Info Terkini Harga Kabel Speedometer BeAT FI Original dan KW

Ada banyak penyebab ketika Anda mendapati speedometer sepeda motor Anda tidak menyala alias mati. Salah satu penyebab paling sering adalah putusnya kabel panel tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggantinya dengan yang baru. Jika kebetulan kuda besi Anda adalah Honda BeAT FI, harga kabel speedometer di bengkel resminya dapat dikatakan cukup terjangkau.

Speedometer BeAT (youtube: mas koo)
Speedometer BeAT (youtube: mas koo)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan speedometer. Ini merupakan alat, biasanya berbentuk panel, yang berfungsi sebagai pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan standar setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan. Perangkat ini dipasang agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang mereka jalankan dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan di kawasan atau jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Pengemudi pun bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan di jalan yang kecepatannya dibatasi.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, meski sudah cukup familiar, namun masih banyak yang menyamakan speedometer dengan odometer maupun tachometer. Padahal, meski biasanya sama-sama terletak di bagian setir sepeda motor, namun komponen-komponen ini memiliki fungsi yang berbeda. Jika speedometer berguna menunjukkan kecepatan motor, maka odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak yang ditempuh kendaraan bermotor, selain juga bisa dijadikan patokan masa servis atau ganti oli.

Odometer ini biasanya ditemani dengan alat bernama trip meter, yang memiliki kegunaan untuk mengukur jarak juga, namun bisa diatur ke angka 0. Trip meter umumnya digunakan untuk mengetes jarak titik A ke titik B atau melakukan pengecekan konsumsi bahan bakar. Trip meter umum ada di sepeda motor keluaran terbaru dan juga mobil. Sementara, untuk tachometer, adalah alat yang berfungsi untuk mengukur banyaknya putaran detik atau kecepatan sudut poros yang berputar (rotation per minute atau RPM) dikalikan 1000.

Penyebab Speedometer Mati

Ada beberapa faktor yang menyebabkan matinya speedometer. Menurut teknisi Bengkel Yamaha Amie Jaya Depok, dilansir dari Kompas, yang pertama bersumber dari kabel yang menjadi penghubung antara panel indikator dengan gearbox sumbu roda depan. Ketika speedometer tidak berfungsi, kabel bisa saja dalam posisi menekuk atau mungkin putus. Kalau kabel hanya menekuk, mungkin masih bisa diperbaiki. Tetapi, kalau sudah putus, biasanya karena usianya yang sudah lama dan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Selain kabel, penyebab lain yang bisa membuat speedometer mati adalah gearbox yang sudah rusak atau pemasangan yang kurang pas. Jika gearbox rusak, maka sepeda motor sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru. Sementara, penyebab lainnya adalah panel indikator yang kotor atau memang sudah rusak. Jika hanya kotor, panel indikator masih bisa dibuka dan dibersihkan. Tetapi, jika rusak, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, dibandingkan kabel dan gearbox, penggantian panel indikator membutuhkan biaya yang lebih besar.

Jika Anda sudah mengecek kabel speedometer dan juga gearbox, dan kedua komponen tersebut masih dalam keadaan normal, maka bisa jadi speedometer motor Anda yang mengalami kerusakan. Hal ini biasanya disebabkan gear lepas atau sudah rusak dan tak layak pakai. Bisa juga peer yang berguna untuk menggerakkan jarum mengalami patah, jarum pada speedometer tersendat, dan yang terakhir adalah bagian dalam speedometer yang mungkin sudah berkarat.

Meskipun tidak berdampak terhadap pengoperasian kendaraan bermotor secara keseluruhan, matinya speedometer ini jangan disepelekan, terlebih karena letaknya yang terhubung dengan odometer. Pasalnya, fitur yang satu ini dapat membantu untuk mengecek periode waktu perawatan kendaraan bermotor yang bersangkutan.

Kabel speedometer Honda BeAT (sumber: shopee.co.id)

Harga Kabel Speedometer BeAT

Nah, apabila kebetulan penyebab kerusakan speedometer adalah masalah kabel, sebaiknya Anda membeli kabel yang baru. Tidak sulit mendapatkan kabel speedometer, karena suku cadang ini sudah dijual bebas di bengkel resmi maupun bengkel umum. Apabila motor Anda adalah Honda BeAT FI, menurut situs resmi Honda Cengkareng, harga kabel speedometer sekarang berkisar Rp36 ribuan, juga berlaku untuk tipe BeAT, Spacy, dan Scoopy eSP. Harga tersebut sedikit naik dari tahun sebelumnya yang dijual Rp30 ribu.

Memang, di bengkel resmi, harga suku cadang atau komponen pendukung sepeda motor cenderung lebih mahal dibandingkan bengkel umum atau situs online. Di beberapa situs e-commerce Indonesia, kabel speedometer Honda BeAT saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp16 ribu sampai Rp25 ribuan, tetapi bisa jadi itu KW. Meski demikian, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp30 ribu hingga Rp40 ribuan dan diklaim asli bikinan AHM. Sementara itu, jika membeli satu paket (dengan speedometer), harganya berkisar Rp200 ribu hingga Rp300 ribuan.

Cara Memasang Kabel Speedometer

Ketika speedometer rusak karena kabel, kebanyakan kabel putus di bagian bawah, dekat gearbox. Nah, bagi Anda yang mengalami kasus serupa, sebenarnya tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel. Pasalnya, membongkar kabel speedometer yang lama dan menggantinya dengan yang baru ternyata sangat mudah, bahkan tanpa membuka batok lampu.

Pertama-tama, cek kabel speedometer yang putus. Caranya, tekan pengunci kabel speedometer bagian bawah dekat gearbox, menggunakan obeng min (-) sembari tangan kiri menarik keluar. Dari situ, akan terlihat kabel speedometer yang putus. Lalu, lepas kabel speedometer yang putus pada gearbox dan yang masih menyangkut di rumah kabel speedometer, cukup ditarik pakai tangan.

Kemudian, ambil kabelnya saja, karena yang dipakai memang hanya kabelnya. Setelah itu, pasang kabel tersebut pada rumah kabel speedometer yang masih menempel pada motor, dengan posisi memasukkannya dari lubang bawah. Untuk mengetahui posisi ujung kabel sudah pas pada dudukan atau belum, indikasinya adalah saat kabel diputar-putar, jarum speedometer pada panel indikator akan terlihat bergerak-gerak, atau roda depan diputar tanpa harus menjalankan tunggangan. 

Pos terkait