Jenis dan Harga Kain Background Dekorasi (1 Meter dan 1 Roll)

Dekorasi menjadi salah satu komponen penting saat mengadakan berbagai acara penting dan istimewa, seperti ulang tahun atau pesta pernikahan. Umumnya, wedding organizer atau panitia acara menggunakan kain sebagai background dekorasi. Jika Anda juga mengelola suatu event dan membutuhkan kain untuk latar dekorasi, sekarang sudah banyak pilihan yang tersedia, dengan harga yang dapat disesuaikan kebutuhan.

Ilustrasi: dekorasi pernikahan (sumber: tokopedia)
Ilustrasi: dekorasi pernikahan (sumber: tokopedia)

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah dekorasi. Namun, apakah dekorasi tersebut? Berasal dari kata dalam bahasa Inggris, decorate, yang berarti menghiasi, sedangkan decoration disebutkan berarti sama dengan hiasan, dekorasi adalah kegiatan hias-menghias atau suatu aktivitas yang bertujuan untuk memperindah sesuatu.[1] Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan dekorasi sebagai hiasan atau setiap bagian dari perlengkapan dekor panggung.

Bacaan Lainnya

Seni dekorasi tidak hanya menghias suatu ruangan, melainkan memiliki ‘ketentuan-ketentuan’ khusus agar sah disebut dekorasi. Ciri-ciri seni dekorasi ini antara lain memiliki ritme pewarnaan yang berkarakter dan merata, menampi8lkan pola-pola tertentu dan tatanan yang menunjukkan keindahan, menunjukkan sifat kegarisan (baik vertikal maupun horizontal), dan beberapa bentuk dekorasi akan menampilkan motif-motif lebih rumit terhadap objek,.

Baca juga  Info Terbaru Harga Blower Keong (Beragam Ukuran)

Walaupun banyak acara dapat disertai dekorasi, tetapi umumnya kegiatan ini memang lebih identik dengan pernikahan. Tema dekorasi yang sekarang diminati adalah tema pernikahan minimalis. Dekorasi ini sangat cocok jika melangsungkan resepsi pernikahan di sendiri yang tidak memiliki lahan yang luas. Pasalnya, tema minimalis hanya membutuhkan kursi pelaminan beserta kursi pendamping. Sementara itu, tiang-tiang dan lainnya dihias dengan bunga secukupnya, tetapi masih tetap memberikan kesan yang indah.

Tema dekorasi pernikahan lainnya yang bisa menjadi referensi adalah dekorasi klasik. Dekorasi ini dinilai sangat cocok untuk segala usia dan selera, serta tetap terlihat formal. Untuk memancarkan nuansa klasik, Anda bisa memilihnya dari penggunaan warna-warna dasar, bunga sebagai hiasan, dan juga venue yang digunakan.

Kelebihan Kain untuk Dekorasi

Apa pun tema yang akan diusung, dekorasi memang tidak bisa lepas dari kain. Pasalnya, bahan ini menawarkan banyak keunggulan sebagai dekorasi sebuah acara. Kain dikenal sangat mudah diaplikasikan dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasangnya. Anda bisa meletakkan kain di atas tiang (seperti gawang), lalu dililitkan, atau dibiarkan saja menjuntai ke lantai.

Jika kain yang digunakan hanya satu warna atau polos, Anda pun bisa menambahkan aksesori untuk mempercantik dekorasi acara. Beberapa ikat bunga di titik tertentu sering ditambahkan, selain lampu tumblr atau bisa pula inisial pasangan. Yang perlu dicatat bahwa aksesori yang ditambahkan tidak perlu banyak agar kain sebagai dekorasi utama tetap tampak.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kain Woolpeach (Wolfis) per Meter dan per Roll di Pasaran

Jenis Kain Dekorasi

  • Kain tile, merupakan bahan yang paling terjangkau dan dapat ditemukan di mana saja. Walau bertekstur kasar, berongga, dan menerawang, kain tile cukup cantik jika dijadikan dekorasi dalam resepsi pernikahan, baik indoor maupun outdoor.
  • Kain abutai, merupakan sejenis material yang terbuat dari polyester, tipis dan ringan. Kerap digunakan sebagai bahan pelapis bagian dalam atau furing tas, jaket, dan mukena, kain ini pun disebut-sebut bisa digunakan untuk dekorasi pelaminan karena pilihan warnanya yang beragam.
  • Kain satin, diklaim akan membuat nuansa wedding party menjadi lebih elegan dan mewah. Pasalnya, kain satin tidak mudah kusut atau berkerut, meskipun mungkin buram dan agak berat dibandingkan kain tile dan kain abutai.
  • Kain chiffon, punya tekstur halus, tipis, ringan, dan semi tembus cahaya. Kain chiffon cocok digunakan untuk dekorasi area langit-langit, pernikahan, atau lainnya.
Roll kain background dekorasi (sumber: pinterest)
Roll kain background dekorasi (sumber: pinterest)

Apabila Anda membutuhkan kain untuk background dekorasi, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko kain terdekat dari Anda atau memesan lewat sejumlah platform jual beli online. Harganya bervariasi, tergantung jenis dan ukuran kain. Sebagai referensi, berikut kisaran harga kain background dekorasi saat ini.

Baca juga  Update Harga Excavator Komatsu (Baru dan Bekas)

Harga Kain Background Dekorasi

Jenis dan Ukuran Kain Harga
Kain Black Screen 100 cm x 160 cm Rp15.000
Kain White Screen 100 cm x 160 cm Rp15.000
Kain Peles Kahatex 100 cm x 150 cm Rp19.000
Kain Abutai 100 cm x 160 cm Rp19.000
Kain Satin Silky 90 cm x 150 cm Rp27.000
Kain Lame 100 cm x 120 cm Rp31.000
Kain Kanvas 100 cm x 140 cm Rp34.400
Kain Abutai 175 cm x 200 cm Rp37.000
Kain Tenun Tafting 100 cm x 180 cm Rp38.000
Kain Tile 200 cm x 170 cm Rp48.000
Kain Chiffon 1 Roll Rp625.000
Kain Peles Habute 1 Roll Rp646.000
Kain Filamin 1 Roll Rp1.630.000

Informasi harga kain background dekorasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko kain dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga kain background dekorasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk  harga jenis atau ukuran kain lainnya, Anda dapat datang langsung ke toko kain terdekat di daerah Anda.

[1] Ambarwati, Dwi Retno. 2008. Antara Desain Interior dan Dekorasi Interior: Sebuah Kajian Komparatif. Lintas Ruang, Vol. 2(3): 53-62.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.