dalam ruangan. Tak heran, jika kini permintaan kaktus mini terbilang tinggi di pasaran, terlebih harga jualnya cukup terjangkau.

Cara Merawat Kaktus Mini

Kaktus bisa digunakan untuk tanaman hias pekarangan rumah. Tanaman kaktus hias yang berukuran mini biasa ditanam pada media pot. Selain hiasan rumah, tanaman kaktus hias berukuran mini juga banyak diperjual-belikan untuk kado dan souvenir acara-acara pernikahan. 

Bacaan Lainnya

Selain bentuk yang lucu dan manis, perawatan kaktus juga tidak ribet dan bisa bertahan lama. Tanaman kaktus (famili cactaceae) mampu hidup cukup lama pada lingkungan yang dengan tanah kering dan sedikit air. Habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir sehingga karakteristik tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya.

Karakteristik tanaman kaktus ialah memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada batang kaktus tersusun dengan jaringan spons untuk penyimpanan kadar air. Akar yang dimiliki kaktus sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi untuk lebih bisa menjangkau dan mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam rumah.

Tanaman kaktus hias yang banyak dimanfaatkan adalah jenis kaktus mini. Kaktus mini biasa ditaruh pada meja ruang tamu sebagai pelengkap hiasan dekorasi ruang tamu. Selain itu, Anda juga bisa menghias meja kerja Anda dengan tanaman yang unik dan indah ini.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenisnya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dari segi bentuk dan warna bunganya. Berikut macam-macam tanaman kaktus hias yang bisa Anda miliki.

Macam-macam Tanaman Kaktus Hias

Parodia

Kaktus jenis cocok untuk ruangan Anda yang jauh dari sinar , karena kaktus dengan bentuk seperti bola berduri ini nggak suka terkena matahari. Kaktus jenis ini juga memiliki bunga berwarna kuning, merah, dan pink yang bisa bikin ruangan Anda semakin manis.

Kaktus mini jenis Parodia (sumber: desertplantsofavalon.com)
Kaktus mini jenis Parodia (sumber: desertplantsofavalon.com)

Ariocarpus

Ariocarpus merupakan jenis kaktus yang tidak berduri, bentuknya juga unik karena daunnya berbentuk prisma. Kaktus ini juga memiliki bunga dalam berbagai warna seperti ungu, putih, pink, kuning dan merah.

Kaktus mini jenis Ariocarpus (sumber: dekoruma.com)
Kaktus mini jenis Ariocarpus (sumber: dekoruma.com)

Astrophytum

Astrophytum merupakan salah satu jenis kaktus yang mudah berbunga. Bunga yang dihasilkan memiliki warna seperti kuning dan merah pink yang bisa mempermanis ruangan Anda.

Kaktus jenis Astrophytum (sumber: gardentags.com)
Kaktus jenis Astrophytum (sumber: gardentags.com)

Echinocactus Grusonii

Kaktus ini adalah salah satu jenis kaktus yang banyak dikoleksi oleh pecinta kaktus di Indonesia. Meskipun bentuknya mirip gentong besar, namun harga pasarannya bisa sangat tinggi. Bisa juga tanaman ini Anda letakkan di ruang tamu rumah Anda.

Echinocactus Grusonii (sumber: giromagi.com)
Echinocactus Grusonii (sumber: giromagi.com)

Echinofossulocactus

Kaktus jenis ini merupakan salah satu jenis kaktus yang pertumbuhannya lambat. Meskipun begitu, bentuknya yang berwarna hijau tua dengan duri tajam ini bisa jadi ornamen hiasan yang bisa mempermanis ruangan Anda.

Kaktus jenis Echinofossulocactus (sumber: picclick.com)
Kaktus jenis Echinofossulocactus (sumber: picclick.com)

Gymnocalycium

Kaktus jenis ini berasal dari Amerika Selatan yang memiliki bunga sangat indah. Sangat cocok untuk Anda taruh di meja belajar dalam kamar Anda.

Kaktus jenis Gymnocalycium (sumber: giromagi.com)
Kaktus jenis Gymnocalycium (sumber: giromagi.com)

Haworthia Attenuata

Bentuknya yang unik mirip lidah buaya ini berasal dari Afrika Selatan yang sangat cocok Anda jadikan hiasan dalam ruangan. Kaktus ini memang memiliki tingkat toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah.

Haworthia Attenuata (sumber: pinterest)
Haworthia Attenuata (sumber: pinterest)

Lobivia Oganmaru

Kaktus yang satu ini bisa Anda jadikan hiasan untuk dalam maupun luar rumah. Bentuknya yang unik seperti lempengan hijau dan mempunyai warna kuning mencolok di atasnya bisa mempermanis meja dalam ruangan Anda.

Lobivia Oganmaru (instagram: @rurflorist)
Lobivia Oganmaru (instagram: @rurflorist)

Mammillaria Elongata

Kaktus mini jenis Mammillaria elongata ini terdiri atas banyak batang yang seluruh permukaannya ditutupi oleh duri halus berwarna kuning. Kaktus jenis ini bisa tumbuh hingga 20 cm dan mengeluarkan bunga berwarna putih. Tapi ingat, salah satu cara merawat tanaman jenis ini adalah meletakkannya di tempat yang teduh dan sedikit terkena paparan sinar matahari agar bisa hidup dalam waktu lama.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Mammillaria Elongata var. Intertexta

Kaktus mini berikutnya masih satu jenis dengan Mammillaria elongata. Perbedaannya ada pada ukuran batang yang lebih besar dan permukaannya ditutupi oleh duri halus berwarna merah. Kaktus jenis ini termasuk dalam kategori kaktus yang mudah berbunga.

Mammillaria Elongata var. Intertexta (sumber: Wikipedia)
Mammillaria Elongata var. Intertexta (sumber: Wikipedia)

Kaktus Mini Melocactus

Kaktus mini jenis Melocactus memiliki bentuk batang yang bulat dan ditumbuhi duri berwarna putih yang berjejer rapi di setiap sisinya. Yang membuat kaktus ini unik adalah bagian atasnya yang ditumbuhi batang berbentuk pipih dengan warna cerah, seperti memakai mahkota atau topi.

Kaktus mini jenis Melocactus (sumber: giromagi.com)
Kaktus mini jenis Melocactus (sumber: giromagi.com)

Mammillaria Fraileana

Kaktus mini jenis Mammillaria fraileana ini bisa dibilang cukup meriah penampilannya. Batang utamanya berbentuk bulat dan ditutupi duri panjang berwarna cokelat kemerahan. Jika bunganya sudah tumbuh, ukurannya cukup besar dan tidak hanya satu. Di sekitar batang utama akan bermunculan batang-batang kecil.

Mammillaria Fraileana (sumber: Pinterest)
Mammillaria Fraileana (sumber: Pinterest)

Tanaman kaktus tidak hanya bisa ditemukan di gurun pasir tapi juga di rumah-rumah. Tentunya dalam ukuran yang lebih kecil atau biasa disebut sebagai kaktus hias atau sering disebut juga kaktus mini. Kaktus hias, beserta dengan sukulen, juga merupakan tanaman favorit untuk menghias taman kering. Selain itu, banyak pula kaktus mini yang digunakan sebagai kado wisuda maupun pernikahan. Berikut daftar harga sejumlah kaktus mini di pasaran. 

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Kaktus Mini di Pasaran

Varian Kaktus Mini Kisaran Harga (Rp)
Kaktus Sakura Sukulen 10.000
Kaktus Lobivia Oganmaru 35.000
Kaktus Haworthia Attenuata 45.000
Kaktus Mammillaria Fraileana 68.400
Kaktus Mammillaria Elongata 40.000
Kaktus Mammillaria Elongata var. Intertexta 40.000
Kaktus Echinocactus Grusonii 75.000
Kaktus Astrophytum 100.000
Kaktus Gymnocalycium 100.000
Kaktus Parodia 115.000
Kaktus Mini Melocactus 200.000
Kaktus Echinofossulocactus 300.000
Kaktus Ariocarpus 500.000

Sebelum populer, harga jual kaktus tahun 2019 dalam kemasan polybag yang paling murah hanya Rp10 ribuan. Namun, seiring peminatnya yang semakin meningkat membuat harga kaktus terus melonjak mulai 2020. Harga kaktus di pasaran paling mahal mencapai Rp500 ribu.

Menginjak 2021 dan 2022, penjualan kaktus Ariocarpus terbilang naik dari Rp500 ribu tahun 2020, menjadi Rp900 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp1 jutaan tahun 2022, namun tahun 2023 turun drastis jadi Rp500 ribu.

Begitu pula dengan jenis lain seperti Echinocactus Grusonii dari Rp45 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp75 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp75.500 tahun 2022 dan 2023. Tak ketinggalan jenis kaktus Haworthia Attenuata dari harga Rp12 ribu tahun 2020 menjadi Rp40 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp45 ribu tahun 2022 dan 2023 per potnya. Harga di atas tentunya dapat berbeda tergantung lokasi pembelian dan promo dari penjual.

[Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *