Info Terbaru Harga Kaca Cermin per Meter dan Lembaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cermin. Seperti namanya, ini adalah salah satu jenis kaca yang sering dipakai untuk kebutuhan bercermin atau berdandan. Di pasaran, sebenarnya sudah ada banyak toko yang menjual kaca cermin dalam bentuk jadi (bahkan sudah dilengkapi pigura). Namun, jika Anda ingin berhemat, atau untuk keperluan yang lebih beragam seperti memasang dinding kaca, bisa membeli kaca cermin per meter dengan yang lebih terjangkau.

Harga Kaca Cermin - www.stocksy.com
Kaca Cermin – www.stocksy.com

Kaca dapat dikatakan sebagai suatu material tembus cahaya atau transparan sebagai hasil pengolahan beberapa bahan dasar, seperti pasir kuarsa, soda abu, dolomite, dan lain-lain, yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pintu dan jendela. Terlihat transparan karena susunannya acak seperti cat cair.[1] Bahan ini adalah material padat yang bening dan transparan serta mudah pecah karena sifatnya yang memang sangat rapuh, terutama bila terkena benturan yang kuat.[2]

Bacaan Lainnya

Sebagai bahan konstruksi, material gelas bening ini diminati banyak orang karena punya tampilan yang sleek dan elegan, membuat semua tipe hunian terlihat lebih modern. Kaca dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengganti dinding rumah, partisi, railing tangga, anak tangga, lantai, atap rumah, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Update Harga Cup Feeder Bayi dan Mug Anti Sedak Balita

Aplikasi Kaca pada Bangunan

  • Plafon kaca, biasanya bertujuan untuk memasukkan sebanyak mungkin cahaya ke dalam ruangan, sebagai penerangan alami. Dalam bidang arsitektur, ini biasa disebut skylight, yakni ventilasi cahaya atau jendela transparan yang ditempatkan pada bagian atas bangunan.
  • Lantai kaca, dikatakan bisa memberikan kesan mewah dan elegan. Biasanya digunakan kaca laminate-double, merupakan gabungan kaca dengan tebal 8 mm. Kaca laminate-double ini membutuhkan jarak perkuatan sekitar 60 cm.
  • Dinding kaca, bisa memakai dua jenis, yakni kaca bening atau kaca cermin. Untuk kaca cermin, akan memberikan efek pantul yang lebih sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Penggunaan dinding kaca ini biasanya dilakukan pada ruang-ruang kecil. Namun, aplikasi kaca sebagai dinding ini lebih berfungsi sebagai pembatas ruangan, bukan sebagai struktural.

Fungsi dan Kelebihan Kaca Cermin

Material kaca dapat dibagi menjadi beberapa jenis, dan salah satu yang seperti sudah disinggung sebelumnya adalah kaca cermin. Ini adalah jenis kaca yang diciptakan untuk terlihat transparan pada satu sisi, sehingga juga kerap disebut one way mirror glass. Cermin ini terbuat dari kaca yang diberi lapisan reflektif yang terbuat dari lapisan logam tipis perak, emas, perunggu, atau krom. Tersedia dalam berbagai macam ukuran, kaca cermin yang lebih besar bisa diperoleh dengan memesan khusus.[3]

Baca juga  Merek dan Harga Tepung Roti di Pasaran Terbaru

Seperti disampaikan di atas, kaca cermin sering diaplikasikan untuk dinding, guna memberikan kesan ruangan yang lebih lapang. Kaca ini cocok dipakai di kamar atau di ruangan ketika Anda membutuhkan privasi yang lebih tinggi. Selain itu, kaca ini juga dapat digunakan sebagai rumah karena punya tampilan yang minimalis dan terkesan mewah.

Dengan memasang kaca cermin pada ruangan, dikatakan dapat membuat orang betah berlama-lama di tempat tersebut, misalnya saja di kamar tidur. Sementara, pemasangan kaca cermin di pintu masuk ruang tamu di kanan atau di kiri dinding akan memberikan pencahayaan yang baik untuk menyambut tamu yang kebetulan berkunjung. Bahkan, dalam kajian ilmu feng shui, kaca cermin dipercaya membawa nilai positif bagi pemilik rumah.

Tidak sulit mendapatkan kaca cermin karena material ini sudah dijual bebas. Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan, bahkan situs jual beli online. standar di pasaran biasanya ketebalan 2 mm, 3 mm, dan 5 mm. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran kaca cermin per meter di pasaran dalam negeri.

Cermin (unsplash: Alex Lopez)
Cermin (unsplash: Alex Lopez)

Kaca Cermin

Tipe/Ukuran Kaca Cermin
Kaca Cermin 2 mm Rp105.000 per meter
Kaca Cermin 3 mm Rp188.000 per meter
Kaca Cermin 5 mm Rp281.000 per meter
Kaca Cermin 2 mm x 76 cm x 102 cm Rp65.500 per lembar
Kaca Cermin 3 mm x 153 cm x 122 cm Rp155.000 per lembar
Kaca Cermin 5 mm x 153 cm x 122 cm Rp200.000 per lembar
Kaca Cermin Asahi 5 mm x 183 cm x 122 cm Rp375.000 per lembar
Kaca Cermin Asahi 5 mm x 244 cm x 183 cm Rp725.000 per lembar
Kaca Cermin Asahi 5 mm x 305 cm x 213 cm Rp1.050.000 per lembar
Baca juga  Update Harga Tiket Masuk Amped Trampoline Park Surabaya

kaca cermin di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Harga kaca cermin 2 mm x 76 cm x 102 cm misalnya, awalnya Rp68 ribu dan sekarang sedikit turun menjadi Rp65 ribuan per lembar. Sebaliknya, harga kaca cermin 5 mm yang semula Rp275 ribu per meter, saat ini naik menjadi Rp281 ribuan per meter.

Wanita Bercermin di Kaca - www.pexels.com
Wanita Bercermin di Kaca – www.pexels.com

(Panca)

[1] Schittich, Christian & Gerald Staib. 1999. Glass Construction Manual. Switzerland: Birkhauser.

[2] Sidharta, Arief dan Indrawati. 2012. Benda, Sifat dan Kegunaannya Untuk Guru SD. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam untuk Program Bermutu.

[3] Hornbostel, Caleb. 1978. Construction Materials. Canada: John Wiley & Sons.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.