Harga Kabel Speedometer Honda BeAT dan Cara Memasangnya

Pernah mengalami indikator pada speedometer motor tidak berjalan atau berfungsi sebagaimana mestinya? Ada banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena kabelnya yang putus. Untungnya, untuk memperbaiki masalah tersebut sangat mudah. Anda bisa mengganti kabel dengan yang baru. Jika kebetulan kuda besi Anda adalah Honda , kabel speedometer skuter matik ini sangat terjangkau.

Speedometer Honda BeAT (sumber: motorrio.com)

Speedometer Honda BeAT (sumber: motorrio.com)

Dikutip dari Wikipedia, speedometer bisa dikatakan sebagai pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan. Perangkat ini berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan di kawasan atau jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Pengemudi pun bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan di jalan yang kecepatannya dibatasi.

Masih menurut sumber yang sama, ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan, di antaranya:

  • Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jarak kecepatan.
  • Elektronik, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang mendeteksi jumlah putaran poros. Selanjutnya, data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.
  • GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat Bumi yang diperoleh dari satelit GPS, yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.
Baca juga  Harga Paket Mesin Laundry Kiloan Lengkap

Meski sudah familiar, namun masih banyak yang menyamakan speedometer dengan odometer maupun takometer. Padahal, meski biasanya sama-sama terletak di bagian setir sepeda motor, namun -komponen ini memiliki yang berbeda. Jika speedometer berguna menunjukkan kecepatan motor, maka odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak yang ditempuh kendaraan bermotor, selain juga bisa dijadikan patokan masa atau ganti oli.

Odometer ini biasanya ditemani dengan alat bernama trip meter, yang memiliki kegunaan untuk mengukur jarak juga, namun bisa diatur ke angka 0. Trip meter umumnya digunakan untuk mengetes jarak titik A ke titik B atau melakukan pengecekan konsumsi bakar. Trip meter umum ada di sepeda motor keluaran terbaru dan juga mobil. Sementara, untuk takometer, adalah alat yang berfungsi untuk mengukur banyaknya putaran per detik atau kecepatan sudut poros yang berputar (rotation per minute atau RPM) dikalikan 1000.

Penyebab Speedometer Mati

Speedometer mati (sumber: shopee.co.id)

Speedometer mati (sumber: shopee.co.id)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan matinya speedometer. Menurut teknisi Bengkel Yamaha Amie Jaya Depok, dilansir dari Kompas, yang pertama bersumber dari kabel yang menjadi penghubung antara panel indikator dengan gearbox sumbu roda depan. Ketika speedometer tidak berfungsi, kabel bisa saja dalam posisi menekuk atau mungkin putus. Kalau kabel hanya menekuk, mungkin masih bisa diperbaiki. Tetapi, kalau sudah putus, biasanya karena usianya yang sudah lama dan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca juga  Update Info Jenis & Harga Tembaga per Kilogram di Pasaran

Selain kabel, penyebab lain yang bisa membuat speedometer mati adalah gearbox yang sudah rusak atau pemasangan yang kurang pas. Jika gearbox rusak, maka pemilik sepeda motor sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru. Sementara, penyebab lainnya adalah panel indikator yang kotor atau memang sudah rusak. Jika hanya kotor, panel indikator masih bisa dibuka dan dibersihkan. Tetapi, jika rusak, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, dibandingkan kabel dan gearbox, penggantian panel indikator membutuhkan biaya yang lebih besar.

Meskipun tidak berdampak terhadap pengoperasian kendaraan bermotor secara keseluruhan, matinya speedometer ini jangan disepelekan, terlebih karena letaknya yang terhubung dengan odometer. Pasalnya, fitur yang satu ini dapat membantu pemilik untuk mengecek periode waktu kendaraan bermotor yang bersangkutan.

Harga Kabel Speedometer BeAT

Nah, jika kebetulan penyebab kerusakan speedometer adalah masalah kabel, sebaiknya Anda membeli kabel yang baru. Tidak sulit mendapatkan kabel speedometer, karena suku cadang ini sudah dijual bebas di bengkel resmi maupun bengkel umum. Apabila motor Anda adalah Honda BeAT, menurut situs resmi Honda Cengkareng, harga kabel speedometer berkisar Rp30 ribuan, berlaku untuk tipe BeAT maupun BeAT FI, juga Spacy dan Scoopy eSP.

Kabel speedometer Honda BeAT (sumber: Pinterest)

Kabel speedometer Honda BeAT (sumber: Pinterest)

Memang, di bengkel resmi, harga suku cadang atau komponen pendukung sepeda motor cenderung lebih mahal dibandingkan bengkel umum atau situs jual beli online. Di beberapa situs e-commerce Indonesia, kabel speedometer Honda BeAT ada yang dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp25 ribu, bahkan ada yang menawarkan dengan banderol cuma Rp15.000.

Baca juga  Info Harga Scrapbook & Bahannya di Gramedia dan Situs Jual-Beli Online

Cara Memasang Kabel Speedometer BeAT

Ketika speedometer rusak karena kabel, kebanyakan kabel putus di bagian bawah, dekat gearbox. Nah, bagi Anda yang mengalami kasus serupa, sebenarnya tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel. Pasalnya, membongkar kabel speedometer yang lama dan menggantinya dengan yang baru ternyata sangat mudah, bahkan tanpa membuka batok lampu.

Pertama-tama, cek kabel speedometer yang putus. Caranya, tekan pengunci kabel speedometer bagian bawah dekat gearbox, menggunakan obeng min (-) sembari tangan kiri menarik keluar. Dari situ, akan terlihat kabel speedometer yang putus. Lalu, lepas kabel speedometer yang putus pada gearbox dan yang masih menyangkut di kabel speedometer, cukup ditarik pakai tangan.

Kemudian, ambil kabelnya saja, karena yang dipakai memang hanya kabelnya. Setelah itu, pasang kabel tersebut pada rumah kabel speedometer yang masih menempel pada motor, dengan posisi memasukkannya dari lubang bawah. Untuk mengetahui posisi ujung kabel sudah pas pada dudukan atau belum, indikasinya adalah saat kabel diputar-putar, jarum speedometer pada panel indikator akan terlihat bergerak-gerak, atau roda depan diputar tanpa harus menjalankan tunggangan.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kabel Speedometer Honda BeAT dan Cara Memasangnya"