Harga Kabel NYFGBY 4×16 per Meter

Anda pasti sudah tidak lagi dengan kabel. Kabel adalah peralatan pokok dalam instalasi yang berfungsi menyalurkan listrik ke peralatan yang menggunakan tenaga listrik.[1] Meski mungkin bentuknya tampak sama, ternyata kabel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya kabel NYFGBY. Kerap digunakan untuk tegangan rendah hingga menengah seperti suplai penerangan lampu jalan dan traffic light, kabel NYFGBY telah hadir dalam beragam ukuran, termasuk 4×16. Anda bisa membelinya di banyak toko alat listrik atau lewat situs e-commerce dengan harga ratusan ribu rupiah per meter atau jutaan rupiah per roll.

Kabel NYFGBY 4x16 (sumber: alibaba)
Kabel NYFGBY 4×16 (sumber: alibaba)

Kabel, seperti dilansir dari Wikipedia, adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat yang lain. Kabel juga dapat disebut sebagai media untuk menghantarkan arus listrik yang terdiri dari konduktor dan isolator. Konduktor yang biasanya digunakan oleh kabel listrik adalah bahan tembaga, meski juga ada yang menggunakan material aluminium, perak, dan emas.

Bacaan Lainnya

Walau mungkin bentuknya mirip, ternyata peruntukan kabel dapat dibedakan menjadi beragam jenis, salah satunya untuk tegangan menengah. Keberadaan jaringan kabel listrik tegangan menengah ini sangat penting, salah satunya untuk mendistribusikan listrik dari pihak penyedia listrik (dalam hal ini PLN) kepada konsumen yang telah berlangganan.[2]

Nah, untuk tujuan tersebut, diperlukan kabel NYFGBY. Ini adalah jenis kabel yang dikatakan kuat karena telah dilapisi beberapa pelindung sekaligus, yakni isolator PVC warna hitam dan logam di bagian dalam. Kabel ini cukup keras dan tidak lentur dan biasa dipakai untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan, di dalam saluran-saluran, dan di tempat-tempat terbuka yang membutuhkan perlindungan ekstra.

Komponen Kabel NYFGBY

  • Konduktor, sebagai penghantar arus listrik.
  • Isolator, sebagai penyekat antara konduktor satu dengan yang lainnya agar tidak terjadi break down.
  • Inner Sheath, isolasi layer dalam berfungsi mengikat agar pilinan kabel tetap pada diameter tertentu.
  • Armouring, penyekat atau pelindung mekanis agar konduktor terjaga dari bahaya luar untuk menghindari break down atau korsleting.
  • Outer Sheath, isolasi layer luar yang berfungsi sebagai pelindung mekanis serta pengikat kabel agar pada posisi diameter tertentu.

Sekarang tidak sulit mendapatkan kabel NYFGBY. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di toko perlengkapan alat elektronik. Bahkan, jika kesulitan, Anda juga bisa membeli kabel ini di berbagai situs jual beli online dalam negeri. Harga kabel NYFGBY sendiri bervariasi, tergantung merk dan ukuran. Berikut informasi terbaru kisaran harga kabel NYFGBY untuk ukuran 4×16 saat ini.

Harga Kabel NYFGBY 4×16

Kabel NYFGBY 4x16 (sumber: lazada)
Kabel NYFGBY 4×16 (sumber: lazada)
Merk Kabel NYFGBY Harga
Kabel NYFGBY 4×16 Voksel Rp130.000 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 Sutrado Rp150.000 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 Kabelindo Rp158.000 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 Supreme Rp175.200 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 JEMBO Rp187.515 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 Extrana Rp273.000 per meter
Kabel NYFGBY 4×16 Pulung Rp275.000 per meter

Daftar harga kabel NYFGBY ukuran 4×16 di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan listrik dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga kabel NYFGBY 4×16 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda walau produk yang ditawarkan sama.

Piranti peralatan listrik harus memiliki instalasi kabel yang memadai dan aman terhadap pengaruh tegangan listrik pada saat penggunaan normal. Karena itu, diperlukan isolator yang berguna memisahkan secara dua buah penghantar listrik atau lebih secara elektris sehingga tidak menimbulkan kebocoran arus atau gradient tinggi berupa lompatan api (flashover).

Suatu konduktor penghantar listrik umumnya telah dilapisi oleh suatu bahan isolator listrik. Isolator listrik ini dapat menghentikan pelepasan panas akibat dari adanya aliran listrik. Seperti diketahui bahwa suatu kawat penghantar listrik dapat menjadi panas setelah menghantarkan arus listrik. Jadi, sebelum membeli sebuah kabel listrik, Anda perlu meneliti apakah komponen tersebut telah dilengkapi isolator atau belum dan apakah isolator masih dalam kondisi baik atau telah rusak.

[1] Ali, M. Marhaendra. . Pengaruh dan Kabel Suplai Pada Peralatan Rumah Tangga Sesuai SNI IEC 60335-1:2009. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, Vol. 2(2): 47-54.

[2] Pratama, Renaldi Kusumah dan Reni Rahmadewi. 2022. Sistem Kerja Pelacakan Kabel Bawah Tanah 20KV dari Gardu Tembok KMPB Menuju KMRC di Kemang Pratama Kota Bekasi Menggunakan Tracer. Jurnal POLEKTRO, Vol. 11(2): 194-197.

Pos terkait