Info Ciri Khas dan Harga Kakatua Galah

No comment217 views

Hampir setiap orang mengenal burung kakak tua. Burung yang begitu legendaris ini menjadi lagu favorit semasa kecil. Dari jenisnya yang banyak, kakatua galah termasuk burung dengan bulu berwarna indah yakni perpaduan putih, muda, dan abu muda. Jika berkeinginan memelihara kakatua galah, Anda harus siap merogoh kocek dengan harga hingga puluhan juta rupiah.

Kakatua galah (sumber: pinterest)

Kakatua galah (sumber: pinterest)

Kakatua memiliki bulu indah dengan lengkingan suara yang nyaring. Namun faktanya, kakatua bukan termasuk burung yang pandai bernyanyi dan berbicara. Burung kakatua dapat meniru dan mengucapkan kata-kata karena sering dilatih. Burung endemik satu ini termasuk salah satu hewan dengan kecerdasan yang cukup baik.

Umumnya, kakatua memiliki sayap panjang dan luas, bulu sewarna, seperti putih dan hitam. Ciri khas yang membedakan burung kakatua dengan burung paruh bengkok lainnya adalah bulu jambul atau mahkota di bagian kepalanya. Warna dan bentuk jambul kakatua sangat bervariasi. Konon, bulu jambul tersebut akan tegak jika kakatua merasa terkejut, gembira, atau bahkan ketakutan.

Baca juga  Info Perbedaan Ikan Neon dan Cardinal Tetra Beserta Harga

Kakatua dapat mencapai usia 60 tahun dan dapat terbang hingga kecepatan 70 km per jam. Kakatua terdiri atas 18 spesies dan tersebar di Asia dan Australia.[1] Galah menjadi satu dari burung kakatua dengan keunikan tersendiri. Menurut Wikipedia, istilah galah merupakan derivasi kata gilaa, sebuah kata yang ditemukan pada Bahasa Yuwaalaraay dan tetangga Bahasa Aborigin.

Selain dikenal sebagai kakatua galah, burung dengan nama Latin Eolophus roseicapilla ini juga kerap disebut kakatua pink oleh orang-orang Australia. Warna bulu dadanya yang cerah, membuat burung kakatua galah juga disebut kakatua dada mawar. Berikut beberapa ciri fisik khas kakatua galah, sekaligus sebagai pembeda dari jenis lainnya.

Ciri Khas Kakatua Galah

  • Postur tubuh sangat kecil hanya sekitar 30 cm
  • Warna bulu mengagumkan berwarna pink cerah
  • Jambul kakatua galah berwarna pink dengan nuansa putih
  • Sayapnya berwarna abu muda
  • Kakatua galah jantan memiliki berwarna coklat gelap, sedangkan betina berwarna merah
  • Kakatua galah remaja memiliki dada dan cincin mata abu-abu
Baca juga  Jenis dan Update Harga Trenggiling

Kakatua galah ditemukan di daerah terbuka di hampir semua bagian daratan Australia. Tak ayal, kakatua galah termasuk jenis kakatua yang tidak dilindungi. Kakatua galah lebih sering terlihat beraktivitas dalam kawanan besar. Jumlahnya cukup melimpah di alam liar, tetapi burung tersebut tidak hidup di hutan.

Kakatua galah (sumber: pixy.org)

Kakatua galah (sumber: pixy.org)

Jika Anda mampu menyediakan tempat dan perawatan memadai, tentu saja burung ini bisa menjadi hewan peliharaan yang asyik. Hal tersebut lantaran dari segi ukuran burung yang tidak begitu besar. Lalu, berapa harga kakatua galah saat ini?

Harga Kakatua Galah

Jenis KakatuaKisaran Harga (Rp)
Anakan Kakatua Galah13.500.000 - 19.000.000
Kakatua Galah berat 1 kg18.500.000
Kakatua Galah dewasa berat 2,5 kg.000.000
Kakatua Galah Sepasang35.000.000
Kakatua Galah Albino Asli Australia45.000.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga kakatua galah tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Di pasaran Tanah Air, jenis kakatua ini cukup sulit ditemukan, tak heran jika harganya melonjak tajam.

Baca juga  Info Ciri Fisik dan Harga Burung Nuri Tanau

Perlu diketahui, apabila Anda memelihara kakatua galah, ada baiknya untuk memelihara lebih dari satu ekor. Pasalnya, kakatua galah lebih nyaman jika tinggal dengan kakatua galah lainnya. Tak hanya itu, kakatua galah tipikal burung bising, sehingga Anda perlu menerapkan latihan khusus agar kebisingan tersebut tidak berlebihan.

Dalam merawat burung kakatua galah, Anda perlu memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan seperti apel, pepaya, mangga, dan lainnya. Penempatan burung kakatua galah dalam kandang besi sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus. Ada baiknya, secara berkala kakatua galah dipindahkan ke tenggeran khususnya. Hal ini bertujuan agar burung kakatua galah tidak merasa kesepian dan lebih mudah melakukan interaksi langsung dengan pemiliknya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan kakatua galah yakni rajin memandikannya. Caranya dengan mandi pancuran atau berendam dalam waktu seminggu sekali. Pemandian dengan pancuran atau selang juga dapat dilakukan melalui spray head yang bagus dan menggunakan air hangat.

[1] Jumanta. Buku Pintar Hewan (Jakarta: Elex Komputindo, 2019), hlm. 107

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Ciri Khas dan Harga Kakatua Galah"