Info Harga Kacang Mete/Mede Mentah di Pasaran

Kacang mete/mede merupakan salah satu makanan yang terkenal di berbagai negara. Kacang yang dalam disebut cashew nut ini berasal dari jambu monyet atau jambu mede. Kacang mete/mede mentah dijual dengan harga yang beragam di pasaran.

Menurut sejarah, tanaman jambu mete (Anacardium occidentale L.) berasal dari Brasil. Tanaman tersebut mula-mula dibawa ke India oleh pelaut Portugis pada abad ke-16. Dari India, tanaman tersebut selanjutnya menyebar ke daerah tropis dan subtropis lainnya seperti Baham, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Ilustrasi: Tanaman Mede (credit: ghunbc.org)

Ilustrasi: Tanaman Mede (credit: ghunbc.org)

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai namadaerah seperti jambu erang atau jambu monye ( Barat), gayu (Lamapung), jambu mede (Jawa Barat), jambu monyet (Jawa Tengah dan Timur), jambu jipang atau jambu dwipa (Bali), serta buah yaki (Sulawesi Utara). Jambu mete sangat beragam dan terdiri dari berbagai varietas yang dibedakan atas dasar warna, bentuk buah semu, rasa, dan ukuran bijinya.

Kacang mete umumnya digunakan sebagai snack (kudapan). Permintaan pasar terhadap kacang mete umumnya meningkat pesat pada hari-hari besar keagamaan, seperti Imlek, Natal, Tahun Baru, dan Idul Fitri. Di pasaran, kacang mete umumnya dijual dalam bentuk mentah atau sudah digoreng, dengan kemasan plastik atau kaleng berbagai ukuran.

Baca juga  Update Biaya Sertifikasi PFM (Professional Financial Modeler)

Cara Mengolah Kacang Mete Mentah

Cara pengolahan kacang mete yang paling mudah adalah dengan digoreng. Sebelum digoreng, kacang mete kering sebaiknya direhidrasi (direndam sebentar) dengan air panas, kemudian ditiriskan. Cara rehidrasi tersebut akan menghasilkan kacang mete goreng dengan rasa manis dan gurih, serta tekstur yang renyah dan empuk.

Penggorengan kacang mete sebaiknya dilakukan dengan sistem deep frying, yaitu digoreng dengan berlebih agar semua bagian terendam. Sistem penggorengan tersebut akan menyebabkan seluruh bagian kacang mete matang sempurna secara merata. Penggorengan dengan sistem gangsa (sedikit minyak) sering mengakibatkan kacang mete menjadi gosong dan hanya matang pada bagian luar, sedangkan bagian dalamnya masih mentah dan keras.

Penggorengan harus dilakukan secara hati-hati agar kacang mete tidak gosong dan berasa pahit. Setelah digoreng, kacang mete dapat ditiriskan di atas kertas untuk membuang minyak yang menempel pada bagian permukaan. Jika diinginkan, setelah digoreng dapat diolah lebih lanjut menjadi berasa asin (dengan penambahan garam), berasa manis (dengan penambahan gula merah), berasa cokelat (dengan penambahan cokelat), atau berasa gurih (dengan penambahan aneka bumbu).

Baca juga  Harga Cordless Drill Bosch (Semua Tipe)

Selain itu, kacang mete juga dapat digunakan sebagai penyedap rasa pada berbagai makanan, seperti es krim, cokelat batangan, serta aneka kue. Dalam beberapa hal, kacang mete goreng dapat digunakan sebagai pengganti biji almond.[1]

Ilustrasi: Kacang Mede Mentah di Dalam Toples (credit: fitnessgenes)

Ilustrasi: Kacang Mede Mentah di Dalam Toples (credit: fitnessgenes)

Kandungan Gizi Kacang Mete Mentah

Zat GiziKandungan/100 gram
(kkal)566
Protein (g)18
Karbohidrat (g)27
Lemak total (g)47
Lemak Jenuh (g)8
Lemak tidak jenuh tunggal (g)25
Lemak tidak jenuh ganda (g)8
Natrium (mg)12
Kalium (mg)650

Kacang mete tidak hanya enak dimakan sebagai camilan tetapi juga aman dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal di dalam tubuh diolah menggantikan lemak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Kacang mete juga kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium, dan seng, selain itu mete merupakan sumber fitokimia, antioksidan, dan protein.[2]

Ilustrasi: Manfaat Kacang Mede (credit: lifetimedaily)

Ilustrasi: Manfaat Kacang Mede (credit: lifetimedaily)

Daftar Harga Kacang Mete/Mede Mentah

Nama ProdukHarga (Rp)
Kacang mete mentah utuh 250 gr26.000
Kacang mede menir mentah 1 kg35.000
Kacang mete/mede patahan 1 kg mentah38.500
Kacang mede belah dua mentah 500 gr50.000
Kacang mete Wonogiri mentah original 500 gram52.000
Kacang mede WB 1kg mentah65.000
Kacang mede/mete mentah Super Jumbo 500 gr84.000
Kacang mete mede mentah utuh 1 kg fresh99.800
Kacang mete mentah Wonogiri 1 kilo99.900
Kacang mede belah dua mentah 1 kg100.000
Kacang mede mentah Sulawesi 1 kg109.999
Kacang Mede Mentah Jumbo 1KG - Sulawesi Cashew Kernel Kacang Mete245.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Pakan Ternak Malindo untuk Ayam Potong (Pedaging) 

Informasi harga kacang mete/mede mentah di atas dirangkum dari berbagai sumber dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[1]Astawan, M. 2009. Sehat Dengan Hidangan Kacang Dan Biji-bijian (hlm 39-40). Jakarta: Penebar Swadaya.

[2]Winata, VincentiusYafet. 2015. Kualitas Biskuit Dengan Kombinasi Tepung Kacang Mete (Annacardium occidentale L.) Dan Tepung Kulit Singkong (Manihot esculenta) [skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Kacang Mete/Mede Mentah di Pasaran"