Info Terkini Harga Kacang Hijau 1 Kg (Lokal dan Impor)

Kacang hijau, yang mempunyai nama lain Vigna Radiata, termasuk famili kacang-kacangan (Papilionaceae) dan dapat ditanam di lahan tegalan dan sawah. Tanaman ini mempunyai banyak kelebihan, termasuk tahan kering, varietas unggul kacang hijau mempunyai umur genjah (± 60) hari, sehingga lahan dapat segera digunakan, produktivitasnya tinggi, harganya cukup tinggi, hama dan penyakit yang menyerang relatif sedikit, risiko kegagalan panen relatif sedikit, dan dapat dikonsumsi langsung dengan pengolahan yang mudah.

Kacang hijau (pexels: Vie Studio)

Kacang hijau (pexels: Vie )

Kandungan gizi yang terkandung dalam kacang hijau juga cukup berlimpah, antara lain protein, karbohidrat, vitamin A dan B. Sayangnya, minat untuk menanam kacang hijau masih kurang karena rendahnya permintaan, disebabkan masih terbatasnya industri yang memakai kacang hijau sebagai bahan bakunya.[1]

Sebenarnya, tanaman kacang hijau termasuk multiguna, yang dapat digunakan sebagai bahan pangan, pakan ternak, dan pupuk hijau. Dalam tatanan makanan sehari-hari, kacang hijau dikonsumsi sebagai bubur, sayur (tauge), dan kue-kue. Kacang hijau merupakan sumber gizi, terutama protein nabati, dengan kandungan gizi yang cukup tinggi dan yang lengkap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit dan Buah Ciplukan Cecendet 

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kandungan GiziBanyaknya Dalam
Kalori345,00 kal
Protein22 gram
Lemak1,20 gram
Karbohidrat62,90 gram
Kalsium125,00 mg
Fosfor320,00 mg
besi6,70 mg
Vitamin A157,00 SI
Vitamin B10,64 mg
Vitamin C6,00 mg
Air10,00 gram
Bagian yang dapat dimakan (Bdd)100%

*Kandungan gizi dalam tiap 100 gram kacang hijau[2]

Dilansir dari Wikipedia, kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari tanaman tersebut tidak mudah berbau.

Lemak kacang hijau tersusun dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria, sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menikah. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, sehingga anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Kacang Hijau (credit: nutraingredients-asia)

Kacang Hijau (credit: nutraingredients-asia)

Kacang hijau dapat diolah menjadi beraneka makanan, mulai dari direbus dan dimakan sebagai bubur atau isinya digerus dan dijadikan isian bakpao, onde-onde, dan lain-lain. Di pasaran Indonesia, kacang hijau biasanya dijual kiloan atau dijual dalam kemasan per pack dengan harga yang relatif terjangkau. Berikut ini informasi harga kacang hijau per kg di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Baca juga  Harga Gandum per Kg (Utuh, Kasar, Organik)

Harga Kacang Hijau

WilayahHarga Kacang Hijau
Aceh BesarRp28.000 – Rp30.000 per kg
BandungRp25.000 per kg
BanjarmasinRp23.500 per kg
BojonegoroRp21.000 per kg
CirebonRp24.000 per kg
JakartaRp22.000 per kg
MagetanRp35.000 per kg
MedanRp26.000 per kg
PadangRp23.000 per kg
PaluRp20.000 per kg
Pangkal PinangRp26.000 per kg
PekanbaruRp27.000 per kg
PontianakRp25.000 – Rp30.000 per kg
PurbalinggaRp26.000 per kg
SragenRp17.500 per kg
SukabumiRp25.000 per kg
YogyakartaRp21.800 per kg

Informasi harga kacang hijau per kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk resmi Dinas Perdagangan masing-masing daerah, dan berlaku untuk harga di tingkat konsumen. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga kacang hijau saat ini memang cenderung naik. Di Pontianak misalnya, kacang hijau sebelumnya dijual Rp23 ribu per kg, sekarang menjadi Rp25 ribuan per kg.

Baca juga  Harga Kopi Liberika (Semua Kemasan)

Selain kacang hijau lokal, di pasaran Indonesia juga banyak beredar kacang hijau impor. Karena didatangkan dari luar negeri, harga kacang hijau impor ini memang relatif lebih mahal. Kacang hijau impor asal Australia misalnya, saat ini dijual dengan harga antara Rp23 ribuan sampai Rp29 ribuan per kilogram. Sementara, kacang hijau import kupas harganya antara Rp29 ribuan hingga Rp37 ribuan per kilo dan kacang hijau kupas (tanpa ) lokal dijual sekitar Rp26 ribuan sampai Rp35 ribuan per kilogram.

[Update: Panca]

 

[1] Mashudi. 2007. Bercocok Tanam Palawija. Jakarta: Azka Press.

[2] Rukmana, R. 1997. Kacang Hijau: Budi Daya & Pascapanen. Yogyakarta: Kanisius.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terkini Harga Kacang Hijau 1 Kg (Lokal dan Impor)"