Info Harga Kaktus Mini Dalam Berbagai Jenis

No comment214 views

Tanaman kaktus begitu populer dijadikan hiasan di rumah atau bahkan café-café karena pemeliharaannya yang mudah. Kaktus yang berukuran mini memang tampak menarik apabila diletakkan di sudut-sudut yang tepat. Ada begitu banyak jenis kaktus mini di pasaran yang umumnya dijual dengan yang relatif terjangkau.

Secara umum kaktus menyukai tempat yang memiliki kelembapan rendah dan bersuhu tinggi. Hal itu dikarenakan kaktus telah berevolusi sehingga mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kering. Akak kaktus mampu menyerap air secara optimal lalu menyimpannya dalam waktu lama. Itulah sebabnya bila tanaman ini tergolong “bandel”, artinya tidak perlu perawatan khusus untuk tumbuh dan berkembang.

Ilustrasi: Kaktus Mini Untuk Dekorasi Rumah (credit: southernliving)

Ilustrasi: Kaktus Mini Untuk Dekorasi Rumah (credit: southernliving)

Sebagai tanaman sukulen, kaktus mudah menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dan toleransi tinggi terhadap perubahan kelembapan udara, curah hujan, atau sinar matahari. Kaktus tumbuh di daerah panas hingga dataran tinggi, bahkan gunung bersalju sekalipun hingga ketinggian 1.200 m dpl.

Di habitat aslinya (Amerika dan Brazil), kaktus lebih cocok tumbuh di daerah sub-tropis beriklim sedang hingga tropis. Akan tetapi, kaktus menyukai daerah yang mempunyai curah hujan minimal (di bawah 60 mm per bulan). Pada kondisi itu, udara sangat panas dan matahari bersinar sepanjang hari (50-80%). Lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan kaktus adalah bersuhu 16-4°C dan kelembapan udara 30-90%.[1]

Kurang lebih 2.000 spesies kaktus tersebar di belahan dunia. Masing-masing jenis memiliki sifat dan karakter tersendiri. Oleh karena itu, pemilihan jenis kaktus sangat berpengaruh pada lokasi dan tujuan. Apakah ingin ditanam di atau sekadar pajangan di teras dan “pemanis” meja tamu.

Beberapa jenis kaktus membutuhkan sinar matahari sehingga cocok ditanam di halaman atau teras rumah (landscape). Contohnya Astrophytum asterias, Ferocactus herrerae, dan Acanthocalycium violaceum. Selain itu, ada pula jenis kaktus yang tahan dipajang di dalam rumah atau diletakkan di dekat jendela, contohnya Aporocactus flagelliformis, Austracephalocereus dybowskii, atau Discocactus horstii. Bahkan, ada beberapa jenis kaktus, seperti Thelocactus, Rebutia, Parodia, dan Matucana yang membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang. Kaktus tersebut kebanyakan dirawat di teras rumah.

Baca juga  Info Terbaru Harga PVC Lembaran (Berbagai Ukuran)

Dari segi sosoknya, ada beberapa jenis kaktus yang cocok untuk ornamental plant di halaman. Contohnya, Cereus hildamannianus var. monstrose yang sosok batangnya unik dan berlekuk-lekuk tak beraturan. Jenis lain Cleisttocactus straussii, Stenocereus thurberi, Stetsonia coryne, dan Pachycereus pringlei karena batang silindris dan bersosok menjulang tinggi. Di , jenis yang paling populer adalah Opuntia microdasys karena berbentuk pipih seperti telapak tangan. Namun, kaktus dari Rebutia, Mammillaria, Matucana, dan Parodia kebanyakan ditanam di pot sebagai hiasan yang menarik.[2]

Selain itu, berkembang pula tren memelihara kaktus mini atau kaktus hias yang cukup cantik untuk diletakkan di meja atau menjadi dekorasi . Rata-rata tinggi kaktus mini adalah sekitar 6 cm dan panjang masing-masing tunasnya 3-4 cm. Kaktus ini memiliki bentuk yang unik, cantik, dan segar, sehingga cocok ditaruh di atas meja kerja, ruang tamu, dan ruangan indoor.[3]

Kaktus, sama seperti tanaman lainnya, membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Meskipun tanaman gurun ini dapat bertahan dalam waktu singkat tanpa sinar matahari, mereka membutuhkan banyak paparan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang. Biasanya, tanaman kaktus mini membutuhkan setidaknya empat jam sinar matahari langsung setiap hari untuk tumbuh subur.[4] Sebagai gambaran, berikut beberapa jenis kaktus mini yang menarik untuk dimiliki.

Ilustrasi: Berbagai Jenis Kaktus Mini (credit: AliExpress)

Ilustrasi: Berbagai Jenis Kaktus Mini (credit: AliExpress)

Jenis Kaktus Mini

Kaktus Mini Gymnocalycium

Mungkin belum banyak dari Anda yang tahu bahwa beberapa jenis kaktus ternyata bisa menumbuhkan bunga. Contohnya seperti Gymnocalycium yang berbentuk mirip buah labu dengan tanduk ini. Rupanya, bunga nantinya tumbuh dari bagian tanduk tersebut. Uniknya, meski bagian “labu” ditumbuhi duri, bagian tanduknya justru tidak dipenuhi duri. Bunga akan tumbuh dengan indah di beberapa sisi dengan warna yang cerah.

Baca juga  Harga Mika Akrilik Lembaran Terbaru (Bening, Susu, Putih, Warna)

Kaktus Mini Echinocactus Grusoni

Kaktus mini satu ini memiliki bentuk mirip gentong. Tak heran jika kaktus ini kerap dinamai gentong emas atau golden barrel. Alasannya karena di seluruh permukaan Echinocactus ditumbuhi duri berwarna kuning kecokelatan. Echinocactus termasuk jenis kaktus favorit para pencinta tanaman.

Kaktus Mini Haworthia attenuata

Jenis kaktus hias lainnya yang tak kalah menarik adalah Haworthia attenuata. Tanaman ini kerap dijuluki zebra atau mini. Haworthia mempunyai duri-duri kecil di bagian pinggir batang. Menariknya lagi, tanaman ini dapat bertahan hidup walaupun dengan sedikit cahaya, sehingga cocok dijadikan tanaman penghias ruangan.

Kaktus Mini Cereus Tetragonus

Kaktus yang memiliki nama lain fairy castle ini disebut dapat tumbuh menyerupai kastil. Meski ukurannya kecil, Cereus Tetragonus rupanya bisa tumbuh tinggi dan bercabang dengan tampilan yang sangat menarik.

Kaktus Mini Ariocarpus

Jika Anda sedang mencari tanaman kaktus mini yang tidak berduri, jenis Ariocarpus tampaknya bisa menjadi pilihan. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk prisma. Selain karena tidak berduri, Ariocarpus semakin indah karena mempunyai bunga yang cantik.

Kaktus Mini Mammillaria Elongata

Mammillaria Elongata terdiri dari beberapa batan yang seluruh permukaannya ditumbuhi dengan duri halus berwarna kuning. Kaktus satu ini dapat tumbuh hingga berukuran 20 cm dan mengeluarkan bunga berwarna putih. Namun, Mammillaria Elongata harus diletakkan di tempat yang teduh dan sedikit terkena paparan sinar matahari supaya tidak cepat mati.

Ilustrasi: Perawatan Kaktus Mini (credit: womansworld)

Ilustrasi: Perawatan Kaktus Mini (credit: womansworld)

Daftar Harga Kaktus Mini

Jenis Kaktus Hias MiniHarga (Rp)
Kaktus ownroot mini6.999
Kaktus echinopsis hijau grafting mini7.000
Kaktus mini rebutia7.000
Kaktus ogan maru grafting mini7.500
Kaktus skopa mini8.000
Kaktus claster grapting mini ekor tupai merah9.500
Kaktus mini pine tree10.000
Kaktus candi/cereus tetraganus12.000
Kaktus mickey mouse kuning ownroot mini12.500
Kaktus capiopoa15.000
Kaktus centong mini20.000
Kaktus mini opountia erinaceae22.000
Kaktus gymno import mini24.500
Kaktus Mammillaria Backebergiana mini25.000
Kaktus grafting mini ice cream25.000
Kaktus sukulen mini tiger tooth25.555
Kaktus mini (Euphorbia Submammillaris Fa)25.725
Kaktus mini jade dollar29.900
Kaktus grepto mini cluster35.000
Kaktus gymno blackpink grafting48.000
Kaktus tombak mini50.000
Kaktus estagnol55.000
Kaktus Tulang Naga / Euphorbia Lactea Variegata56.700
Kaktus mini cereus65.000
Kaktus hawortia zebrina/zebra65.000
Kaktus bintang mini85.000
Kaktus koboi mini135.000
Kaktus rainbow mini325.000
Baca juga  Harga Gery Saluut Malkist (Semua Rasa dan Kemasan)

Informasi harga kaktus mini hias di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga kaktus mini dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kaktus mini yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda tertarik untuk memiliki kaktus mini di rumah, Anda bisa membelinya di toko-toko tanaman hias terdekat. Selain itu, Anda juga bisa membeli kaktus mini lengkap dengan pot-nya secara online melalui sejumlah marketplace favorit Anda.

[1] Leo, YC dkk. 2007. Kaktus, Cantik & Unik. Jakarta: Panebar Swadaya, hlm 14.

[2] Ibid., hlm 15.

[3] Puspita, D. 2019. Ampuhnya Tanaman Hias bagi Kesehatan dan Kecantikan. Ayu W, editor. Yogyakarta: Laksana, hlm 93.

[4] Mulyana, A. Tanaman Kaktus: Edisi #1 Tanaman Unik. Tersedia dari Google Books.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Kaktus Mini Dalam Berbagai Jenis"