Harga Kacang Tanah Kupas di Pasaran (250 gr, 500 gr, 700 gr, 1 kg)

Membutuhkan camilan yang sehat dengan harga murah? Kacang tanah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Makanan ini dapat Anda rebus, goreng, atau dicampur dengan bahan lain. Jika produk mentah Anda rasa belum praktis, sekarang sudah tersedia kacang tanah kupas yang ditawarkan di sejumlah toko dan situs jual beli online, dengan beragam kemasan.

Camilan kacang tanah kupas

Camilan kacang tanah kupas

Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting di Indonesia setelah kedelai.[1] Di Tanah Air, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk (Sunda), kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala. Sementara, dalam perdagangan internasional, dikenal dengan sebutan peanut atau groundnut.

Di Indonesia, kebutuhan kacang tanah semakin hari semakin meningkat, sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, kebutuhan masyarakat, diversifikasi pangan, serta meningkatkan kapasitas industri pakan dan makanan.[2] Kacang tanah memiliki nilai ekonomi tinggi serta mempunyai peranan besar dalam mencukupi kebutuhan bahan pangan kacang-kacangan.

Pasalnya, kacang tanah dikatakan punya kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan beragam. Produk tersebut mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini salah satunya berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Buah Tin per Kg di Pasaran

Manfaat Kacang Tanah

  • Manfaat kacang tanah bagi kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah penyakit jantung. Manfaat kacang tanah ini didapat karena adanya asam oleat yang baik bagi jantung. Senyawa ini dipercaya mampu menurunkan risiko kardiovaskular yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Namun, untuk mendapatkan manfaat kacang tanah secara utuh, pastikan tidak menggorengnya.
  • Kacang tanah mengandung asam lemak tak jenuh cukup tinggi. Beberapa peneliti pun menyebutkan bahwa kacang tanah bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan asam lemak yang cukup tinggi ini bisa mencegah penyakit jantung koroner.
  • Bagi mereka yang memiliki masalah pada gula darah, kacang tanah dapat dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya bahwa kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa.
  • Adanya antioksidan dalam kacang tanah mampu mengurangi risiko kanker perut di dalam tubuh. Nutrisi dalam kacang tanah ini dipercaya bisa mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina penyebab utama tumbuhnya sel kanker di perut.
  • Antioksidan dan resveratrol yang terkandung di dalam kacang tanah juga disebutkan mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga sanggup mencegah risiko stroke. Bukan hanya itu, adanya kalium, mangan, , kalsium, magnesium, zat besi, selenium, dan seng serta beberapa mineral lainnya, dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi kacang tanah diklaim dapat meningkatkan fertilitas. Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan dan saraf janin.
Baca juga  Update Harga Kuaci Rebo Semua Rasa (8 gr, 70 gr, 150 gr, Dus)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan produk kacang tanah.Anda bisa membelinya secara mentah atau yang sudah matang. Jika ingin membeli yang mentah dan mengolahnya sendiri, akan lebih praktis jika membeli dalam kondisi sudah terkupas. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga kacang tanah kupas di pasaran dalam negeri.

Harga Kacang Tanah Kupas

Kacang tanah kupas

Kacang tanah kupas

Kemasan Kacang Tanah KupasHarga
Kacang Tanah Kupas 250 grRp1.900
Kacang Tanah Kupas 41/51 500 grRp17.000
Kacang Tanah Kupas 25/29 500 grRp18.000
Kacang Tanah Kupas 500 grRp20.000 – Rp25.000
Kacang Tanah Kupas Tiga Serangkai 700 grRp24.500
Merbabu Kacang Tanah Kupas 500 grRp26.000
Kacang Tanah Kupas Cap Panda 800 grRp30.000
Kacang Tanah Kupas 51/61 1 kgRp32.000
Kacang Tanah Kupas 41/51 1 kgRp33.000
Kacang Tanah Kupas Cap Kuda Mas 700 grRp34.900
Kacang Tanah Kupas 25/29 1 kgRp35.000
Kacang Tanah Kupas Merk Bawang Putih 1 kgRp35.000
Kacang Tanah Kupas Cap Dua Jari 1 kgRp36.750
West Mart Kacang Tanah Kupas 500 grRp37.000
Kacang Tanah Kupas Cap Jago 1 kgRp37.000
Putra Perdana Kacang Tanah Kupas 1 kgRp38.000
Kacang Tanah Kupas Cap Jago 1 kgRp40.000
Alifqu Kacang Tanah Kupas 1 kgRp60.000
Kacang Tanah Kupas 51/61 12,5 kgRp387.500
Baca juga  Info Terbaru Harga Jeruk Nipis per Kg

Harga kacang tanah kupas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga kacang tanah kupas tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga kacang tanah kupas di sejumlah lokasi juga kemungkinan bisa berbeda walau kemasan dan merk yang dijual sama.

[1]Respati, E, dkk. 2013. Kacang Tanah. Buletin Konsumsi Pangan Pusdatin, Vol. 4(1): 6-15.

[2]Sembiring, Michael, Rosita Sipayung, E. Sitepu. 2014. Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah dengan Pemberian Kompos Tandan Kosong Kelapa pada Frekuensi Pembumbunan yang Berbeda. Jurnal Online Agroteknologi, Vol. 2(2): 598-606.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kacang Tanah Kupas di Pasaran (250 gr, 500 gr, 700 gr, 1 kg)"