Update Harga Kacang Tanah per Kilo dan Cara Menanamnya

Ada banyak camilan dengan rasa gurih yang menggoda, dan salah satu yang digemari banyak orang dari dulu hingga sekarang adalah kacang tanah. Tidak hanya anak-anak penggemarnya, bahkan lansia pun masih suka dengan camilan ini. Tidak hanya direbus, kacang tanah juga kerap kali dijadikan berbagai , mulai dari kacang goreng bawang, bahan tambahan sayur asem, saus kacang, selai, dan berbagai jenis kacang. Semakin tinggi permintaan kacang tanah di pasaran, terkadang membuat harga per kilonya melonjak.

Isi kacang tanah

Isi kacang tanah

Harga kacang tanah di pasaran sendiri fluktuatif. Jika banyak kacang tanah yang panen namun permintaan pasar sedikit, maka harganya turun. Sebaliknya, jika stok kacang tanah melimpah namun permintaan tinggi, maka harganya akan melonjak pesat. Bagi Anda yang ingin bisnis menjual kacang tanah, Anda juga bisa menanamnya sendiri di rumah.

Cara Menanam Kacang Tanah

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menanam kacang tanah, yaitu memilih lokasi tanam yang tepat. Untuk menanam kacang tanah, Anda bisa menanamnya secara langsung di tanah atau menggunakan polybag. 
  • Jika Anda ingin menanamnya langsung di tanah, pastikan lokasi dekat dengan sumber air dan jauh dari polutan. Lakukan juga pengecekan pH tanah. pH yang baik untuk menanam kacang tanah sekitar 5,5 hingga 7.
  • Jika tanah terlalu asam, Anda bisa memberinya sedikit kapur pertanian (dolomit). Cangkul tanah sebanyak 3 kali agar lebih gembur sembari melakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos, dan akan lebih baik lagi jika Anda mencampurkan jenis pupuk ZA.
  • Langkah berikutnya, yaitu pembuatan bedengan dan lubang tanam. Buatlah bedengan dengan ketinggian 40 cm atau 60 cm dan tancapkan bambu di tiap pinggirnya. Buat lubang tanam dengan jarak sekitar 15 cm dengan kedalaman 5 cm.
  • Jika lahan tanam sudah siap, Anda bisa mulai memilih tanaman kacang yang siap tanam. Cara ini akan lebih praktis dibanding melakukan cara semai. Jika Anda ingin melakukan cara semai terlebih dahulu, Anda bisa mulai memilih benih kacang tanah layak tanam dengan melakukan uji kelayakan. Caranya, Anda perlu memilih benih kacang siap tanam dan rendam di dalam air selama 2 jam. Perhatikan benih yang direndam, jika benih mengapung, artinya benih tidak layak untuk ditanam.
  • Benih yang layak tanam harus segera disemaikan. Buatlah media semai berupa tanah humus dan campuran sekam di dalam polybag. Tanamlah benih pada polybag dan lakukan perawatan hingga menjadi bibit siap tanam. Bibit kacang tanah siap tanam harus segera dipindahkan ke dalam lubang di ladang tanam. Pindahkan secara -hati agar akar bibit tidak rusak. Setelah pemindahan, lakukan penutupan lubang tanam.
  • Anda juga perlu melakukan proses perawatan untuk menghasilkan panen melimpah dan berkualitas. Perawatan yang harus Anda lakukan, seperti menyiram kacang tanah setiap hari sebanyak 1 hingga 2 kali, tergantung kekeringan tanah, pemupukan dan penyiangan setiap 2 minggu sekali, dan pengawasan serta pengobatan terhadap hama atau penyakit yang menyerang. 
  • Kacang tanah sudah bisa dipanen pada hari ke-90 setelah masa tanam. Untuk memanen kacang tanah, Anda bisa menggunakan cangkul atau mencabut kacang tanah. Jangan lupa untuk menyortir kacang tanah yang akan dijual ke pasaran atau yang akan Anda konsumsi sendiri.
  • Supaya kacang tanah tetap terjaga kualitasnya saat dijual, Anda bisa menjemurnya dulu. Cara ini juga akan membuat kacang lebih garing dan krispi saat diolah. Beberapa orang juga ada yang menggorengnya dengan pasir sebagai bahan camilan di rumah atau dijual.

Jika Anda ingin menikmati kelezatan kacang tanah tanpa repot, Anda bisa membelinya di pasar dan mengemas ulang. Bisnis kacang tanah repack pun sudah mulai berkembang. Ini juga lebih praktis lagi, karena Anda tidak perlu memiliki lahan sebagai lokasi tempat menanam kacang tanah. 

Kacang tanah

Kacang tanah

Harga Kacang Tanah

Daerah Penghasil Kacang TanahHarga per Kilo
Kab. EnrekangRp5.006
Kab. DairiRp5.958
Kab. BarruRp5.983
Kab. LumajangRp6.000
Kab. SukoharjoRp6.044
Kab. KaranganyarRp6.167
Kab. TubanRp6.400
Kab. WonogiriRp6.500
Kab. KlatenRp6.500
Kab. BloraRp6.647
Kab. SoppengRp6.750
Kab. PatiRp6.800
Kab. RembangRp6.800
Kab. BangkalanRp7.000
Kab. MalangRp7.000
Kab. PonorogoRp7.000
Kab. JeparaRp7.237
Kab. BrebesRp7.310
Kab. PemalangRp7.971
Kota BinjaiRp8.000
Kab. Tapanuli SelatanRp8.160
Kab. MagelangRp8.160
Kab. Mandailing NatalRp8.435
Kab. BlitarRp8.500
Kab. Pakpak BharatRp9.000
Kab. BanyumasRp9.250
Kab. Tapanuli UtaraRp9.480
Kab. SampangRp12.000
Kab. PangkepRp12.056
Kab.TakalarRp12.154
Kab. PamekasanRp16.000
Kab. JenepontoRp17.357
Kab. JemberRp18.000
Kab. Padang LawasRp18.000
Kab. Nias BaratRp18.100
Kab. JombangRp18.786
Kab. ProbolinggoRp19.018
Kab. AsahanRp20.000
Kab. MarosRp20.000
Kab. Luwu UtaraRp22.000
Kab. SamosirRp23.727
Kota Rp28.600
Kota BekasiRp28.000
Kota BogorRp28.000

Daftar harga kacang tanah di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini tergantung dari kebijakan pasar dan toko yang Anda kunjungi. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga kacang tanah tersebut berkisar Rp6 ribu hingga Rp23 ribu per kilo.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Harga Monde Butter Cookies Semua Ukuran (Ecer & Per Karton)
author

Leave a reply "Update Harga Kacang Tanah per Kilo dan Cara Menanamnya"