Karakteristik dan Harga Kain American Drill

Memiliki tekstur unik dengan jalinan benang yang terbilang kuat menjadi ciri khas kain drill. Tak heran jika banyak yang menggunakan kain ini sebagai bahan seragam dan pakaian formal lainnya. Namun, dibandingkan Japan Drill (Nagata Drill), American Drill termasuk alternatif kain drill yang menawarkan harga lebih murah.

Kain american drill (sumber: mitramulia.com)
Kain american drill (sumber: mitramulia.com)

Kain drill merupakan jenis bahan kain yang cenderung halus dan lembut, serta dingin.[1] Kain ini mempunyai tekstur berupa garis miring pada dua sisi bahannya dan dapat dijumpai dalam berbagai macam merk bahan, seperti merk Japan Drill (Nagata Drill), American Drill, dan Local Drill.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Kain American Drill dan Nagata Drill

  • Dari segi bahan, American Drill terbuat dari serat cotton yang dicampur dengan polyester, sedangkan Nagata Drill terbuat dari serat alami kapas atau disebut juga katun.
  • Dari segi tekstur dan bahan, kedua kain ini tampak mirip. Permukaan keduanya sama-sama bergaris diagonal. Namun, ukuran garis kain American Drill lebih kecil dan tipis, berbeda dengan Nagata Drill yang lebih besar dan tebal.
  • Harga American Drill lebih murah dibandingkan Nagata Drill.

American Drill dan Nagata Drill sama bagusnya untuk bahan seragam. Jika Anda ingin membuat seragam berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, maka kain American Drill merupakan pilihan yang lebih masuk akal.

Karakteristik Kain American Drill

Kain American Drill terbuat dari campuran antara polyester dan viscose yang membuatnya kokoh dan terlihat sedikit mengilap. Produk ini memiliki kualitas yang tinggi dengan dimensi relatif stabil pada setiap lipatan dan penyusutan. Karakteristiknya, pintalan kuat, tekstur yang bergaris-garis diagonal, dan cukup lembut. Sekilas, kain ini tampak jatuh dan dapat membentuk bagi pemakainya. Selain itu, kain American Drill memiliki kemampuan yang tahan untuk kondisi maupun dingin dan juga warnanya yang tidak mudah luntur.

Spesifikasi Kain American Drill

Kain american drill (sumber: bahanseragam.com)
  • Kandungan bahan: polyester 65% dan viscose 35%.
  • Gramasi: 209 gsm.
  • Handfeel: halus.
  • Tingkat susut: tidak susut.
  • Kelebihan bahan: menyerap keringat, tidak mudah kusut, tidak susut, tahan kain kuat, dan warna tidak mudah luntur.
  • Rekomendasi penggunaan: kemeja lapangan (PDL), seragam kantor eksekutif, seragam sekolah, seragam pemerintah dan perusahaan, jas almamater, jas kerja, kemeja tactical, dan celana formal.

Kelebihan Kain American Drill

  • Memiliki serat benang yang tebal, tetapi tetap adem dan nyaman.
  • Mampu menyerap air cukup baik.
  • Termasuk kain yang tidak mudah bau jika terkena keringat.
  • Memiliki konsentrasi katun yang tinggi.
  • Awet dan tahan lama.
  • Warnanya yang tidak mudah luntur.

Saat ini, tidak sulit menemukan kain American Drill. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko kain di sekitar domisili Anda. Selain itu, Anda pun bisa menemukannya di sejumlah situs e-commerce ternama. Sebagai referensi, berikut kisaran harga kain American Drill di pasaran domestik.

Harga Kain American Drill

Kain american drill (sumber: shopee)
Panjang Kain American Drill Harga
Kain American Drill 0,5 Rp19.000
Kain American Drill 1,5 Rp23.500
Kain American Drill 1 Rp32.500
Kain American Drill 1 Roll (27 meter) Rp870.000
Kain American Drill 1 Roll (35 meter) Rp1.080.000

Perlu diingat, harga kain American Drill di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Selain itu, harga di masing-masing toko pun bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama. Untuk lebih jelas, Anda dapat mengunjungi toko kain terdekat.

Apabila berkunjung ke toko kain, Anda mungkin akan menemukan kain sejenis American Drill. Kain-kain tersebut tentu dapat dijadikan alternatif karena memiliki karakteristik yang hampir mirip. Sebagai bahan alternatif, berikut kami sajikan info mengenai kain sejenis American Drill di pasaran.

Kain Serupa American Drill

  • Pothesa Drill. Kain ini memiliki harga yang relatif rendah dibandingkan dengan kain g drill lainya, tetapi masih cocok untuk pakaian seragam.
  • Tropical Drill. Kain ini mempunyai serat yang sama dengan kain oxford dan bahannya lebih halus luar dan dalam. Tropical Drill memiliki kualitas baik dan kuat serta relatif stabil pada setiap lipatan dan penyusutan.

Apabila Anda tertarik dengan salah satunya, Anda dapat langsung membelinya di toko kain terdekat. Sejumlah situs jual beli online juga menawarkan kain Pothesa Drill dan Tropical Drill dengan harga bersaing.

[1] Rosmala Dewi, Erni. 2018. Kemeja dan Celana Pria. Aceh: Syiah Kuala University Press, hlm. 39.

Pos terkait