Update Harga Kain Abutai (per Kg dan per Meter) di Pasaran

Kain merupakan bahan dari hasil tenunan benang yang kemudian berfungsi sebagai pelindung tubuh. Benang yang menjadi bahan utama kain terbagi menjadi beberapa jenis, meliputi sutera, lycra, dan polyester, serta beragam serat alam maupun buatan. Di era industri, polyester begitu diminati karena tidak mudah kusut dengan harga yang terbilang murah. Nah, salah satu kain yang begitu populer dan terbuat dari bahan polyester yakni kain abutai yang dijual per kg dan per meter.

Ilustrasi: Kain Abutai Warna Biru Navy (credit: dalstonmillfabrics.co.uk)
Ilustrasi: Kain Abutai Warna Biru Navy (credit: dalstonmillfabrics.co.uk)

Serat polyester biasanya menghasilkan kain yang tipis (tapi bukan transparan) dan melayang yang tersedia dengan berbagai warna. Selain dari benang polyester, kain abutai juga terbuat dari bahan filamen. Bahan inilah yang membuat kain abutai tampak mengkilap apabila ada sentuhan cahaya, baik dari matahari maupun lampu rumah. Kain abutai kerap digunakan menjadi bagian dari baju olahraga, meski yang paling utama kain ini menjadi bahan background ataupun kain tenda untuk hajatan.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terbaru Harga Steel Grating per M2 dan Ukuran Lainnya

Biasanya, kain abutai digunakan bahan pelapis lining atau furing dalam model busana. Cara memilih kain abutai yang cocok, perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari bahan utama, warna bahan, sifat bahan, dan fungsi busana yang hendak dikenakan. Kain abutai yang beredar di pasaran tak hanya dalam motif polos, melainkan juga memiliki beragam corak.

Saat ini, kain abutai menjadi bahan pembuatan mukena parasut yang tipis dan ringan sehingga lebih praktis dibawa ke mana-mana. Bagi sebagian penjahit juga memanfaatkan karakteristik kain abutai yang tipis menjadi bahan pelapis bagian dalam jaket dan tas, baik yang berukuran kecil maupun besar, hingga furing kebaya. Bahkan, tak sedikit yang menyulap kain abutai menjadi beragam aksesori wanita seperti bros, bandana, hingga kipas untuk digunakan sebagai souvenir pernikahan.

Perawatan kain abutai terbilang mudah karena seperti mencuci kain biasa. Hanya saja yang perlu diperhatikan yakni Anda tidak disarankan menyetrika kain tersebut menggunakan suhu tinggi karena karakter kain yang begitu tipis sehingga membuatnya mudah terbakar. Berikut kisaran harga kain abutai di pasaran.

Baca juga  Jenis dan Harga Kain Background Dekorasi (1 Meter dan 1 Roll)
Kain abutai (sumber: ebay.com)
Kain abutai (sumber: ebay.com)

Harga Kain Abutai per Kg dan per Meter

Varian Kain Abutai Harga
Kain Abutai Habute per meter Rp11.888
Kain Abutai per meter Rp16.000
Kain Abutai Ukuran 100 cm X 160 cm Rp19.000
Kain Abutai Ukuran 100 cm X 115 cm Rp37.300
Kain Abutai Backdrop Lapis Tile Tinggi 350 cm Rp61.000
Kain Abutai Melamin per kg Rp63.000
Kain Abutai per kg Rp63.000
Kain Abutai per Roll Rp440.000
Kain Abutai Untuk Dekorasi Pernikahan (Facebook @Belanja Kain)
Kain Abutai Dekorasi Pernikahan (Facebook @Belanja Kain)

Harga kain abutai di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs beli online. Harga kain tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, kain abutai per roll yang dibanderol Rp405 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp350 ribu tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp440 ribu tahun 2022. Sementara itu, Kain abutai per kg tahun 2021 yang dibanderol Rp61 ribu, naik menjadi Rp63 ribu tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.