Update Harga Kabel NYFGBY (Semua Ukuran dan Merk)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kabel. Namun, bagaimana dengan kabel NYFGBY? Ini adalah kabel yang sering digunakan untuk tegangan menengah seperti untuk suplai penerangan lampu jalan, suplai traffic light, dan juga sebagai penghubung antara satu dengan yang lainnya. Di pasaran, kabel NYFGBY biasanya dijual per meter atau per roll dengan harga bervariasi, tergantung ukurannya.

Kabel NYFGY (sumber: prysmiangroup.com)
Kabel NYFGBY (sumber: prysmiangroup.com)

Dilansir dari Wikipedia, kabel (dalam bahasa Inggris ditulis cable) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat yang lain. Kabel juga dapat disebut sebagai media untuk menghantarkan arus listrik yang terdiri dari konduktor dan isolator. Konduktor yang biasanya digunakan oleh kabel listrik adalah bahan tembaga, meski juga ada yang menggunakan material aluminium, perak, dan emas.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, kabel konon mulai ditemukan ketika manusia membutuhkan sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain, dan ditemukan pada awal tahun 1400-an. Proses penemuan kabel ini tidak sama antara satu kabel dengan kabel lainnya. Penemuan kabel tembaga membutuhkan proses yang paling lama dibanding kabel yang lain, hingga akhirnya berhasil ditemukan sebuah telepon. Penemuan kabel koaksial mengikuti penemuan kabel tembaga.

Varian Kabel

  • Kabel tembaga, yaitu terbagi atas UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Perbedaan dari keduanya adalah adanya pelindung dan tidak adanya pelindung pada bagian inti konduktor. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel dengan jalinan yang berbeda-beda tiap inci. Semakin rapat jalinan tersebut, tingkat transmisi dan harganya semakin tinggi. Kabel UTP ini menggunakan konektor RJ-45 yang biasa digunakan untuk Ethernet, ISDN, atau sambungan telepon. Dengan kabel UTP, kita dapat mengirimkan data lebih banyak dibandingkan LAN.
  • Kabel koaksial, ditemukan oleh Oliver Heaviside, merupakan kabel yang terdiri dari dua buah konduktor, yaitu terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar. Kabel koaksial memiliki 3 bagian utama, yakni pelindung luar, pelindung berupa anyaman tembaga, dan isolator plastik.
  • Kabel serat optik, merupakan sebuah kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya. Kabel serat optik berukuran sangat tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia yang saat ini paling banyak digunakan sebagai media transmisi dalam teknologi komunikasi modern.

Jenis Kabel Listrik

Selain pembagian di atas, untuk instalasi listrik, kabel ternyata juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Kabel NYY misalnya, adalah kabel yang memiliki isolator PVC berwarna abu-abu atau hitam yang terdiri atas 2 sampai 4 kabel di dalamnya. Kabel NYY ini dapat digunakan untuk instalasi bawah tanah karena memiliki lapisan isolator yang lebih tebal dan tidak disukai oleh tikus.

ilustrasi kabel NYFGBY (sumber: blog.usesi.com)
ilustrasi kabel NYFGBY (sumber: blog.usesi.com)

Jenis lainnya adalah kabel NYA, yaitu kabel yang biasa dipakai pada instalasi perumahan dengan daya menengah ke bawah karena harganya relatif murah. Kabel ini disebut juga kabel tunggal karena intinya hanya satu, yang dilapisi isolator PVC. Warna pada kabel ini adalah , hitam, biru, kuning, dan kuning-hijau. Untuk tujuan keamanan, biasanya petugas instalasi listrik memasang kabel NYA di dalam pipa guna menghindari gigitan tikus dan gangguan fisik lain.

Selain itu, ada juga kabel NYM, yaitu kabel yang memiliki lapisan isolator PVC dua lapis berwarna putih dan abu-abu yang terdiri dari 2 sampai 4 kabel di dalamnya. Dari segi keamanan, kabel ini relatif lebih tahan luka/cacat dibanding kabel NYA dan harganya pun lebih mahal dari kabel NYA. Kabel ini dapat dipergunakan di lingkungan dan basah, tetapi tidak dianjurkan untuk ditanam di dalam tanah.

Jenis yang lainnya adalah kabel NYAF, yaitu kabel yang memiliki isolator tebal dari bahan PVC. Kabel ini memiliki tekstur cukup lentur, dengan kabel serabut yang disusun per kelompok di bagian dalam. Kabel NYAF sering digunakan untuk instalasi perangkat-perangkat elektronik dan listrik yang membutuhkan fleksibilitas tinggi, misalnya panel kontrol telekomunikasi, inverter, DCPDB, sentral telepon digital, baterai, serta panel transmisi.

Spesifikasi Kabel NYFGBY

Di samping jenis-jenis di atas, ada juga kabel NYFGBY, yang merupakan jenis kabel listrik yang diklaim kuat karena dilapisi beberapa pelindung sekaligus, yakni isolator PVC warna hitam dan logam di bagian dalam. Kabel ini cukup keras dan tidak lentur dan biasa dipakai untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan, di dalam saluran-saluran, dan di tempat-tempat terbuka yang membutuhkan perlindungan ekstra.

Di bagian dalam kabel NYFGBY terdapat beberapa komponen seperti:

  • Konduktor, sebagai penghantar arus listrik.
  • Isolator, sebagai penyekat antara konduktor satu dengan yang lainnya agar tidak terjadi break down.
  • Inner Sheath, isolasi layer dalam berfungsi mengikat agar pilinan kabel tetap pada diameter tertentu.
  • Armouring, penyekat atau pelindung mekanis agar konduktor terjaga dari bahaya luar untuk menghindari break down atau korsleting.
  • Outer Sheath, isolasi layer luar yang berfungsi sebagai pelindung mekanis serta pengikat kabel agar pada posisi diameter tertentu.

Tidak sulit mendapatkan kabel NYFGBY. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan alat elektronik. Bahkan, jika kesulitan, Anda juga bisa membeli kabel ini di berbagai situs jual beli online dalam negeri. Harga kabel NYFGBY sendiri bervariasi, tergantung merk dan ukuran. Berikut informasi terbaru kisaran harga kabel NYFGBY di pasaran.

Harga Kabel NYFGBY

Kabel NYFGBY (sumber: indolistrik.com)
Kabel NYFGBY (sumber: indolistrik.com)
Ukuran & Merk Kabel NYFGBY Harga
Kabel NYFGBY 3 x 2,5 JEMBO Rp36.091 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 6 mm JEMBO Rp64.800 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 16 mm JEMBO Rp187.515 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 70 mm JEMBO Rp489.174 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 150 mm JEMBO Rp1.489.000 per meter
Kabel NYFGBY 2 x 1,5 mm SUPREME Rp26.800 per meter
Kabel NYFGBY 2 x 2,5 mm SUPREME Rp34.200 per meter
Kabel NYFGBY 2 x 4 mm SUPREME Rp44.600 per meter
Kabel NYFGBY 2 x 6 mm SUPREME Rp55.000 per meter
Kabel NYFGBY 2 x 10 mm SUPREME Rp77.000 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 1,5 mm SUPREME Rp24.000 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 2,5 mm SUPREME Rp32.700 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 4 mm SUPREME Rp55.000 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 6 mm SUPREME Rp72.700 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 10 mm SUPREME Rp101.000 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 16 mm SUPREME Rp137.100 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 25 mm SUPREME Rp204.000 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 35 mm SUPREME Rp271.200 per meter
Kabel NYFGBY 3 x 50 mm SUPREME Rp344.100 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 16 mm SUPREME Rp175.200 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 25 mm SUPREME Rp271.800 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 35 mm SUPREME Rp346.200 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 50 mm SUPREME Rp452.700 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 70 mm SUPREME Rp632.700 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 95 mm SUPREME Rp864.000 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 120 mm SUPREME Rp1.081.200 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 150 mm SUPREME Rp1.342.500 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 240 mm SUPREME Rp2.142.900 per meter
Kabel NYFGBY 4 x 300 mm SUPREME Rp2.687.900 per meter

Daftar harga kabel NYFGBY di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik dan situs jual beli online.  Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga kabel NYFGBY merk SUPREME ada yang naik dan ada yang turun. Harga kabel NYFGBY SUPREME ukuran 4 x 300 mm  misalnya, semula Rp2,356 juta per meter dan sekarang menjadi Rp2,687 juta per meter. Sebaliknya, harga kabel NYFGBY SUPREME ukuran 4 x 150 mm turun dari Rp1,169 juta menjadi Rp1,342 juta per meter. 

Pos terkait