Info Manfaat dan Harga Kailan per Kg

Kailan tergolong sayur berdaun tebal, mengilap, berwarna hijau dengan batang tebal, dan sejumlah kepala bunga berukuran kecil, hampir mirip dengan bunga brokoli. Di Indonesia, meski merupakan sayuran jenis baru, kailan sudah menjadi kegemaran sebagian masyarakat. Dalam Chinese food, sayuran ini sering menjadi pilihan utama, termasuk dalam masakan kanton. Namun, harga kailan relatif mahal, berkisar Rp35 ribu per kg.

Sayur kailan (sumber: kompas)
Sayur kailan (sumber: kompas)

dipanen pada umur 50-70 hari, tetapi belakangan muncul baby kailan atau kailan muda dengan keseluruhan tanaman hanya 10-15 cm dan umumnya dipanen 30 hari sesudah biji ditanam. Tanaman kailan dapat tumbuh dengan baik di bawah kondisi cerah dalam kondisi lembap dan tanah berdrainase baik. Sementara di daerah tropis, kailan dapat tumbuh sepanjang tahun.

Bacaan Lainnya

Cara Memanen Kailan

  • Cara pemanenan dilakukan dengan mencabut tanaman dengan akarnya dan kemudian dibersihkan dengan air. Kailan tidak boleh lama-lama terkena sinar matahari karena akan mengalami kelayuan.
  • Setelah dicuci, tanaman kailan disortasi. Tanaman kailan yang diambil adalah yang penampakannya bagus, seperti daun hijau, daun tidak bolong dan robek, dan batang tidak ada yang patah.
  • Setelah dipilih tanaman yang baik, selanjutnya dilakukan pengemasan. Pengemasan dilakukan berdasarkan bobot tanaman untuk setiap kemasan. Setelah pengemasan, kailan langsung didistribusikan.
  • Jika akan disimpan, maka kailan dapat disimpan pada suhu rendah. Penyimpanan pada suhu 0 derajat Celcius akan memperpanjang umur simpan lebih dari 21 hari. Penyimpanan pada suhu 5 derajat Celcius, kailan bertahan 7 sampai 4 hari. Sementara itu, pada suhu 10 derajat Celcius, umur simpan kailan berkurang 3 hari.

Biasanya, sayuran yang berbentuk serupa sawi ini dimasak dengan ditumis bawang hingga saus tiram. Apa saja manfaat sayuran kailan untuk kesehatan?

Kandungan dan Manfaat Kailan

Kailan adalah kerabat dekat brokoli dan kembang kol, karena itu dalam bahasa Inggris kailan disebut Chinese broccoli atau Chinese kale. Sayur kailan merupakan sumber vitamin K yang sangat baik untuk membantu proses pembekuan darah, juga kaya berbagai vitamin, termasuk vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Kailan pun mengandung isotiosianat, senyawa penangkal .[1]

Selain itu, kailan punya senyawa zinc yang lebih tinggi ketimbang . Senyawa ini berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, meregenerasi sel, dan membantu fungsi jantung. Senyawa zinc memberikan manfaat untuk memproduksi hemoglobin dan enzim, sehingga mengurangi risiko anemia.

Olahan sayur kailan (sumber: okezone)
Olahan sayur kailan (sumber: okezone)

Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayur kailan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran, sayur ini bisa menjadi alternatif makanan diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat tersebut juga berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang berisiko menyumbat pembuluh darah.

Manfaat kailan lainnya adalah menjaga kesehatan dan gigi. Sebab, sayuran ini mengandung kalsium yang lebih tinggi ketimbang susu. Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang serta menghindari terjadinya osteoporosis. Kandungan kalsium dan zinc-nya dapat membantu pertumbuhan janin serta meningkatkan produksi ASI, sehingga baik dikonsumsi ibu hamil. Lalu, berapa harga sayur kailan saat ini?

Harga Kailan

Varian Kailan Harga
Kailan Segar 1 kg Rp35.000 per kg
Baby Kailan 1 kg Rp18.165 per kg

Apabila Anda tertarik menanam kailan, tak ada salahnya membeli benih sayur ini di toko pertanian terdekat. Sebagai bahan referensi, berikut info harga benih/bibit kailan di pasaran saat ini.

Harga Bibit Kailan

Merk dan Kemasan Bibit Kailan Harga
Bibit Kailan Daily Farm 5 gr Rp10.000
Bibit Kailan Winsa 20 gr Rp16.910
Bibit Kailan Sakura F1 New Day Seed 5 gr Rp18.500
Bibit Kailan Hibrida Sakura F1 NDS 5 gr Rp20.000
Bibit Kailan Nemo 10 gr Rp21.000

Informasi harga sayur dan bibit kailan di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko pertanian terdekat atau memesannya lewat marketplace.

[1] Heru, dkk. 2014. Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm. Jakarta: AgroMedia, hlm. 20.

Pos terkait