Update Harga Kakatua Goffin (Kakatua Mini) Dewasa dan Anakan

Hewan peliharaan tidak melulu soal anjing dan kucing. Sudah banyak orang yang memelihara unggas terbang seperti burung kakatua. Dari sekian banyak jenis kakatua, kakatua goffin menjadi hewan yang cukup diminati di kalangan kicau mania. Meskipun harga jualnya tidak bisa dibilang murah, beberapa orang memeliharanya sebagai teman bermain sekaligus untuk dilatih berbicara.

Burung kakatua Goffin/kakatua mini (sumber: univie.ac.at)
Burung kakatua Goffin/kakatua mini (sumber: univie.ac.at)

Karakteristik Kakatua Goffin

Kakatua tanimbar (Cacatua goffiniana) merupakan jenis kakatua kecil/ dari sub famili Cacatuainae dengan panjang tubuh dari kepala hingga ekor sekitar 32 cm.[1] Varian ini memiliki bulu tubuh berwarna putih dengan warna bulu khas pink-salmon di antara mata dan paruhnya. Tekstur bulunya halus dan sekilas mirip dengan bulu angsa. Di sekeliling telinganya juga terdapat bulu berwarna putih pucat yang bisa mengilap saat terkena sinar matahari.

Bacaan Lainnya

Bagian bawah bulu sayap dan ekor burung kakatua goffin terdapat bulu berwarna kuning dan jika dilihat dari jauh, seperti semburat atau gradasi dari kuning ke putih. Kelopak mata unggas ini berwarna putih dan kakinya berwarna abu-abu. Pada jantan, warna iris matanya cokelat gelap dan pada betina berwarna cokelat kemerah-merahan.

Seperti namanya, persebaran burung kakatua ini endemik hanya di Kepulauan Tanimbar, yakni sekitar 300 km dari selatan Pulau Seram yang kemungkinan introduksi ke Tual di Pulau Kai, Indonesia. Sebelum menjadi hewan peliharaan dan diburu orang, burung kakatua goffin sering ditemukan di area perkebunan penduduk Pulau Seram.

Baca juga  Update Harga African Grey Parrot di Indonesia

Hingga saat ini, di habitatnya, burung endemik Kepulauan Tanimbar tersebut terancam punah akibat penangkapan yang tidak terkontrol untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan. Beruntung, untuk mengatasi permasalahan ini, sudah ada beberapa penangkaran burung yang mengembangbiakkan kakatua goffin, meskipun dengan tujuan yang masih sama, yakni untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan.

Sebagai hewan peliharaan, kakatua goffin termasuk burung yang destruktif. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, aves ini harus ditempatkan di yang kuat. Anda tidak bisa meletakkannya begitu saja di dalam ruangan atau halaman, karena burung ini bisa merusak pagar atau perabotan rumah dengan paruh dan cakarnya.

Dilansir dari burungid.com, kakatua goffin memiliki suara kicau seperti pekikan yang keras dan parau. Sebenarnya, burung ini tidak dikenal sebagai burung berbicara, tetapi banyak owner yang mengajarkan teknik berbicara. Berbeda dengan jenis kakatua lainnya, burung ini hanya mampu meniru suara dan mengucapkan kata yang sangat sederhana dan baru bisa jika sudah terbiasa. Untuk itu, jika Anda ingin melatih kakatua tanimbar berbicara, harus sabar dan harus rutin memperdengarkan kata atau suara sebagai latihan.

Meskipun bukan burung yang hebat dalam berbicara, kakatua goffin dikenal cerdas, aktif, dan bisa cepat belajar melakukan sesuatu dari melihat. Sebagai contoh, burung ini bisa membuka kandangnya sendiri hanya dengan memperhatikan Anda membuka mereka setiap hari. Hal ini yang membuat Anda harus menggunakan gembok untuk mengunci kandang.

Baca juga  Info Paket & Harga Tiket Bali Safari Marine Park

Perlu Anda ketahui juga, Anda tidak bisa hanya menggembok pintu kandang. Tingkah laku kakatua goffin yang merusak benda-benda, juga bisa merusak gembok kandang. Anda harus mengikat atau merantai kakinya dan menghubungkannya dengan pintu kandang. Pastikan rantai terbuat dari besi yang kuat dan bukan dari aluminium atau kayu.

Bagi Anda yang tertarik memelihara kakatua tanimbar, pastikan Anda sudah mengetahui cara merawatnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki kakatua goffin yang sehat, cerdas, dan jinak.

Peliharaan Kakatua Goffin (Kakatua Mini) - www.nytimes.com
Peliharaan Kakatua Goffin (Kakatua Mini) – www.nytimes.com

Cara Merawat Kakatua Goffin

  • Sediakan khusus yang luas, karena kakatua tanimbar mudah bosan dan suka terbang atau bergerak bebas. Pastikan kandang dilengkapi dengan tempat air dan makan terpisah. Selain itu, beri angkringan berupa kayu pohon yang sudah kering.
  • Jika Anda membeli kakatua tanimbar secara berpasangan, bekali dengan sangkar atau rumah-rumahan burung. Karena, jika burung sudah berpasangan, kakatua goffin cenderung pemalu dan memilih bersarang di tempat yang gelap di dalam kandang.
  • Perhatikan burung Anda setiap hari jika musim kawin tiba. Sekali bertelur, kakatua goffin bisa menghasilkan sebanyak 2-3 butir telur dengan masa pengeraman kurang lebih 28 hari.
  • Beri pakan berupa chickweed, jagung, bayam, wortel, biji-bijian (milet, biji rumput kenari, dan kuaci). Selain itu, Anda bisa memberikan kacang tanah, almond, buah apel, ubi, dan buah jeruk. Berikan menu pakan ini secara berselang-seling untuk menghindari mogok makan pada burung.
Baca juga  Update Harga Gitar Ukulele Senar 6 (Berbagai Merk)

Setelah mengetahui cara merawat kakatua goffin, berapa harganya? Sebelumnya, Anda bisa membeli kakatua tanimbar di penangkarannya secara langsung atau melalui kolektor burung hias. Berikut kami sajikan referensi terbaru harga kakatua tanimbar di pasaran dalam negeri.

Harga Kakatua Goffin

Usia Kakatua Goffin Harga Ekor
Kakatua Goffin Dewasa Rp3.000.000
Kakatua Goffin Anakan Makassar Rp2.000.000

Untuk mengetahui harga pasti kakatua goffin di sejumlah situs online terbilang sulit lantaran burung tersebut termasuk hewan yang dilindungi dan tidak diperjualbelikan. Namun, saat ini harga kakatua goffin anakan asal Makassar diperkirakan naik dari tahun lalu yang dijual seharga Rp1,8 juta ekor.

Perlu diketahui, IUCN (International Union for Conservation of Nature) menyatakan kakatua goffin berstatus NT (Near Threatened) atau dapat diartikan hampir terancam. Artinya memelihara burung dari Pulau Tanimbar termasuk hal yang dilarang. Di Indonesia, terdapat hukum memelihara satwa yang dilindungi, yaitu UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, serta Menteri Kehutanan Nomor P. 19 Tahun 2015 tentang Penangkaran dan Satwa liar. Jadi, Anda harus bersikap bijak sebelum memutuskan memelihara burung ini.

[Update: Ditta]

[1] Prijono, Siti Nuramaliati, Rini Rachmatika, Andri Permata Sari. 2017. Komparasi Kecernaan Protein pada Kakatua Tanimbar (Cacatua Goffiniana, Finsch 1863) dengan Pemberian Sumber Protein Nabati yang Berbeda. Zoo Indonesia, Vol. 26(1): 20-32.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.